Brimob Kaltara Sterilkan Gereja selama Perayaan Natal di Tarakan

Tim khusus untuk pengamanan Natal

Tarakan, IDN Times - Satuan Brimob Polda Kalimantan Utara (Kaltara) melakukan sterilisasi ke gereja-gereja menjelang ibadah perayaan Natal di Tarakan, Minggu (25/12/2023).

"Kita siapkan dua tim, di mana satu tim terdiri dari 10 orang dengan satu pemimpin totalnya 23 orang," kata Ps Wadan Subden Gegana Brimob Polda Kaltara Ajun Komisaris Polisi Mohammad Nur Sugiharto di Gereja Katolik Santa Maria Imakulata Tarakan.

1. Pengamanan di 11 gereja di Tarakan

Brimob Kaltara Sterilkan Gereja selama Perayaan Natal di TarakanPolda Kaltim mengamankan sejumlah gereja di kota dan kabupaten setempat selama Natal dan Tahun Baru 2023, Sabtu (24/12/2022). Foto Istimewa

Sebanyak 11 gereja di Tarakan sudah dilakukan sterilisasi sejak Minggu pagi (24/12) menjelang ibadah perayaan Natal 2023. “Sejauh ini masih kondusif. Tapi kita antisipasi sudah untuk dua tim. Terbagi di beberapa gereja, di wilayah tengah, timur, utara juga ada,” kata Nur.

Dia mengungkapkan peralatan yang digunakan untuk sterilisasi gereja lebih lengkap. Di antaranya body armor, alat ukur atau E3, metal detektor, mirror, kimia biologi radioaktif serta perlengkapan lain di kendaraan gegana.

Nur mengimbau para jemaat yang melakukan ibadah perayaan Natal disampaikan bahwa situasi terpantau kondusif.

Baca Juga: Polres Tarakan Sukses Selamatkan Rp558 Juta dari Kasus Korupsi

2. Pengamanan di Gereja Katolik Santa Maria Imakulata Tarakan

Brimob Kaltara Sterilkan Gereja selama Perayaan Natal di TarakanPolda Kaltim mengamankan sejumlah gereja di kota dan kabupaten setempat selama Natal dan Tahun Baru 2023, Sabtu (24/12/2022). Foto Istimewa

Saat sterilisasi dilakukan di dalam Gereja Katolik Santa Maria Imakulata Tarakan terlihat personel Detasemen Gegana melakukan penyisiran dari seluruh ruangan serta halaman depan dan belakang gereja.

Pada Minggu malam dilanjutkan dengan patroli dengan skala besar, gabungan TNI dan Polri ke gereja-gereja.

3. Pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru

Brimob Kaltara Sterilkan Gereja selama Perayaan Natal di TarakanPerayaan Misa Natal di Gereja Santa Theresia Balikpapan Kaltim, Jumat (24/12/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Polres Tarakan menggelar Operasi Lilin dalam pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru di masyarakat. Wakil Kepala Polres Tarakan Komisaris Polisi M Musni menegaskan kepada seluruh personel untuk terus hadir di tengah masyarakat dalam memberikan rasa aman.

"Operasi Kepolisian terpusat dengan sandi Operasi Lilin sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta Tahun Baru 2024 dapat berjalan dengan optimal," kata Musni saat memimpin upacara gelar pasukan Operasi Lilin di Mako Polres Tarakan, Kamis (21/12).

Sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan natal 2023 serta tahun baru 2024 dapat berjalan dengan optimal, sebagaimana penekanan Presiden RI bahwa Natal dan Tahun baru ini rutinitas, tetapi apapun tetap harus direncanakan, harus dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok.

Baca Juga: Bikin Rusuh di Polres Tarakan, Pria Tak Dikenal Ditembak hingga Tewas

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya