Biaya Kuliah di Banjarmasin yang Diklaim Murah dan Terjangkau

Peluang beasiswa jalur KIP cukup banyak

Banjarmasin, IDN Times - Beban biaya kuliah di Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) diklaim masih terjangkau bagi para mahasiswa yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN) maupun swasta (PTS) setempat.

Seperti salah satu contohnya PTS di Banjarmasin, Universitas Islam Kalimantan (Uniska) yang membebankan biaya kuliah Rp1.189.000 per semester pada mahasiswanya. 

1. Beasiswa Uniska bagi warga sekitar

Biaya Kuliah di Banjarmasin yang Diklaim Murah dan TerjangkauPerkuliahan di Uniska Banjarmasin.

Wakil Rektor lll Uniska Idzani Muttaqin menyebutkan, kampusnya memiliki 21 prodi dari 10 fakultas dengan biaya SPP paling murah itu ada di Fakultas Studi Islam dan Prodi Hukum Ekonomi Syariah.  Sementara biaya yang paling tinggi ada di Fakultas Farmasi.

Kampus di Jalan Adyaksa, Sungai Miai Banjarmasin Utara ini juga memberikan peluang beasiswa melalui jalur Kartu Indonesia Pintar (KIP). Sedikitnya ada kuota 108 untuk jalur KIP, di mana itu dialokasikan untuk penerimaan mahasiswa baru tahun ini.

Selain itu, pihaknya juga memberikan kesempatan beasiswa kepada warga sekitar. Meskipun memang jumlahnya tidak banyak, hanya sekitar 3-5 mahasiswa per tahunnya. 

"Ada 108 beasiswa melalui KIP tapi untuk warga sekitar yang berdomisili satu Kelurahan dengan Uniska juga bisa mendapat beasiswa, misalnya warga miskin yang berprestasi," katanya.

Baca Juga: Puluhan Caleg di Banjarmasin Terancam Dicoret

2. Kuliah di PTN yang terjangkau

Biaya Kuliah di Banjarmasin yang Diklaim Murah dan TerjangkauPintu gerbang UIN Antasari Banjarmasin.

Demikian juga beban biaya kuliah di PTN di Banjarmasin disebut cukup terjangkau bagi masyarakat. Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin mengungkapkan tingkatan biaya kuliahnya yang berkisar Rp400 ribu hingga Rp3,6 juta.  

Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Biro Administrasi Akademik UIN Antasari Haris Fadillah mengungkapkan, biaya kuliah yang disesuaikan dengan uang kuliah tunggal (UKT).

UKT itu kewajiban mahasiswa untuk membayar untuk semua kegiatan akademisi. Jadi mahasiswa sampai lulus tidak ada lagi membayar apa pun karena sudah ditetapkan UKT tersebut.

"Biaya kuliah di UIN paling rendah Rp400 ribu dan paling tinggi Rp3,6 juta yang ada di Jurusan Ekonomi Bisnis Islam. Biaya itu sampai lulus dan tidak ada lagi tambahan lainnya," katanya.

3. Beasiswa di UIN Antasari

Biaya Kuliah di Banjarmasin yang Diklaim Murah dan TerjangkauHaris Fadillah, Kepala bagian akademik dan biro kemahasiswaan UIN Antasari.

Selain itu, Haris pun mengungkapkan peluang beasiswa KIP bagi para mahasiswa berprestasi di UIN Antasari. Jumlahnya cukup besar sebanyak 450 mahasiswa penerima KIP. 

Pihak kampus juga menjalin kerja sama dengan swasta dan lembaga lain dalam pemberian beasiswa mahasiswa. 

Meskipun memang terbilang murah, UIN Antasari tetap pula memperhatikan kualitas dan infrastruktur pendidikan bagi mahasiswanya. Seperti membangun gedung baru bertingkat guna menunjang pendidikan mahasiswa UIN Antasari. 

Baca Juga: Penyesuaian Tarif PBB di Banjarmasin, Warga Kaget Tagihan Naik Drastis

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya