Penerbangan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Terganggu Kabut Asap

Persoalan karhutla di wilayah Kalimantan 

Banjarbaru, IDN Times - Sebaran kabut asap yang menyelimuti kawasan Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan mulai mengganggu penerbangan di bandara internasional yang terletak di Kota Banjarbaru itu. 

Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Iwan Risdianto di Banjarbaru mengatakan, ada tujuh penerbangan pagi yang mengalami keterlambatan akibat kabut asap.

 "Ada tujuh penerbangan pagi yang tidak bisa berangkat sesuai jadwal mulai dari pukul 06.00 WITA hingga pukul 08.00 Wita karena sebaran kabut asap menyelimuti landasan pacu pesawat," ujarnya dilaporkan Antara, Selasa (5/9/2023).

1. Tujuh penerbangan terpaksa menunda penerbangan

Penerbangan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Terganggu Kabut AsapSejumlah pengendara menggunakan masker pelindung pernapasan saat melintas di jalan Pangeran Hidayatullah yang diselimuti kabut asap di Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada 12 September 2019. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S

Iwan menyebutkan, tujuh jadwal penerbangan mengalami penundaan yakni Garuda tujuan Jakarta, Lion Air ke Surabaya dan Jakarta, Super Air Jet ke Jakarta dan Surabaya, Citilink ke Jakarta dan Wings Air ke Balikpapan.

Baca Juga: Dampak Asap Kebakaran Lahan, Ribuan Anak di Banjarmasin Menderita ISPA

2. Jarak pandang di landasan pacu bandara

Penerbangan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Terganggu Kabut Asap

Menurut Iwan, jarak pandang di landasan pacu sejak pagi pukul 06.00 Wita hingga pukul 06.30 Wita berkisar 300 hingga 500 meter dan tidak memenuhi syarat sehingga penerbangan ditunda.

 "Menjelang pukul 07.30 Wita jarak pandang mulai naik sehingga satu persatu pesawat sudah bisa terbang sesuai rute dan terakhir pukul 08.06 Wita pesawat Garuda ke Jakarta sudah berangkat," katanya.

3. Kabut asap menyelimuti landasan pacu

Penerbangan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Terganggu Kabut AsapIlustrasi penanganan karhutla (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Dikatakannya, sebaran kabut asap yang menyelimuti landasan pacu dan membatasi jarak pandang memiliki potensi mengganggu penerbangan sehingga ditunda demi keselamatan penumpang dan awak pesawat.

Baca Juga: Partai Demokrat "Bersihkan" Poster Anies Baswedan di Banjarmasin 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya