Warga Pontianak Heboh dengan Munculnya Buaya Muara di Selokan 

Buaya muara muncul di selokan belakang rumah warga

Pontianak, IDN Times - Warga Kota Pontianak Kalimantan Barat (Kalbar) dihebohkan dengan kemunculan buaya di selokan belakang rumah warga, di Jalan Ujung Pandang, Kompleks Griya Atika Pontianak, pada Senin, (25/9/2023).

Buaya tersebut adalah buaya muara yakni jenis crocodylus porosus. Warga sekitar langsung menghubungi Call Centre BKSDA Kalbar dan segera diamankan oleh tim Wildlife Rescue Unit (WRU).

"Laporan terkait kemunculan buaya ini dilaporkan masyarakat melalui Call Center BKSDA Kalbar di parit belakang rumah warga, dan langsung di tindaklanjuti oleh Tim WRU BKSDA Kalbar,” jelas Ketua WRU BKSDA Kalbar Paramitha Rosandi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/9/2023).

1. Buaya tiba-tiba muncul di selokan belakang rumah warga

Warga Pontianak Heboh dengan Munculnya Buaya Muara di Selokan Buaya muara yang tersesat di selokan rumah warga sudah diamankan BKSDA Kalbar. (IDN Times/BKSDA Kalbar).

Sebelumnya warga tiba-tiba dihebohkan dengan munculnya seekor buaya muara di sebuah selokan belakang rumah warga. Buaya tersebut mengambang di selokan tersebut. Warga yang melihat buaya tersebut sontak kaget dan heboh.

Setelah menghubungi Call Centre BKSDA Kalbar, tim langsung bergerak meluncur ke lokasi kejadian untuk berkoordinasi dengan perangkat desa setempat, dan langsung melakukan rescue terhadap satwa tersebut.

Buaya muara tersebut merupakan salah satu satwa liar yang memiliki status dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri LHK No P.106 Tahun 2018 tentang Jenis Tumbuhan Dan Satwa Dilindungi (706).

Buaya muara memiliki toleransi tinggi terhadap lingkungan yang penyebaran habitatnya sangat luas dari perairan asin, hingga perairan tawar.

Meskipun jenis ini lebih dikenal dengan buaya air asin (salt water crocodile), akan tetapi pada kenyataan sering dijumpai di perairan tawar, di perkebunan, hingga pemukiman warga. Sehingga kerap kali menimbulkan interaksi negatif dengan manusia.

Baca Juga: Kulminasi Matahari di Pontianak Belum Masuk Kalender Wisata Nasional

2. Buaya muara tersebut berukuran 2 meter

Warga Pontianak Heboh dengan Munculnya Buaya Muara di Selokan Tim BKSDA Kalbar mengamankan buaya yang tersesat di selokan rumah warga. (IDN Times/BKSDA Kalbar).

Buaya muara yang memasuki pemukiman warga di Kompleks Griya Atika ini berukuran sekitar 2 meter, dan berat sekitar 30 kilogram. Warga sekitar, Darwin Dolok menyebutkan, buaya tersebut bisa masuk ke selokan rumah warga tersebut kemungkinan karena terjebak setelah memasuki saluran.

Saat ini buaya muara (Crocodylus Porosus) ini telah diamankan oleh BKSDA Kalbar untuk dilakukan pengecekan, serta pemantauan kesehatan buaya. Buaya tersebut juga akan dilakukan pelepasliaran di habitat alamnya yang aman untuk satwa, dan aman dari pemukiman.

3. Buaya dalam keadaan sehat, dan akan dilepasliarkan

Warga Pontianak Heboh dengan Munculnya Buaya Muara di Selokan Buaya muara tersebut dalam keadaan sehat, dan cukup liar. (IDN Times/BKSDA Kalbar).

Ketua WRU BKSDA Kalbar menyebutkan, buaya tersebut saat diperiksa dalam keadaan sehat dan cukup liar. Setelah dikoordinasikan dengan pihak terkait, buaya tersebut sudah dapat dilepasliarkan.

“Tadi malam setelah berkoordinasi dengan Kadus Parit Keladi, buaya tersebut di lepasliarkan ke lokasi yang menjadi habitat alaminya pukul 19.00 WIB,” ucapnya.

Atas peristiwa ini, pihaknya memberikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada masyarakat, Lurah Sungai Jawi, Bhabinkamtibmas, Polsek Pontianak Kota yang telah berpartisipasi dalam penyelamatan buaya tersebut.

“Sosialisasi, penyadartahuan dan pemasangan plang peringatan akan terus dilakukan oleh BKSDA Kalbar sebagai salah satu upaya preventif dalam menghadapi hal-hal seperti ini,” tukasnya.

Baca Juga: Temukan Prostitusi Anak, 3 Hotel di Pontianak Didenda Rp15 Juta

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya