TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Makna Baju Teluk Belanga Pontianak yang Dipakai Wapres Ma'ruf Amin

Dahulu digunakan oleh kaum bangsawan Pontianak

Ma’ruf Amin kenakan pakaian teluk belanga saat upacara di Istana Jakarta. (IDN Times/Istimewa)

Pontianak, IDN Times - Wakil Presiden RI,  Ma’ruf Amin mengenakan pakaian teluk belanga pada upacara Kemerdekaan RI di Istana Jakarta. Pakaian teluk belanga bercorak insang ini kini menjadi sorotan warga.

Pakaian tersebut merupakan pakaian tradisional masyarakat Melayu Pontianak. Tak hanya Ma’ruf Amin, sang istri, Wury Ma’ruf juga mengenakan baju kurung corak insang yang merupaan baju pasangan teluk belanga.

1. Corak Insang dikenal pada masa Kesultanan Kadariah

Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda Kalimantan Barat (Kalbar), Windy Prihastari turut bangga karena wastra Kalbar kembali disorot dan digunakan oleh pejabat negara.

Windy juga memaparkan sejarah dan makna dari corak insang tersebut. Tenun Corak Insang merupakan tenunan tradisional masyarakat Melayu Kota Pontianak yang dikenal pada masa Kesultanan Kadriah pada saat pemerintahan Sultan Syarif Abdurrahman Al Qadrie tahun 1771 hingga sekarang.

“Corak Insang mulanya digunakan oleh para kaum bangsawan di Istana Kadriah,” sebut Windy, Sabtu (17/8/2024).

Baca Juga: Kisah Veteran di Pontianak, Pernah Ikut dalam Pembebasan Irian Barat

2. Fungsinya sebagai identitas status sosial

Ma'ruf Amin (IDN Times/Dini Suciningrum)

Tenun Corak Isang, kata Windy memiliki fungsi sebagai penunjuk identitas status sosial bagi satu keluarga atau kelompok dalam kehidupan bermasyarakat maupun pertemuan antarkerajaan serta sebagai tolak ukur keterampilan anak pingit/anak gadis pada masa lampau.

Penggunaan tenun Corak Insang pada zamannya juga berfungsi sebagai barang persembahan/cindera mata kepada raja, terutama pada hari keputraan (ulang tahun). Ini  sebagai barang hantaran/pengiring pengantin dan antar sirih pinang pada upacara pernikahan serta upacara-upacara tradisional lainnya.

“Dalam upacara pernikahan, kain tenun Corak Insang digunakan sebagai pelengkap pada kain Telok Belangga yang dikenakan oleh kaum laki-laki, sedangkan bagi kaum permpuan digunakan sebagai baju kurung,” papar Windy.

Berita Terkini Lainnya