Comscore Tracker

Kuyang, Siluman Kepala tanpa Tubuh yang Trending di Twitter

Waspada bagi ibu hamil dan bayinya..

Balikpapan, IDN Times - Setiap daerah di Indonesia, memiliki banyak cerita dan kisah tersendiri yang menarik untuk diulas. Biasanya, kisah mistis dan kepercayaan-kepercayaan di daerah tersebut menjadi topik utama yang perlu diketahui sebelum menginjakkan kaki ke sana. 

Kalian tentu tahu Kalimantan, kan? Apa yang terlintas di kepala kalian ketika menyebut kata Kalimantan? Hutannya, suku adatnya, dan yang pasti kepercayaannya yang masih kuat melekat di masyarakat. 

Ada satu kisah kepercayaan mistis yang hingga kini diyakini keberadaannya. Salah satunya yakni sosok kuyang, siluman kepala yang melayang bersama organ tubuhnya. Pembahasan tentang Kuyang sempat trending di twitter pada hari Minggu (12/12/2021) siang.

Sosok ini sendiri sebenarnya, dipercaya di beberapa daerah juga. Hanya saja dengan sebutan yang berbeda-beda. Mau tahu seperti apa, simak penjelasan di bawah ini..

1. Penggambaran sosok kuyang

Kuyang, Siluman Kepala tanpa Tubuh yang Trending di TwitterTrending topik tentang Kuyang di Teitter pada Minggu (12/12/2021) siang

Kuyang dikenal sebagai seorang wanita berambut panjang nan cantik. Sosoknya yang berubah menjadi kuyang dipercaya karena menuntut ajaran ilmu hitam demi mendapat kehidupan yang abadi. Kebanyakan masyarakat melihat sosok kuyang ini bergerak pada rentan waktu petang (maghrib) hingga malam hari. 

Sementara siang hari, wanita yang menjadi kuyang akan menjalani kehidupan normal seperti warga lainnya. Untuk membedakannya, secara fisik masyarakat akan melihat leher si siluman. Jika terdapat garis hitam melingkar dan tak putus, maka perempuan itu adalah kuyang.

Biasanya untuk menutupi fakta, wanita tersebut menutupnya dengan menggunakan kain panjang atau selendang.

Baca Juga: Mitos Hantu Kuyang yang Mesti Kalian Tahu

2. Sejarah kuyang

Kuyang, Siluman Kepala tanpa Tubuh yang Trending di TwitterListal.com

Konon, sosok Kuyang diyakini sudah ada sejak zaman Hindu Kaharingan, yaitu kerajaan Mulawarman yang berdiri pada abad 4 Masehi di Kutai Kartanegara. Saat terjadi pelerangan dengan Kerajaan Kutai, orang-orang kerajaan Mulawarman melakukan perlawanan tak hanya dengan fisik tetapi juga menggunakan ilmu mistik. Saat itu banyak sekali orang-orang Kutai yang memahami ilmu hitam yang digunakan orang-orang Mulawarman, hingga akhirnya berhasil memukul mundur pasukan ilmu hitam orang-orang Mulawarman. 

Para penganut ilmu hitam dari pasukan Mulawarman pun yang sudah berkurang akhirnya lari menyebar ke berbagai daerah di Kalimantan. Versi lainnya menyebut jika Kuyang ini merupakan sekte beranak-pinak yang mewariskan ilmu hitam secara turun-temurun kepada para penerusnya.

3. Incaran hantu kuyang

Kuyang, Siluman Kepala tanpa Tubuh yang Trending di Twitterboombastis.com

Hantu Kuyang biasanya pergi mencari orang yang akan melahirkan, karena dia sangat menyukai darah orang yang melahirkan. Bagi mereka, darah orang sehabis melahirkan itu sangat manis seperti madu. Jika bertemu, Kuyang akan menghisap darah orang yang akan melahirkan itu sampai habis.

Selain itu ada juga yang mengatakan jika kuyang mengincar bayi merah yang baru dilahirkan. Darah dari bayi itu akan disedot habis hingga meninggal dalam kondisi membiru.

4. Takut dengan paku yang dibakar

Kuyang, Siluman Kepala tanpa Tubuh yang Trending di Twittersebarinfokita.com

Sama seperti makhluk mistis lainnya, Kuyang juga takut dengan sesuatu. Menurut kepercayaan warga lokal, selain takut dengan lantunan rohani, Kuyang juga takut dengan paku yang dibakar. 

Selain itu, menusukkan bawang merah dengan bulu landak atau peniti juga dipercaya sebagai pengusir kuyang.

5. Tempat yang paling banyak kuyang

Kuyang, Siluman Kepala tanpa Tubuh yang Trending di Twittermonyetnongkrong.wordpress.com

Ada dua tempat di Kalimantan Timur yang dipercaya sebagai tempat tinggal para Kuyang. Yakni di sungai Belayan, Kutai Kartanegara dan Sungai Kunjang, Samarinda. Banyak yang menduga sosok ini banyak di sana karena kerap kali menampakkan diri di kawasan tersebut. 

Hingga kini, cerita tentang siluman Kuyang ini masih dipercaya oleh warga setempat dan berkembang di masyarakat luas Kalimantan.

Baca Juga: Kisah tentang Kuyang, Urban Legend Melegenda di Kaltim

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya