TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi Diarak dari Balikpapan ke IKN

Persiapan HUR RI di IKN

Kirab Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (10/8/2024), Sabtu (10/8/2024). (IDN Times/Hilmansyah).

Balikpapan, IDN Times - Kirab Duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (10/8/2024) pukul 12.50 WIB. Kedatangan ini merupakan bagian dari rangkaian acara menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI.

Pesawat Boeing 737-800 milik TNI Angkatan Udara (AU) dengan nomor A-7305 membawa duplikat bendera dan teks proklamasi. Di bandara, kedatangan mereka disambut oleh enam orang pasukan kehormatan, 40 orang Purna Paskibraka, 24 duta wisata berpakaian adat, dan 12 penari rebana.

Duplikat Bendera Merah Putih dibawa oleh Naila Aulita Alqubra Sinapoy dari Banten, sementara Teks Proklamasi dibawa oleh Lilly Wenda dari Papua Pegunungan. Keduanya kemudian menaiki mobil Maung buatan Pindad untuk dibawa ke IKN, di mana bendera akan dikibarkan dan teks proklamasi dibacakan pada HUT ke-79 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2024.

1. Momentum bersejarah bagi Kalimantan Timur

Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, dan Kapolda Kaltim turut menyambut kirab tersebut. “Penyambutan ini membuktikan Kaltim siap melaksanakan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN Nusantara,” ujar Akmal Malik.

Akmal menambahkan bahwa acara ini menjadi momen penting yang menunjukkan dukungan Kaltim terhadap pelaksanaan HUT RI di IKN. "Kedatangan duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi ini merupakan sejarah bagi Kaltim, di mana negara memberikan perhatian khusus kepada Kaltim sebagai Ibu Kota Negara Nusantara," tambahnya.

Baca Juga: KPK Geledah Ruko di Kompleks Elite Balikpapan Baru

2. Pengamanan melibatkan 200 personel

Kapendam VI Mulawarman Kolonel Kav Kristianto menjelaskan, bahwa setelah prosesi protokoler di Bandara SAMS Sepinggan, bendera dan teks proklamasi akan dibawa ke IKN melalui Jalur Tol Balikpapan-IKN. Rute ini melintasi Jalan Tol Manggar, Jalan Soekarno-Hatta Km 13, dan Jembatan Pulau Balang, hingga mencapai Sumbu Barat IKN dan berhenti di depan Istana Negara.

“Sebanyak 3.000 pelajar dan warga turut memeriahkan kirab di sepanjang jalan yang akan dilalui iring-iringan,” jelas Kristianto.

Pengamanan kirab melibatkan unsur Pomdam VI Mulawarman, Paspampres, dan Polda Kaltim. “Terdapat sekitar 20 kendaraan yang mengiringi, dan sepanjang rute juga disiagakan petugas, dengan total pengamanan sekitar 200 personel,” tambahnya.

Berita Terkini Lainnya