Kebakaran Hebat Hanguskan 11 Rumah di Banjarmasin 

43 jiwa terpaksa kehilangan tempat tinggal

Banjarmasin, IDN Times - Musibah kebakaran kembali melanda Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (25/8/2023) sekitar pukul 20.00 Wita. Si jago merah menghanguskan sebanyak 11 rumah yang berada di kawasan Surgi Mufti Banjarmasin Utara di seberang Masjid Jami Banjarmasin. 

Petugas masih menyelidiki penyebab awal bencana, tetapi dugaan sementara titik api muncul dari samping rumah loteng warga. 

1. Warga kesulitan memadamkan api yang cepat membesar

Kebakaran Hebat Hanguskan 11 Rumah di Banjarmasin Upaya pemadaman api di Surgi Mufti, Banjarmasin Utara.

Seorang saksi mata bernama Ahmad mengatakan, kobaran api muncul tidak jauh dari sekitarnya rumahnya. Bersama warga setempat, ia pun berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. 

Namun sayangnya tidak banyak berbuah hasil, kobaran api justru makin membesar hingga memakan 11 rumah lainnya. Beberapa personel Damkar Banjarmasin juga dilaporkan pingsan saat dalam proses pemadaman api kebakaran.

Puluhan relawan pemadam kebakaran (Damkar) di Banjarmasin akhirnya berhasil menghentikan penyebaran api. Total sebanyak 11 rumah sudah terlanjur hangus menjadi arang. "Alhamdulillah rumah saya tidak kena, namun kami sekeluarga sudah mengamankan beberapa benda berharga, sebagai antisipasi," ucapnya

Baca Juga: Penyesuaian Tarif PBB di Banjarmasin, Warga Kaget Tagihan Naik Drastis

2. Sebagian korban mengungsi ke Masjid Jami Banjarmasin

Kebakaran Hebat Hanguskan 11 Rumah di Banjarmasin Masjid Jami ini dijadikan korban kebakaran mengungsi sementara.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin Danru II Andy Putra menyatakan, pemerintah daerah turut membantu mengevakuasi para korban kebakaran. Sebagian di antara mereka diungsikan ke Masjid Jami Banjarmasin dan juga ke rumah keluarganya masing-masing. 

Ia pun menyatakan, kobaran api secara cepat merembet ke rumah warga yang sebagian besar berbahan kayu. Sementara itu untuk penyebabnya masih dilakukan penyelidikan kepolisian.

" Api cepat membesar karena pemukiman padat dan material kayu," ucapnya.

3. Sebanyak 43 jiwa kehilangan tempat tinggal

Kebakaran Hebat Hanguskan 11 Rumah di Banjarmasin Korban kebakaran yang mencoba mengais sisa barang yang masih bisa digunakan.

Akibat kebakaran ini, 11 rumah mengalami kerusakan, dengan 10 di antaranya rusak berat dan 1 rusak ringan. 

Total kerugian diperkirakan miliaran rupiah dan 43 jiwa penduduk yang terkena dampak. Saat ini, estimasi kerugian materiil masih belum dapat dihitung.

Saat ini, masyarakat Banjarmasin masih menonton sisa puing-puing bekas kebakaran. Sebagian mereka juga terlihat mencari sisa-sisa harta benda yang masih bisa diselamatkan. 

Baca Juga: Banjarmasin Serahkan Belasan Motor untuk Petugas Kependudukan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya