Comscore Tracker

Penumpang Bandara Sepinggan Tercatat 1,7 Juta di Semester I Tahun 2022

Terjadi peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya

Balikpapan, IDN Times - Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan mengalami peningkatan traffic  1.787.178 penumpang dan 18.504 pesawat udara pada semester I tahun 2022. Data statistik lalu lintas angkutan udara tersebut, merupakan gambaran total pergerakan (datang berangkat) penumpang dan pesawat di BandaraBalikpapan.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Rika Danakusuma menjelaskan, pertumbuhan signifikan jumlah penumpang ini dibandingkan tahun sebelumnya. 

“Bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021, traffic mengalami pertumbuhan positif. Semester I tahun 2021, pergerakan traffic menunjukkan 1.429.731 penumpang, atau meningkat sebesar 22%, dan pesawat udara sebanyak 15.358 pergerakan, atau naik sebesar 20%,” jelasnya dalam pers rilis, Rabu (13/7/2022). 

1. Penurunan kasus pandemik COVID-19

Penumpang Bandara Sepinggan Tercatat 1,7 Juta di Semester I Tahun 2022Bandar Udara Sepinggan Balikpapan di Kalimantan Timur. Foto Bandara Sepinggan Balikpapan

Rika mengatakan, peningkatan jumlah penumpang ini disebabkan adanya mobilitas masyarakat memanfaatkan layanan jasa penerbangan di Bandara Sepinggan. Terlebih dengan adanya perkembangan positif penanganan pandemik COVID-19 yang terus membaik.

Sehingga regulasi terkait persyaratan perjalanan menggunakan moda transportasi udara semakin ringan. Contohnya, Surat Edaran Kementerian Perhubungan tanggal 18 Mei 2022 yang menyatakan, penumpang pesawat sudah memperoleh vaksinasi dosis 2 dan 3 tidak diwajibkan melampirkan hasil tes antigen ataupun PCR.

Baca Juga: Balikpapan Kembali Jadi Zona Merah Pandemik COVID-19

2. Tujuan Balikpapan-Jakarta menjadi favorit penumpang

Penumpang Bandara Sepinggan Tercatat 1,7 Juta di Semester I Tahun 2022Bandar Udara Sepinggan Balikpapan di Kalimantan Timur. Foto Bandara Sepinggan Balikpapan

Rika mengatakan, rute tujuan penerbangan Balikpapan-Jakarta masih menjadi favorit penumpang. Selama periode Januari-Juni Tahun 2022, katanya, tercatat sebanyak 253.040 penumpang. 

Rute favorit kedua adanya tujuan Surabaya dengan 182.009 penumpang disusul tujuan Makassar dengan 111.308 penumpang.Tiga rute tujuan tiga kota besar di Indonesia yang menyumbang terbesar traffic lalu lintas perjalanan pesawat Bandara Sepinggan Balikpapan. 

3. Perubahan aturan perjalanan penumpang pesawat

Penumpang Bandara Sepinggan Tercatat 1,7 Juta di Semester I Tahun 2022Bandar Udara Sepinggan Balikpapan di Kalimantan Timur. Foto Bandara Sepinggan Balikpapan

Rika juga mengingatkan sekaligus imbauan kepada pengguna jasa di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, sehubungan dengan perubahan persyaratan perjalanan pada tahun 2022 ini. Tepatnya sejak bulan Juli,  para calon penumpang yang akan berangkat, mulai tanggal 17 Juli 2022, perubahan persyaratan perjalanan di mana sebelumnya vaksin dosis 2 dan 3 sudah dibebaskan dari persyaratan antigen atau PCR.

Tapi ada aturan baru, hanya pelaku perjalanan yang sudah divaksin dosis 3 atau booster saja yang dibebaskan dari persyaratan tes antigen atau PCR. Untuk vaksin 2 boleh memilih salah satu, dan yang baru divaksinasi dosis 1 wajib menyertakan PCR.

Baca Juga: Korban Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kaltim Capai 464 Orang

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya