TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rahasia Sukses Membesarkan Anak Laki-Laki Menuju Pria Dewasa

Cara didik di masa kecil akan menentukan masa depan anak

ilustrasi anak laki-laki (pexels.com/jonas mohamadi)

Balikpapan, IDN Times - Mendidik anak laki-laki merupakan tugas yang sangat penting bagi orangtua. Sebagai orangtua, Anda perlu memahami bahwa anak laki-laki memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda dengan anak perempuan.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mendidik anak laki-laki agar tumbuh menjadi sosok pribadi yang tangguh, mandiri, dan bertanggung jawab. Berikut ini adalah lima tips mendidik anak laki-laki.

1. Berikan kebebasan yang sehat

ilustrasi anak bermain (pexels.com/Ron Lach)

Anak laki-laki membutuhkan kebebasan untuk mengeksplorasi lingkungan mereka. Namun, sebagai orangtua, Anda harus memberikan kebebasan yang seimbang.

Jangan biarkan anak laki-laki terlalu bebas sehingga kehilangan kendali dan tidak bertanggung jawab atas tindakannya. Berikan batasan yang jelas dan ajarkan mereka untuk menghormati aturan.

Baca Juga: 20 Tempat Nongkrong Hits yang Ramah Kantong di Balikpapan 

2. Ajarkan nilai-nilai positif

ilustrasi anak membantu orangtua (pexels.com/Tatiana Syrikova)

Sebagai orang tua, Anda harus mengajarkan nilai-nilai positif kepada anak laki-laki Anda. Ajarkan kepada mereka tentang pentingnya memiliki integritas, kejujuran, tanggung jawab, dan menghargai orang lain.

Hal ini akan membantu mereka tumbuh menjadi pribadi yang baik dan berbudi pekerti. Pastikan anak-anak Anda memahami bahwa gender tidak memengaruhi nilai dan tanggung jawab.

3. Berikan contoh yang baik

ilustrasi anak dan ayah (pexels.com/nappy)

Anak laki-laki akan meniru perilaku orang dewasa di sekitarnya. Oleh karena itu, sebagai orangtua, Anda harus memberikan contoh yang baik.

Tunjukkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai positif yang ingin Anda ajarkan. Misalnya, jika Anda mengajarkan nilai kejujuran, jangan pernah berbohong di depan anak Anda.

4. Ajarkan keterampilan hidup

ilustrasi bersama anak (pexels.com/Elina Fairytale)

Ajarkan keterampilan hidup kepada anak laki-laki Anda, seperti memasak, membersihkan rumah, atau memperbaiki peralatan. Hal ini akan membantu mereka menjadi lebih mandiri dan siap menghadapi kehidupan di masa depan.

Berikan pemahaman kepada mereka bahwa keterampilan hidup diperlukan oleh siapa pun. Keterampilan ini penting untuk menjalani kehidupan di masa depan.

Verified Writer

Januar Lestari

Terbang bebas mengangkasa, menjadikan tulisan sebagai sarana healing terbaik. Ig @jei.el26

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya