Ada Gejala COVID-19, Ketua KPU Balikpapan Bantah Sengaja Datangi Debat

KPU akan jadwal ulang debat pilkada

Balikpapan, IDN Times – Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha yang dinyatakan positif terpapar COVID-19 saat ini tengah menjalani perawatan dan isolasi di Asrama Haji Batakan Balikpapan, Kaltim. Rencananya perawatan dan isolasinya akan berakhir dalam sepuluh hari.

“Saya sudah lima hari menjalani isolasi di di Asrama Haji Batakan bersama dengan 21 orang lainnya yang diantaranya berprofesi sebagai dokter, karyawan migas dan lainnya,” ujar Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha, saat dihubungi lewat ponselnya, Rabu (28/10/2020).

1. Bantah sengaja datang ke lokasi debat meski tahu reaktif COVID-19

Ada Gejala COVID-19, Ketua KPU Balikpapan Bantah Sengaja Datangi DebatIDN Times / Hilmansyah

Thoha membantah, jika dirinya sengaja datang ke lokasi debat meski tahu memiliki gejala terpapar COVID-19. Pasalnya sebelum dilakukan debat pada Kamis (22/10/2020) saat dilakukan rapid test hasinya non reaktif.

“Nah, pada Jumat (23/10/20), saya kehilangan penciuman, tidak bisa mencium bau parfum bahkan kopi tapi kondisi saya sangat sehat, karena curiga maka saya berinisiatif ke klinik tirta untuk melakukan swab. Dan hasilnya baru diberitahukan pada magrib Sabtu (24/10/2020), dan tahu hasilnya positif saya langsung pulang isolasi mandiri, jadi tidak benar saya sengaja datang meski tahu ada gejala,” tegasnya.

Baca Juga: Wali Kota Sesalkan Ketua KPU Balikpapan  Beraktivitas saat Tunggu Swab

2. Pilih asrama haji daripada wisma inhutani

Ada Gejala COVID-19, Ketua KPU Balikpapan Bantah Sengaja Datangi DebatIDN Times / Hilmansyah

Setelah dinyatakan positif COVID-19, Ketua KPU Balikpapan Noor disarankan melaksanakan isolasi di wisma Inhutani. Namun karena kondisi wismanya sepi, jadi yang bersangkutan memilih melakukan isolasi di asrama haji Batakan Balikpapan.

“Saya mulanya ditawari menjalani isolasi mandiri di wisma Inhutani namun karena kondisinya sepi, maka saya lebih memilih menjalani isolasi di asrama haji Batakan Balikpapan, dimana ada puluhan orang yang juga menjalani isolasi di tempat tersebut,” jelasnya.

Di asrama haji Batakan, Thoha mengatakan, selama menjalani isolasi mandiri ia mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara rutin, mendapatkan suplemen dan berolahraga bersama dengan penderita lainnya.

“Di sini yang dirawat sebagian besar penderita yang termasuk orang tanpa gejala (OTG), dan saat ini saya bahkan merasa lebih segar bugar, mudahan setelah 10 hari dinyatakan sembuh dan bisa kembali beraktivitas,”ujarnya.

3. KPU akan jadwal ulang debat pilkada

Ada Gejala COVID-19, Ketua KPU Balikpapan Bantah Sengaja Datangi DebatIDN Times / Hilmansyah

Sementara itu, aktivitas di Kantor KPU Kota Balikpapan berjalan normal bahkan 47 orang staf dan termasuk 4 orang komisioner KPU berdasarkan hasil pemeriksaan swab di klinik tirta dinyatakan negatif. Namun demikian dengan agenda debat yang dijadwalkan sebanyak 2 kali dipastikan hanya tinggal 1 kali.

“Debat kedua kan rencananya 7 November 2020, namun dengan kejadian kemarin maka debat kemungkinan akan dilakukan satu kali saja, dan juga dipastikan waktunya akan bergeser. Nantinya kita akan plenokan lagi kapan debat akan dilaksanakan setelah  Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha selesai menjalani isolasi dan dinyatakan sembuh,’’ ujar Komisioner KPU Sahrul Karim.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times

Baca Juga: Update Ketua KPU Balikpapan Positif Corona, Ini Hasil Swab Komisioner

Topik:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya