Harisson Azroi, Pj Gubernur Kalbar yang Pernah Tugas di Pedalaman

Harisson Azroi akan dilantik jadi Pj Gubernur Kalbar

Pontianak, IDN Times - Periode masa jabatan Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji akan berakhir pada Selasa 5 September 2023 nanti. Presiden Joko "Jokowi" sudah memilih tiga nama alternatif yang diusulkan menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar. 

Tiga nama tersebut di antaranya adalah Harisson Azroi yang saat ini merupakan Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, dan Mayjen TNI Sulaiman Agusto, mantan Pangdam XII/Tanjungpura yang saat ini menduduki jabatan baru sebagai Pa Sahli Tingkat III Kasad Bidang Ekkudag, dan Heru Istiyono dari Badan Intelijen Nasional (BIN). 

1. Sekda Kalbar akan dilantik sebagai Pj Gubernur pada 5 September

Harisson Azroi, Pj Gubernur Kalbar yang Pernah Tugas di PedalamanHarisson Azroi yang akan dilantik jadi Pj Gubernur Kalbar sebelumnya menjabat sebagai Sekda Kalbar. (IDN Times/Istimewa).

Gubernur Sutarmidji memberitahukan soal penunjukan Sekda Kalbar Harisson Azroi sebagai Pj Gubernur Kalbar. Ia menyatakan, Harisson akan dilantik pada tanggal 5 September ini.

“Pak Harisson dilantik tanggal 5, SK-nya nanti diserahkan pas pelantikan, tapi sudah dirilis oleh lembaga pemerintahan yang resmi, dari 10 nama itu, salah satunya Pak Harisson,” jelas Sutarmidji, Minggu, (3/9/2023).

Baca Juga: Presiden Jokowi Tunjuk Pj Gubernur, Termasuk Provinsi Kalbar

2. Sutarmidji sebut Harisson sosok yang mampu menggantikan dirinya

Harisson Azroi, Pj Gubernur Kalbar yang Pernah Tugas di PedalamanGubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji. (IDN Times/Istimewa).

Menanggapi terpilihnya Harisson, Sutarmidji mengakui, bahwa pria yang pernah menjabat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar itu memang merupakan sosok yang mumpuni untuk menggantikan dirinya selama masa transisi pemerintahan daerah ini berlangsung.

Dengan berbekal pengalamannya selama ini, Sutarmidji optimis Harisson akan mampu menjalankan tugas-tugasnya selaku Pj Gubernur Kalbar.

“Saya rasa beliau mumpuni lah ya, tahan banting, karena dia itu dimulai dari dokter perkebunan, kemudian tugas di Kapuas Hulu itu lebih dari 20 tahun, nggak banyak orang yang mau bertugas di daerah-daerah terpencil,” ungkap Midji.

3. Harisson pernah bertugas di daerah terpencil Kalbar

Harisson Azroi, Pj Gubernur Kalbar yang Pernah Tugas di PedalamanHarisson Azroi pernah bertugas di daerah terpencil Kalbar, sekarang menjabat sebagai Sekda Kalbar dan akan dilantik sebagai Pj Gubernur. (IDN Times/Istimewa).

Sutarmidji juga menyebutkan bahwa Harisson sebelumnya memiliki kegigihan dan niat mulia, mulai dari bertugas di daerah terpencil di Kalbar. Hingga saat ini, kata Sutarmidji, dia sudah menguasai Kalbar secara keseluruhan.

“Jadi Pak Harisson itu sudah menguasai Kalbar lah secara keseluruhan, sampai daerah-daerah yang paling sulit, beliau sudah bertugas di situ,” tetang Midji.

Dengan penunjukan Harisson sebagai Pj oleh Presiden, Gubernur yang secara otomatis akan mengakhiri jabatannya pada tanggal 5 September 2023 itu mengharapkan, Harisson dapat mencukupkan hal-hal yang kurang selama pemerintahannya bersama Ria Norsan.

“Harapannya jalankan pemerintahan sebagaimana selama ini, yang bagus lanjut, yang kira-kira dianggap masih tak bagus, fokuskan dan sempurnakan. Kan harus berkesinambungan,” papar Midji.

Mantan Wali Kota Pontianak dua periode itu berkeyakinan, sebagai orang yang sudah lama di dalam pemerintahan, Harisson pastinya dapat memberikan yang terbaik, karena telah memahami betul seluk beluk pemerintahan dan birokrasi.

“Apalagi kan Pj (pengganti sementara), artinya tidak harus mengubah segala-galanya, yang sudah berprestasi (dijaga dan ditingkatkan), yang belum digenahkan, terutama terkait IPM,” tutupnya.

Baca Juga: Protes Kebakaran Hutan, Seniman Pontianak Melukis dengan Jelaga

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya