Comscore Tracker

7 Rekomendasi Tempat Nongkrong Hits Ramah Kantong di Balikpapan 

Tetap terapkan protokol kesehatan ya, guys

Balikpapan, IDN Times - Generasi millennial identik dengan budaya nongkrong. Entah di kafe, kedai kopi, atau angkringan, berinteraksi di tempat-tempat hits tak pernah ketinggalan di keseharian. 

Bahkan tempat nongkrong pun jadi kantor buat mereka yang bekerja freelance atau hanya menggunakan gadget tanpa harus ngantor. Di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, banyak juga loh tempat-tempat hits yang bukan cuma enak buat nongkrong tapi harganya juga dijamin nggak bikin kantong kering. 

Berikut IDN Times telah merangkum beberapa tempat nongkrong hits di Balikpapan yang nyaman dan seru untuk hangout bersama teman, rekan kerja, pasangan, klien, atau bahkan sendirian. Lokasinya yang kekinian dan harga yang murah meriah menambah kesan nongkrong yang asyik di tempat ini.

Tapi jangan lupa ya, tetap harus tetap terapkan protokol kesehatan demi pencegahan penularan COVID-19. Yuk disimak 7 tempat nongkrong di Balikpapan yang sedang hits berikut ini.

1. 21 Cafe

7 Rekomendasi Tempat Nongkrong Hits Ramah Kantong di Balikpapan Cantik dan romantis, suasana di 21 Cafe Balikpapan. (Instagram @21cafee)

Kafe satu ini dari luar aja sudah kelihatan cantik, apalagi saat malam hari. Konsepnya garden dengan bertema jadul. Furniture-nya kayu, dengan lantai yang ditaburi kerikil. Kalau malam hari lampu-lampu makin mempercantik tema garden yang hijau. Bahkan jalan ke toilet dihias seperti masuk ke rumah peri.

Instagramable dan kekinian banget, bisa dipastikan pengunjung tidak akan menyia-nyiakan kesempatan swafoto di kafe yang buka mulai sore hari ini. Tapi, karena konsepnya outdoor, tentunya tanpa pendingin ruangan karena memanfaatkan angin alami dan kipas angin gantung.

Yang menarik, saat masuk di kafe ini pengunjung akan serasa masuk taman. Karena dihiasi daun-daun sampai dibuat merambat di atas pengunjung. Banyak juga barang antik yang dipajang, seperti sepeda dan vespa. 

Untuk minuman yang ditawarkan, harganya masih di kisaran Rp25 ribuan, mulai dari kopi, ice blend, sampai mojito atau minuman berbahan soda. Sedangkan untuk makanan, harganya mulai dari Rp18 ribuan. Ada menu snack hingga nasi, jadi komplit.

Untuk lokasinya ada di Jalan Dua RT 16 No. 68, Gunung Samarinda, Balikpapan Utara. Kalau berminat ke sana, asyik banget bersama teman atau pasangan, karena tempatnya juga romantis.

2. Hitam Manis Bonto Bulaeng

7 Rekomendasi Tempat Nongkrong Hits Ramah Kantong di Balikpapan Hitam Manis Bonto Bulaeng, Balikpapan. (Instagram @hitammanis.kedaikopi)

Kalau yang satu ini, sesuai namanya, berlokasi di kawasan Jalan Bonto Bulaeng. Lokasinya sedikit masuk gang, tapi mudah dicari. Secara konsep, Hitam Manis atau sering disebut Hitman ini lebih seperti kedai. 

Untuk penyuka kopi, ada berbagai macam pilihan, hangat atau pun dingin. Ada es kopi susu, es kopi aren, es rumpi atau rum dan kopi. Kalau mau yang hangat, ada caffe latte juga. Buat yang tidak suka kopi, ada ice salted caramel atau kalau mau segar ada ice lychee Yakult yang patut dicoba. 

Kisaran harganya masih di bawah Rp 30ribuan, bahkan cafe ini juga sering mengadakan promo. Untuk menu makanan, ada snack atau pun makanan berat. Kisaran harga makanannya Rp30 ribuan. 

Sebenarnya ada beberapa Hitman lain di Balikpapan, karena belakangan mereka membuka cabang secara waralaba. Tapi, yang membedakan Hitman Bonto Bulaeng adalah pemandangan hutan dan rumah-rumah di belakang kedai

View ini cukup memanjakan mata pengunjung, karen memberi kesan alam dengan ditemani tiupan angin sepoi-sepoi.

3. Melawai

7 Rekomendasi Tempat Nongkrong Hits Ramah Kantong di Balikpapan IDN Times/ Mela Hapsari

Kalau tempat nongkrong satu ini sudah jadi legenda di Kota Balikpapan. Melawai adalah tempat nongkrong di tepi laut. Pedagang kaki lima yang berjualan di sana biasanya juga sudah berjualan sejak tahun 1990-an yang diturunkan ke anak cucunya.

Tempatnya ada yang lesehan, ada juga yang duduk di kursi. Tapi kalau mau lebih kerasa feel nongkrong di tempat legend, duduk lesehan aja. Mulai dari sate, jagung bakar, bakso, pisang gapit, sampai minuman sekoteng tersedia. 

Biasanya tempat ini paling nyaman untuk makan bareng keluarga atau kekasih. Apalagi sambil menikmati pemandangan laut dan kapal di sekitar pelabuhan. Dari Melawai juga terlihat view Pulau Babi dan Pulau Tukung. 

Untuk harga, kisarannya cukup beragam. Tapi yang pasti harga yang dipatok pedagang-pedagang di Melawai masih terjangkau dan tidak membuat kantong kering.

Kalau mau nongkrong di Melawai, yang harus diingat adalah persiapan uang kecil. Karena bisa dipastikan ada beberapa pengamen yang bakal menghampiri kamu. 

4. Umak Communal Space

7 Rekomendasi Tempat Nongkrong Hits Ramah Kantong di Balikpapan Ummak Communal Space jadi tempat nongkrong dengan kesan di rumah sendiri. (Instagram @umakcommunalspace)

Biasa disebut Umak yang artinya rumah, adalah tempat nongkrong dengan kesan hommy atau nongkrong di rumah. Lokasinya di kawasan Komplek PU, Prapatan, Balikpapan Kota. Bisa juga lewat gang kecil di sebelah RS Pertamina Balikpapan.

Umak menyediakan berbagai menu kopi dan teh yang semua patut dicoba. Selain itu juga ada menu nonkopi dan nonteh seperti red velvet dan es coklat. Kalau lapar, ada nasi bebek rica yang bisa jadi pilihan mengenyangkan. Atau kalau ingin ngemil bisa pesan cireng atau tahu bakso. 

Soal harga, dipastikan semua menu di bawah Rp25 ribu, jadi tidak membuat kantong menjerit. Suasana seperti rumah sendiri di Umak juga didukung dengan adanya ada rak buku besar yang menyediakan berbagai buku baik fiksi atau non fiksi. Buku-buku ini bisa dibaca di tempat oleh pengunjung.

Nongkrong di sini bisa pilih duduk di area teras, sambil ngobrol dengan rekan kerja, klien, atau teman. Atau kalau mau santai bisa duduk lesehan di atas beanbag sambil baca novel atau buku biografi. 

Di area belakang, juga ada ruang bersama yang bisa dipakai duduk-duduk santai. Sementara di area dalamnya, ada sofa rasa ruang keluarga di rumah. Bagi yang suka barang seni, di area dalam Umak juga ada Rumah Seni Nirmana, toko yang memamerkan berbagai barang seni. 

Baca Juga: Resep Pepes Ikan Pedas, Nikmatnya Mantul Bikin Pengin Nambah Terus

5. Kopi Rumah Mantan

7 Rekomendasi Tempat Nongkrong Hits Ramah Kantong di Balikpapan Area PlayStation ini bisa bantu hilangkan gabut pengunjung Kopi Rumah mantan, Kilometer 3, Balikpapan Utara. (Instagram Kopi Rumah Mantan)

Belakangan banyak bermunculan kedai kopi dengan nama unik, seperti Kopi Rumah Mantan ini. Ada tiga lokasi, pertama di Jalan Soekarno Hatta Kilometer 3, kedua di Jalan Mayjen Sutoyo atau kawasan Gunung Malang, lalu ketiga kawasan Ringroad. 

Tapi yang paling hits dan recommend adalah yang berlokasi di Kilometer 3. Tempatnya mirip konsep warehouse atau industrial. Bangunan berwarna semen, dan tangga cukup tinggi terbuat dari besi di area depan kafe ini. 

Kalau mau nongkrong bisa pilih di luar atau di dalam. Tempatnya cukup luas sehingga cukup nyaman untuk physical distancing. 

Kisaran harga yang ditawarkan standar, mulai belasan ribu sampai sekitar Rp30 ribu. Yang menarik, selain snack seperti kentang goreng, sampler dan chicken wing, ada juga berbagai dessert yang di-display. Kisaran harganya pun masih di bawah Rp30 ribu.

Di salah satu spot kafe ini juga ada rental PlayStation. Jadi pengunjung bisa main game sambil nongkrong. Sewa game ini dipatok Rp10 ribu saja per jam. Jadi buat pecinta game, kalau lagi gabut dan bosan, Kopi Rumah Mantan bisa jadi pilihan tempat bersantai dan melepas stres. 

6. Angkringan Laperpoll

7 Rekomendasi Tempat Nongkrong Hits Ramah Kantong di Balikpapan Nongkrong di Angkringan Laperpoll Kampung Timur, Balikpapan Utara ini, pengunjung bisa pilih beragam sate dan nasi kucing. (Instagram Angkringan Laperpoll)

Seperti angkringan ala Jogja pada umumnya, menu yang disediakan kebanyakan adalah minuman sachet dan berbagai sate dan nasi kucing yang nantinya dibakar menggunakan bumbu pedas dan manis. Angkringan ini termasuk yang paling ramai didatangi anak-anak muda.

Tiap hari juga ada live acoustic yang menambah keseruan nongkrong bersama teman-teman. Secara harga, sudah pasti terjangkau. Ada lima lokasi Angkringan Laperpoll, yaitu di kawasan Kampung Timur, Jalan Manuntung Gedung KNPI, Gunung. malang, Jalan Mayjen Sutoyo, dan Jalan MT Haryono. 

Nongkrong di angkringan memberi kesan sederhana dan tetap dekat. Apalagi bisa lesehan sehingga lebih santai. Biasanya Angkringan Laperpoll cukup ramai pengunjung, mulai anak muda sampai orang tua. 

7. Bro Cactus

7 Rekomendasi Tempat Nongkrong Hits Ramah Kantong di Balikpapan Salah satu spot di Bro Cactus yang Instagramable. (Akun Instagram @bro_cactus)

Kafe ini termasuk yang paling hits belakangan di Kota Balikpapan. Suasana ala taman kaktus yang Instagramable, warna interior pun cenderung putih dan cokelat. Berfoto di Bro Cactus pasti bakal keren banget untuk konten media sosial kita. 

Beberapa menunya juga bertemakan kaktus, tanaman gurun ini memang belakangan banyak diminati. Itulah mengapa selain kafe, tempat juga merupakan store berbagai jenis kaktus. Termasuk pot kaktus pun bisa dibeli di sini.

Untuk harga, Rp25 ribuan ke atas. Yang unik, di sini juga ada dessert berbentuk kaktus. Bro Kaktus bisa masuk list tempat nongkrong estetik.

Sangat pantas untuk dikunjungi untuk kalian yang suka nongkrong estetik sambil cari konten media sosial. Tapi kabarnya kafe ini mau pindah tempat guys. Jadi bisa cek akun Instagram-nya buat update lokasi barunya pas kamu mau berkunjung.

Itulah 7 tempat nongkrong hits di Balikpapan yang gak bikin kantong bolong. Kamu sudah pernah berkunjung ke salah satunya? 

Baca Juga: Mengenal Motif Batik Balikpapan, dari Singkong sampai Dugong

Topic:

  • Fatmawati
  • Mela Hapsari
  • Jumawan Syahrudin
  • SEO Intern

Berita Terkini Lainnya