Comscore Tracker

Wali Kota Sesalkan Ketua KPU Balikpapan  Beraktivitas saat Tunggu Swab

40 orang diduga kontak erat jalani test swab

Balikpapan, IDN Times - Komisioner dan Sekretariat KPU Balikpapan yang hadir dalam persiapan debat pada malam minggu lalu (24/10) dan diduga memiliki kontak erat dengan Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha yang terkonfirmasi positif COVID-19, menjalani pemeriksaan Swab di Klinik Tirta Jalan Ruhui Rahayu, Senin pagi (26/10/2020).

“Ada sekitar 40 orang yang menjalani test swab karena diduga memiliki kontak erat dengan Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha saat persiapan debat, dan semuanya menjalani test swab,” ujar Komisioner KPU Balikpapan Syahrul Karim, ditemui saat akan menjalani test swab, Senin (26/10/2020).

1. Hasil swab akan diserahkan ke Satgas

Wali Kota Sesalkan Ketua KPU Balikpapan  Beraktivitas saat Tunggu SwabIDN Times / Hilmansyah

Syahrul mengatakan, hasil pemeriksaan swab akan selesai hari ini juga, namun demikian hasilnya akan langsung disampaikan kepada tim gugus tugas.

”Rekan kami yang jalani swab juga diminta jalani isolasi mandiri sampai hasil swab keluar, ” jelasnya.

Menyinggung kondisi Ketua KPU, Syahrul mengaku belum mengetahui perkembangan namun kondisi baik dan sedang menjalani isolasi di guest house Inhutani yang disewa pemerintah Kota Balikpapan.

” Beliau sehat-sehat saja dan kami mohon doa nya bisa berjalan lancar, dan kembali menjalankan aktivitasnya, “ paparnya.

2. Kantor KPU dipastikan tetap berjalan normal

Wali Kota Sesalkan Ketua KPU Balikpapan  Beraktivitas saat Tunggu SwabIDN Times / Hilmansyah

Sementara itu, meski banyak ASN di KPU Balikpapan menjalani isolasi mandiri akibat kasus COVID-19 ini, Syahrul memastikan kantor KPU Balikpapan tetap berjalan normal namun dengan pelaksanaan protokol ketat seperti yang pernah dilakukan sebelumnya dengan menjalankan 3 M.

“Aktivitas kantor KPU tetap berjalan nornmal, dan seluruh tahapan pilkada berjalan lancar sesuai dengan jadwalnya, termasuk kampanye yang kini masih berjalan,” tuturnya.

3. Wali Kota sesalkan Ketua KPU beraktivitas

Wali Kota Sesalkan Ketua KPU Balikpapan  Beraktivitas saat Tunggu SwabIDN Times / Hilmansyah

Wali Kota Balikpapan yang juga Ketua Tim Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan menyesalkan, Ketua KPU Kota Noor Toha yang tetap beraktivitas menyiapkan debat meski tengah menunggu hasil swab.

“Saya dengar dia beraktivitas menyiapkan debat, itu harusnya tidak melakukan itu karena tengah menunggu hasil swab, bukannya melakukan isolasi. Karena aktivitasnya itu, maka ketua kpu justru membahayakan orang lain ataupun keluarga terdekat,” jelas Rizal.

Rizal menambahkan, sejauh ini memang tidak ada aturan terkait sanksi bagi yang melakukan swab jika masih beraktivitas. Karena dalam surat edaran Wali Kota hanya mengatur soal larangan bagi yang terkonfirmasi positif beraktivitas.

“Di surat edaran Wali Kota itu ada kan jika sesorang yang berkeliaran tapi itu yang telah dinyatakan positif. Kalau ini kan belum dinyatakan positif, kalau ini kan imbauan protokol kesehatan tapi harusnya tidak melakukan aktivitas,” tegasnya.

Satgas Gugus Tugas KPU Kota Balikpapan, katanya akan dipanggil untuk menanyakan penerapan protokol kesehatan.

“Sekretaris KPU Balikpapan yang Ketua Satgas nanti itu kita panggil,” tutupnya.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times

Baca Juga: 3 Fakta Ketua KPU Balikpapan Positif COVID-19, Sempat Cek Lokasi Debat

Topic:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya