Enam Kilometer Jalur Pendekat Jembatan Pulau Balang Belum Tuntas

Pengerjaan jalur pendekat diserahkan ke pemerintah pusat

Samarinda, IDN Times - Dibangun sejak 2007 silam akhirnya pada 31 Oktober 2020, Jembatan Pulau Balang di Penajam Paser Utara (PPU) tersambung. Penantian panjang itu pun berakhir setelah menanti selama 13 tahun. Sejatinya jembatan ini bakal menghubungkan warga Balikpapan dengan PPU lewat jalur darat, sehingga tak perlu melalui laut lagi. Meski demikian, masih ada segmen yang belum selesai.

“Ada sekitar 6 kilometer jalan pendekat dari jalur PPU belum selesai tahun ini, khususnya untuk satu jalur,” ujar Lisa Hasliana, kepala Biro Infrastruktur dan  Sumber Daya Alam (SDA) Setprov Kaltim seperti dilansir dari rilis Pemprov Kaltim pada Kamis (9/11/2020) petang.

1. Masih ada jalan pendekat dari sisi PPU belum selesai

Enam Kilometer Jalur Pendekat Jembatan Pulau Balang Belum Tuntas(Foto hanya ilustrasi) Jembatan Pulau Balang segera terkoneksi tinggal pekerjaan segmen main closure 6 meter tengah jembatan (IDN Times/Istimewa)

Fakta itu sesuai dari hasil monitoring dan evaluasi Pemprov Kaltim yang dipimpin Lisa Hasliana didampingi kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kaltim Ismiati dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim Arih Franata Filifus Sembiring. Nantinya proses penyelesaian jalan pendekat itu bakal dituntaskan oleh pemerintah pusat.

“Pemprov Kaltim dengan senang hati bila pemerintah pusat melanjutkan pembangunan,” imbuhnya.

Baca Juga: Jembatan Pulau Balang, Sentilan Bupati hingga Komentar Lucu Warga

2. Penyelesaian jalan pendekat bakal diserahkan ke pusat

Enam Kilometer Jalur Pendekat Jembatan Pulau Balang Belum TuntasJembatan Pulau Balang tersambung (IDN Times/Istimewa)

Dia menyebut, hasil evaluasi di lapangan ini bakal disampaikan ke Gubernur Kaltim Isran Noor. Besar harapan pemerintah pusat ambil bagian dalam proyek penyelesaian jalan pendekat tersebut, apalagi ini masuk Proyek Strategis Nasional (PSN), sangat wajar jika diselesaikan pusat. Sedangkan, proses pembebasan lahannya yang belum tuntas, pemprov bisa turut serta.

“Siap membantu penyelesaian izin maupun kebutuhan lainnya dengan beban biaya pusat yang menanggung,” imbuhnya.

3. Jembatan Pulau Balang bakal menjadi gerbang utama IKN baru

Enam Kilometer Jalur Pendekat Jembatan Pulau Balang Belum TuntasSeorang pekerja menunjukan pekerjaan terakhir jembatan Pulau Balang (IDN Times/Istimewa)

Ke depannya, Jembatan Pulau Balang ini bakal menjadi penghubung jaringan jalan nasional antara Kaltim dan Kalsel. Tak hanya itu,  kata Lisa jembatan ini juga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Jembatan tersebut panjang 804 meter, lebar 17,5 meter dengan 4 lajur dan tinggi pylon 113,1 meter.

“Terakhir tentu menjadi gerbang utama ibu kota negara (IKN),” pungkasnya.

Baca Juga: Jembatan Pulau Balang Tersambung, Warga di PPU Beri Komentar Lucu

Topik:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya