ASN Ibu Kota Mulai Mencoba Sensasi Bekerja di IKN

Mereka juga menginap di hunian pekerja konstruksi

Penajam, IDN Times - Sedikitnya 22 Aparatur Sipil Negara (ASN) pusat dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) untuk pertama kali merasakan sensasi bekerja di Ibu Kota Nusantara (IKN). Kegiatan Work From IKN (WFI) ini memberikan gambaran suasana bekerja dari IKN.

Kegiatan kerja pertama kali para ASN itu dilaksanakan pada Rabu (22/11/2023) hingga Kamis (24/11/2023) di kawasan Nusantara, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim). Selain merasakan atmosfer bekerja di Nusantara, para peserta juga bermalam di Hunian Pekerja Konstruksi (HPK).

“Kegiatan ini diinisiasi untuk memberikan gambaran kepada para ASN yang akan pindah ke IKN terkait suasana dan progres pembangunan dengan merasakan dan melihatnya secara langsung,” ujar Wakil Kepala Otorita IKN, Dhony Rahajoe saat membuka WFI, Rabu (23/11/2023).

1. Bangun ekosistem

ASN Ibu Kota Mulai Mencoba Sensasi Bekerja di IKNWakil Kepala Otorita IKN, Dhony Rahajoe saat membuka WFI (IDN Times/Ervan)

Dalam membangun sebuah kota, lanjutnya, tidak hanya bangunan fisiknya saja, tetapi juga ekosistem dan kebahagiaan penghuninya. Terutama ASN sebagai masyarakat yang akan pindah pertama kali ke Nusantara.

“Kita ingin menunjukkan kalau Nusantara merupakan kota yang menyenangkan untuk ditinggali karena sudah ada ekosistem yang dibangun. Sehingga ketika ASN pindah nanti, mereka tidak perlu khawatir, terutama terkait layanan dasar,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Perencanaan, Organisasi, dan Kerja Sama Otorita IKN, IGA Krisna Murti RS, mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran ASN terkait progres pembangunan Nusantara beserta berbagai fasilitas yang tersedia.

“Walaupun sekarang fasilitasnya masih seadanya, tapi kami mencoba untuk menumbuhkan kesadaran bagi para ASN bahwa ini IKN nyata, bukan mimpi lagi,” tukasnya.

Baca Juga: RUU IKN Mengatur tentang Penghapusaan Pulau Balang dari IKN

2. Atmosfer kerja di IKN

ASN Ibu Kota Mulai Mencoba Sensasi Bekerja di IKNSejumlah ASN Bappenas pertama kali merasakan atmosfer bekerja di IKN. Foto Humas OIKN (IDN Times/Ervan)

Bagaimanapun juga, katanya, perpindahan ASN itu akan terjadi tapi setidaknya saat ini mereka sudah merasakan atmosfer bekerja di Nusantara. Dan kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin yang diadakan oleh Otorita IKN.

Harapannya agar lebih banyak lagi ASN dari berbagai Kementerian atau Lembaga (K/L) negara bisa merasakan atmosfer bekerja di Nusantara. Mereka juga sekaligus menyaksikan langsung progres pembangunannya.

“Semoga kegiatan ini berkesan dan informasinya bermanfaat bagi teman-teman ASN K/L yang ikut,” ucap Krisna.

3. Berharap IKN terwujud sesuai rencana

ASN Ibu Kota Mulai Mencoba Sensasi Bekerja di IKNProses pembangunan perkantoran Kementerian dan Lembaga negara di IKN (IDN Times/Ervan)

Terpisah, seorang ASN peserta WFI asal Kemenkeu, Devi mengaku merupakan pengalaman baru baginya berpartisipasi dalam kegiatan ini. Ketika masuk, ia dan ASN lainnya melihat sudah ada plang-plang untuk bangunan tiap kementerian dan lembaga lainnya.

“Kami berharap agar pembangunan IKN bisa terwujud sesuai rencana dan semua fasilitas dapat tersedia dengan baik. Selain itu, Nusantara bisa tumbuh menjadi kota yang besar, mungkin lebih besar dan lebih baik dari Jakarta,” ujar Devi.

Hal serupa juga disampaikan ASN salah satu peserta WFI dari Kementerian PPN/Bappenas bernama Galih. Ia merasa senang dengan pengalaman barunya ini. Meskipun dirinya sudah beberapa kali berkunjung ke Nusantara, namun baru kali ini bisa merasakan atmosfer bekerja sebagaimana biasanya kerja di Jakarta.

“Ini pengalaman baru yang akan menjadi hal terpenting dalam persiapan perpindahan Ibu Kota Negara kesini Nusantara. Sekalian adaptasi juga untuk menyiapkan diri sendiri,” pungkasnya.

Baca Juga: Kawal IKN, Millennial dan Gen Z Balikpapan Bentuk IKN Youth Forum

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya