Comscore Tracker

Mitos Hantu Kuyang yang Mesti Kalian Tahu

Sosok urban legend bagi warga di Kaltim

Balikpapan, IDN Times - Kuyang merupakan sosok misterius yang beterbangan meneror rumah warga, terutama jika ada ibu yang melahirkan di malam hari. Nah, berikut ini beberapa fakta unik tentang kuyang yang mesti kalian tahu lho. 

Sebagai sosok manusia setengah hantu yang bergentayangan di Pulau Kalimantan:

1. Bentuk sosok kuyang

Mitos Hantu Kuyang yang Mesti Kalian Tahumonyetnongkrong.wordpress.com

Kuyang termasuk sosok hantu asal Indonesia dengan bentuk yang sangat mengerikan, bagaimana tidak? Melihat kepala dengan organ dalam beterbangan, belum lagi raut wajahnya yang membuat siapa pun yang menatapnya bisa terdiam beribu bahasa. Biasanya kuyang terbang tak selalu jelas bentuknya, ada juga yang melihatnya dalam bentuk bola api melayang.

2. Asal muasal kuyang

Mitos Hantu Kuyang yang Mesti Kalian Tahusebarinfokita.com

Kuyang sebenarnya bukan 100 persen makhluk gaib, di kala siang hari mengambil alih hari. Kuyang merupakan wanita cantik yang terlihat normal-normal saja, bahkan berbaur dengan warga sampai tidak ada yang menyadari bahwa salah seorang tetangga atau teman atau saudara atau keluarganya merupakan kuyang.

Biasanya kuyang menggunakan pakaian besar atau jubah, rambut terurai, dan selendang untuk menutupi goresan di lehernya bekas ia melepaskan kepala dan tubuhnya di malam hari. Tapi tak semua orang berpenampilan seperti ini dipastikan kuyang ya, tapi umumnya fesyen untuk manusia kuyang seperti itu yang diyakini warga Kalimantan.

Keahlian manusia kuyang untuk berubah menjadi makhluk yang mengerikan ini berasal dari perjanjian ilmu hitam dengan iblis, mirip dengan ilmu hitam lainnya yang memberikan syarat untuk rutin mencari tumbal. Kuyang beraksi di malam hari, melayang-layang meninggalkan tubuhnya di rumah untuk mencari korban.

Baca Juga: Kuyang, Sosok Urban Legend yang Sudah Meneror Warga Kaltim

3. Korban yang diincar kuyang

Mitos Hantu Kuyang yang Mesti Kalian Tahuboombastis.com

Demi bertahan hidup, kuyang wajib mencari tumbal. Ada juga yang bilang agar wajahnya tidak menua, kuyang harus meminum darah wanita yang hamil besar atau darah bayi baru lahir sampai mayat bayi yang baru saja dimakamkan. Korban akan diisap darahnya sampai lemas, dan kuyang yang berhasil meminum darah korbannya ini akan memiliki hidup yang abadi, kuat, dan sakti mandraguna. 

Ada juga yang bilang jika kuyang tidak menemukan korban atau gagal karena diusir warga, ia akan menghisap darah hewan. Namun jika terlalu sering meminum darah hewan, tubuh dan wajahnya akan menua seperti nenek-nenek.

4. Cara mengusir kuyang yang sedang beraksi

Mitos Hantu Kuyang yang Mesti Kalian TahuScreenshot facebook

Kuyang selalu digambarkan sebagai sosok kuat yang sulit ditaklukkan, namun demi menjaga keselamatan calon korban ternyata kuyang dapat diusir jika benar caranya. Pertama bisa dengan memukul-mukul perabot rumah tangga pada malam hari dan meletakkan sapu ijuk di balik pintu rumah. 

Jika sampai berhasil menemukan tubuh kuyang yang ditinggal oleh kepalanya. 

Hal ini menjadi kesempatan emas untuk membunuh kuyang, cukup masukan sapu ijuk atau letakkan benda tajam di leher kuyang sehingga ketika kuyang akan kembali ke badan sosok itu akan kesulitan dan tidak bisa menyatu lagi dengan tubuhnya. Ada yang bilang kalau kepala kuyang beserta organ dalamnya harus kembali menyatu dengan tubuhnya sebelum fajar tiba, atau ia akan mati.

5. Lokasi daerah menjadi tempat persembunyian kuyang

Mitos Hantu Kuyang yang Mesti Kalian TahuListal.com

Ternyata kuyang tak hanya berkeliaran di Pulau Kalimantan saja, tetapi hampir di seluruh Indonesia seperti Bali, dan Sumatera Barat. Namun Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi wilayah paling favorit dari kuyang. Mungkin karena di provinsi ini masih banyak hutan-hutan primer bisa menjadi tempat persembunyian yang ideal bagi kuyang. 

Sehingga, warga masih sering melaporkan menjumpai sosok kuyang berkeliaran mencari mangsa. Umumnya kuyang dapat ditemui di pinggiran Sungai Belayan, Kutai Kertanegara, dan Kecamatan Pasir Belengkong Kabupaten Paser.

Nah, itulah sedikit informasi tentang kuyang sebagai sosok melegenda di Kaltim.

Baca Juga: Kisah tentang Kuyang, Urban Legend Melegenda di Kaltim

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya