Warga Kalbar Setor Hafalan Surah demi Hapus Tato Gratis

Program hapus tato gratis digelar oleh Rumah Zakat Kalbar

Pontianak, IDN Times - Rumah Zakat Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar program hapus tato gratis, cukup dengan menyetor hafalan surah-surah, hafalan tersebut pun dapat dicicil setiap kali penghapusan tato.

Tim Medis Rumah Zakat Ricky Firiansyah menyebutkan, program menghapus tato ini dibuat untuk mereka yang ingin berhijrah menjadi lebih baik, dan bersih.

“Program ini sudah dari tahun 2019. Hapus tato ini untuk membantu orang yang ingin hijrah lebih baik, kan ada stigma bahwa tato ini kurang baik jadi kita mencoba menghadirkan untuk mengubah stigma itu dengan menghapus tato itu,” jelas Ricky, Sabtu, (23/9/2023).

1. Setor hafalan surah bisa gratis hapus tato

Warga Kalbar Setor Hafalan Surah demi Hapus Tato GratisPeserta hapus tato harus menyetor hafalan surah yang sudah ditentukan. (IDN Times/Rumah Zakat).

Rumah Zakat Kalbar memiliki program hapus tato gratis, namun para peserta harus menyetorkan hafalan surah-surah yang sudah ditentukan. Program ini dibuat untuk membantu mereka yang ingin hijrah menjadi lebih baik.

Teknik pertama untuk penghapusan tato ini para peserta harus melakukan medical check up untuk melihat gejala penyakit yang diderita. Jika dalam kondisi aman, peserta akan dicoba dengan beberapa pilihan frekuensi untuk menghapus tato tersebut.

“Kalau aman kita coba dulu dengan frekuensi hapus tato paling rendah, ada hafalan surat Ar Rahman, dan bertahap hafalannya. Frekuensinya ada titik-titiknya, reaksinya biasa ada percikan api gitu. Kalau tato berwarna itu cahayanya mantul lebih kuat kalau yang hitam cahayanya kecil,” ucap Ricky.

Baca Juga: Kulminasi Matahari di Pontianak Belum Masuk Kalender Wisata Nasional

2. Program hapus tato rumah zakat digelar satu bulan sekali

Warga Kalbar Setor Hafalan Surah demi Hapus Tato GratisProgram hapus tato oleh Rumah Zakat digelar satu bulan sekali. (IDN Times/Rumah Zakat).

Program hapus tato ini, kata Ricky digelar dalam satu bulan sekali setiap akhir bulan. Mereka yang akan menghapus tato harus menghafal surah-surah yang sudah ditentukan sebelumnya, seperti surah Ar Rahman.

“Hapus tato ini untuk membantu orang yang ingin hijrah lebih baik, kan ada stigma bahwa tato ini kurang baik jadi kita mencoba menghadirkan untuk mengubah stigma itu dengan menghapus tato itu,” papar Ricky.

Tato itu sendiri bisa hilang sepenuhnya tergantung dari kualitas tato tersebut. Mulai dari kualitas tato cukup mempengaruhi, kedalaman tato, hingga tebal tipisnya tato.

"Tapi rata-rata sebelumnya itu kalau tipis bisa 7 kali, satu bulan sekali. Sejauh ini belum ada kendala teknisnya dan keluhan dari peserta belum ada. Kita sudah dari tahun 2019 dan sudah ada 50 an orang yang selesai hapus tato. Cuman sejauh itu ada yang masih antre karena kita gak bisa langsung banyak treatment,” terangnya.

3. Biaya mandiri hapus tato mahal, warga Kalbar ikut program hapus tato gratis

Warga Kalbar Setor Hafalan Surah demi Hapus Tato GratisTato peserta program hapus tato dari rumah zakat Kalbar. (IDN Times/Rumah Zakat).

Seorang warga dari Kecamatan Jungkat, Kabupaten Mempawah Eko Setiawan memilih ikut program hapus tato gratis dari rumah zakat karena ingin hijrah menjadi pribadi yang bersih dari sebelumnya.

Dia menceritakan, dulu Eko membuat tato pada saat kuliah di Yogyakarta. Dia diajak teman-temannya untuk membuat tato. Namun setelah menikah, dan punya anak, Eko merasa malu tato tersebut dilihat anaknya.

“Dulu tato ini dibuat pada jaman kuliah karena pengaruh teman, teman banyak yang buat tato jadi pingin juga karena seni. Pas sudah nikah malu pas sudah punya anak,” kata Eko.

Pria berusia 37 tahun ini mengaku sudah melakukan hapus tato sebanyak 15 kali dan saat ini tato tersebut sudah 80 persen pudar dan akan menghilang.

“Kalau sakitnya sih masih sakit buatnya. Mumpung masih ada program rumah zakat mending dimanfaatkan, kalau sama dokter lebih mahal. Kalau ada kesempatan jangan disia-siakanlah,” terang Eko.

Dia juga berterima kasih dengan Rumah Zakat Kalbar karena telah mengadakan program hapus tato tersebut. Menurutnya, program ini sangat bermanfaat dan membantu untuk orang yang ingin hijrah.

“Bagus Rumah Zakat Kalbar mau peduli dengan kita sangat membantu untuk kita yang mau hijrah. Dulu saya sempat ke dokter tapi biaya mahal, terima kasih untuk Rumah Zakat ada program hapus tato ini,” tukasnya.

Baca Juga: Tolak Bala Bencana, Warga Pontianak Gelar Robo-Robo di Pinggir Sungai

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya