Penjabat Gubernur Kalbar Bertekad Lanjutkan Program IPM

Pj Gubernur Kalbar baru saja dilantik oleh Mendagri

Pontianak, IDN Times - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah menunjuk sebanyak 9 Penjabat (Pj) Gubernur dan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Salah satunya adalah Pj Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Harisson Azroi.

Acara pelantikan ini telah berlangsung di Sasana Bhakti Praja (SBP) Lantai 3 Gedung C, Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara Nomor 7 Jakarta Pusat, pada Senin, (4/9/2023).

Dengan demikian, Pj Gubernur Kalbar Harisson resmi menggantikan pasangan Sutarmidji-Ria Norsan yang masa jabatannya berakhir pada hari ini, Selasa (5/9/2023).

Pelantikan tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Presiden RI Nomor 74/P/2023 tentang Pengangkatan Pj Gubernur. Selain itu, dalam kesempatan yang sama juga dilaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kalbar Windy Prihastari.

Dalam waktu bersamaan juga dilakukan pelantikan Penjabat Gubernur Sumatra Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Papua. 

1. Mendagri lantik langsung 9 Pj Gubernur

Penjabat Gubernur Kalbar Bertekad Lanjutkan Program IPM9 Pj Gubernur resmi dilantik Menteri Dalam Negeri, Selasa (5/9/2023). (IDN Times/Teri).

Dalam sambutannya, Mendagri Tito Karnavian berpesan kepada seluruh Pj Gubernur yang baru saja dilantik agar benar-benar memanfaatkan kepercayaan yang diberikan oleh negara atau pemerintah, khususnya Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sebagai pimpinan tinggi negara. Sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota menjadi UU.

"Amanah ini tolong dijaga, jalankan pemerintahan karena bapak-bapak mengisi kekosongan sebetulnya. Jadi yang paling utama running jalannya pemerintahan. Kemudian sebagai ASN saya minta di tahun politik ini mengambil posisi netral, tidak pada posisi politik praktis, tapi politik negara untuk membangun. Pelantikan sudah selesai, ini menandai bapak-bapak resmi menjadi kepala daerah, pimpinan sipil tertinggi di daerah itu yang sangat menentukan daerah itu ke depan," jelasnya.

Mendagri Tito Karnavian juga mengucapkan terima kasih kepada gubernur dan wagub sebelumnya yang telah mengakhiri masa jabatan. Ia berharap semua bisa meninggalkan jabatan dengan baik, tanpa ada permasalahan di kemudian hari.

“Terima kasih banyak atas segala jerih payah, kerja keras yang luar biasa di daerah masing-masing. Saya minta kepada pejabat yang baru juga bisa banyak-banyak meminta masukan kepada pejabat yang lama. Hal yang positif dari pejabat yang lama tolong diteruskan, kalau ada yang kurang-kurang lalukan koreksi perbaikan, dan terus membangun hubungan dengan pejabat yang lama," pesannya.

Baca Juga: Gakkum KLHK Segel 4 Lahan Perusahaan yang Terbakar di Kalbar

2. Harisson akan lanjutkan program Gubernur sebelumnya untuk naikkan IPM Kalbar

Penjabat Gubernur Kalbar Bertekad Lanjutkan Program IPMPj Gubernur Kalbar, Harisson Azroi telah dilantik Mendagri, pada Selasa (5/9/2023). (IDN Times/Adpim Kalbar).

Saat ditemui, Harisson menyebutkan program selanjutnya setelah dia dilantik sebagai Pj Gubernur Kalbar adalah fokus untuk mampu menaikkan Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) Kalbar,

“Saya akan melanjutkan programnya Pak Sutarmidji (Gubernur Kalbar sebelumnya), karena programnya kan sudah terlihat dan mampu menaikkan IPM Kalbar,” ungkap Harisson.

Selanjutnya, Harisson juga berkomitmen akan tetap netral pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

“Kemudian komitmen untuk netralitas tentunya sebagai ASN memang saya diperintahkan oleh Undang-undang tetap akan netral, pada pelaksanaan Pemilu tahun 2024,” papar Harisson.

3. Pj Gubernur akan mengatasi masalah inflasi di Kalbar

Penjabat Gubernur Kalbar Bertekad Lanjutkan Program IPMPj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson. (IDN Times/Teri).

Usai dilantik, Harisson menyampaikan siap menjalankan semua arahan yang telah disampaikan oleh Mendagri Tito Karnavian. “Intinya  apa yang menjadi perintah  Pak Mendagri saya siap laksanakan,” ucapnya.

Dia juga siap menjalankan program yang sudah dijalankan oleh Gubernur Kalbar Sutarmidji dan Wagub Ria Norsan yang telah berakhir masa jabatannya per 5 September 2023 hari ini.

“Kita juga kan sudah dipesankan mengenai inflasi. Ke depan kita akan menghadapi musim kering beberapa bulan yang akan menyebabkan kekurangan produksi beras. Hal ini perlu diwaspadai,” tukasnya.

Baca Juga: Harisson Azroi, Pj Gubernur Kalbar yang Pernah Tugas di Pedalaman

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya