Korban Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kaltim Capai 464 Orang

Selama Januari-Juni 2022

Samarinda, IDN Times - Korban kekerasan terhadap perempuan dan anak di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) periode Januari-Juni 2022 mencapai 464 orang dengan 443 kasus.

"Kami terus melakukan berbagai langkah dan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk meminimalkan kasus ini," ujar Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Provinsi Kaltim Noryani Sorayalita diberitakan Antara, Selasa (12/7/2022). 

1. Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak Kaltim

Korban Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kaltim Capai 464 OrangIlustrasi Kekerasan pada Anak (IDN Times/Sukma Shakti)

Data ini merupakan hasil akumulasi yang dicatat oleh petugas melalui aplikasi Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (Simfoni PPA) Provinsi Kaltim. Menurutnya, total korban kekerasan yang mencapai 464 orang tersebut terdiri dari 218 korban anak atau 47 persen, selebihnya yang sebanyak 246 korban merupakan perempuan dewasa atau sebesar 53 persen.

Dari total korban yang sebanyak 464 orang itu, lanjut Soraya, korban terbanyak berasal dari Kota Samarinda yang mencapai 221 orang, sisanya terbagi dari sembilan kabupaten/kota.

Baca Juga: Tiga Warga Jember Diringkus Polisi di Samarinda, karena Gendam

2. Korban kekerasan difabel terbanyak berasal dari Kota Bontang

Korban Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kaltim Capai 464 Orangilustrasi kekerasan pada anak/perempuan (IDN Times/Nathan Manaloe)

Sedangkan korban kekerasan difabel terbanyak berasal dari Kota Bontang yang sebanyak 5 korban. Korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) sebanyak 158 korban dengan korban KDRT terbanyak berasal dari Kota Samarinda sebanyak 80 korban.

Ia melanjutkan, di tingkat Kaltim, korban kekerasan anak terbanyak merupakan korban kekerasan seksual yang mencapai 133 korban, sedangkan pada dewasa terdapat pada kekerasan fisik yang sebanyak 165 korban.

"Untuk kasus kekerasan anak dan perempuan, jumlah terbanyak terjadi pada kekerasan dalam rumah tangga, yakni tercatat sebanyak 91 korban anak dan 150 korban perempuan dewasa," katanya.

3. Fokus peningkatan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak

Korban Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kaltim Capai 464 Orangilustrasi kekerasan pada perempuan (IDN Times/Nathan Manaloe)

Untuk itu ia mengimbau semua pihak terus fokus pada peningkatan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak, termasuk merumuskan kebijakan dan meningkatkan kualitas layanan bagi korban.

"Hal ini bertujuan untuk mewujudkan perlindungan yang lebih efektif dan tepat sasaran, karena kita ingin kasus ini tidak bertambah, sehingga penanganan kasus dan pencegahannya harus melibatkan banyak pihak dan lintas sektor," ucap Soraya.

Baca Juga: Lapas Narkotika Kelas II A Samarinda Buat Program Rehab Sosial

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya