13 Atlet Panahan PPU Mempersiapkan Diri Hadapi Kejuaran Kaltim 2023

Berharap lolos seleksi Kejurnas Junior dan Pra PON

Penajam, IDN Times - Sebanyak 13 atlet panahan belia asal Club X Archery Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) mempersiapkan diri dalam kejuaraan panahan Kaltim tahun 2023. Mereka akan memperebutkan piala Bepeka Archery Indonesia dan piala Gubernur Kaltim.  

Para atlet kini difokuskan berlatih, karena dalam waktu dekat yakni 3 - 9 Juli 2023, mereka bakal bertanding di kejuaraan tersebut. Kejuaraan ini rencananya digelar di Lapangan Hockey Kadrie Oening Sempaja, Kota Samarinda.

“Untuk event piala gubernur kali ini kami memang tidak menargetkan banyaknya medali. Tetapi dengan persiapan latihan yang dilakukan, saya tetap yakin dan berharap ada yang lolos pada seleksi Kejurnas Junior dan juga seleksi Pra PON tahap I tersebut,” ujar Ketua Club X Archery PPU, Anwar kepada IDN Times, Selasa (27/6/2023) saat ditemui di sela-sela latihan, di Penajam. 

1. Raih medali emas di Porprov dan kejurnas senior

13 Atlet Panahan PPU Mempersiapkan Diri Hadapi Kejuaran Kaltim 2023Para atlet panahan belia asal PPU berlatih hadapi kejuaran Kaltim 2023 (IDN Times/Ervan)

Apalagi, sambungnya, Club X Archery PPU ini adalah newbie atau pemula dalam dunia panahan di Kaltim. Di mana baru berdiri pada Desember 2019 lalu di kabupaten PPU. Namun demikian, prestasi atlet yang tergabung dalam club ini juga dapat diperhitungkan.

“Kami telah berhasil meraih medali emas pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim ke VI dan Kejurnas Senior beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

Ia menerangkan, selama ini para atlet telah giat berlatih dengan sungguh-sungguh, guna  melatih mental tanding mereka. Bahkan, pihaknya juga pada minggu lalu telah menyelenggarakan pertandingan persahabatan.

“Pertandingan itu kami lakukan untuk membentuk mental bertanding para atlet, tetapi hanya antar-club atau internal scoring Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) PPU dengan hasil yang sangat memuaskan,” sebut Anwar.

Baca Juga: Libur Panjang, Beberapa SKPD PPU Tetap Layani Masyarakat

2. Berharap sumbangkan prestasi untuk PPU

13 Atlet Panahan PPU Mempersiapkan Diri Hadapi Kejuaran Kaltim 2023Dua atlet panahan belia putra dan putri asal PPU berlatih hadapi kejuaran Kaltim 2023 (IDN Times/Ervan)

Untuk diketahui, sambungnya, kelas atau kategori tanding dalam kejuaraan panahan Piala Gubernur Kaltim dan Piala Bepeka Archery Indonesia 2023 antara lain, kelas pemula 5 meter, kelas 10 meter, kelas 20 meter dan kelas 30 meter. 

“Kami berharap atlet panahan asal kabupaten ini, khususnya yang tergabung dalam Club X Archery PPU, mampu menyumbangkan prestasi bagi daerah kita,” harapnya.

Sementara itu, Ariza Muhammad Faeyza Akbar, salah satu atlet panahan pemula berusia delapan tahun yang juga anggota club X Archery PPU, mengaku bangga bisa menjadi atlet panahan PPU, dan rutin mengikuti latihan yang dilaksanakan agar dapat meraih prestasi.

“Saya senang bisa ikut olahraga panahan ini. Mudah-mudahan bisa menjadi juara,” tegas atlet yang masih duduk di kelas tiga Sekolah Dasar (SD) ini.

3. Kejuaran jadi motivasi penyemangat seluruh atlet

13 Atlet Panahan PPU Mempersiapkan Diri Hadapi Kejuaran Kaltim 2023IDN Times/Indah Permata Sari

Julisa, orang tua Ariza Muhammad Faeyza Akbar merasa senang dan bangga karena putranya suka dengan olahraga panahan ini. Terbukti walaupun dengan perlengkapan yang masih seadanya, namun kata Julisa, anaknya itu penuh semangat dalam mengikuti setiap latihan yang dilaksanakan. Memang anaknya belum menorehkan prestasi, namun saat uji coba melalui pertandingan persahabatan, hasilnya cukup baik. 

“Saya berharap melalui kejuaran Piala Gubernur Kaltim dan Piala Bepeka Archery Indonesia 2023 nanti, dapat menjadi motivasi penyemangat anak saya dan seluruh atlet,” pungkasnya.

Baca Juga: BPBD PPU Siapkan Personel dan Peralatan untuk Antisipasi Karhutla

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya