Bambang Susantono Peroleh Rekor MURI untuk Konsep Forest City

karena konsep forest city pertama dunia

Penajam, IDN Times – Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara atau IKN, Bambang Susantono dianugerahi piagam penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), Kamis (13/07/2023) di Galeri MURI, Jakarta.

Penghargaan yang istimewa karena diberikan kepada pemimpin ibu kota Indonesia bernama nusantara ini karena memiliki konsep forest city atau kota hutan dan pertama kali di dunia. 

“Peran ini merupakan kesempatan untuk memberikan yang terbaik, tidak hanya untuk bangsa Indonesia tapi seluruh dunia, sehingga piagam penghargaan kami berikan kepadanya sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara karena konsep forest city pertama di dunia,” ucap Ketua Umum MURI Jaya Suprana, di sela-sela penganugerahan piagam Muri.

Baca Juga: BNNP Kaltim Ungkap Transaksi Narkotika di Salah Satu Kafe di Samarinda

Baca Juga: Gubernur Kaltim Sebut Sinode di Indonesia Paling Banyak di Kaltim

1. Sebagai suatu pemacu dan pemicu OIKN

Bambang Susantono Peroleh Rekor MURI untuk Konsep Forest CityKawasan IKN di Kecamatan Sepaku Penajam Paser Utara (IDN Times/Ervan)

Sementara itu, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Bambang Susantono mengungkapkan, bahwa penganugerahan penghargaan ini merupakan salah satu wujud dukungan masyarakat terhadap upaya Ibu Kota Nusantara untuk membangun kota di tengah hutan tanpa merusak ekosistem di dalamnya.

“Saya memaknai apa yang diberikan kepada saya hari ini sebagai suatu pemacu dan pemicu untuk kami semua di Otorita Ibu Kota Nusantara agar bisa mewujudkan Ibu Kota Nusantara sebagai kota yang liveable dan loveable,” ujar Bambang.

2. Program Otorita IKN selalu jadi yang pertama

Bambang Susantono Peroleh Rekor MURI untuk Konsep Forest CityKepala Otorita IKN Bambang Susantono saat paparkan konsep forest city pada Jaya Suprana. Foto Tim Komunikasi OIKN (IDN Times/Ervan)

Kedepannya, sambung Bambang, bakal ada lebih banyak lagi penghargaan yang diperoleh dan dapatkan. Dari berbagai program Otorita Ibu Kota Nusantara selalu menjadi yang pertama.

"Termasuk sebagai kota pertama akan diakui dunia mempunyai peta jalan yang jelas untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs)," sebutnya.

Sebagai kota pertama yang dibangun di tengah hutan, Bambang menyatakan bahwa Ibu Kota Nusantara akan terus menciptakan rekor sebagai kota pertama. Karena pihaknya selalu mengusung program-program untuk menjaga keanekaragaman hayati di hutan Kalimantan dan kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

3. Semoga pembangunan berjalan sesuai rencana

Bambang Susantono Peroleh Rekor MURI untuk Konsep Forest CityKetua Umum MURI Jaya Suprana menyerahkan penghargaan MURI Kepala Otorita IKN Bambang Susantono. Foto Tim Komunikasi OIKN (IDN Times/Ervan)

“Semoga pembangunan dapat berjalan sesuai rencana. Dan diharapkan bisa melaporkan setiap progress yang terjadi sebagai syarat bahwa Ibu Kota Nusantara itu dibangun dengan memenuhi kebutuhan alam dan masyarakat sekitar,” pungkas Jaya.

Diterangkannya, Nusantara adalah Ibu Kota Negara Indonesia di masa depan, yang ditetapkan dan diatur oleh Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022. Dimana lokasinya terletak di pesisir timur Pulau Kalimantan, memiliki luas hampir empat kali Jakarta, yaitu kurang lebih 256.142 hektare, wilayah laut seluas 68.189 hektar.

Nusantara akan mengubah orientasi pembangunan menjadi Indonesia-sentris berfungsi mempercepat transformasi ekonomi negara. Sementara itu, OIKN merupakan otoritas selaku pengelola dan mengatur Nusantara, merupakan lembaga setingkat kementerian dibentuk Pemerintah Indonesia.

“OIKN bekerja langsung di bawah bapak Presiden RI. Kami bertugas sebagai pendukung persiapan, pembangunan dan pemindahan ibu kota negara ke Nusantara,” pungkas Bambang.

Topik:

  • Silfa Humairah Utami

Berita Terkini Lainnya