Informasi Lowongan Pekerjaan di PPU Dianggap Belum Maksimal 

Perusahaan belum gunakan anjungan siap kerja

Penajam, IDN Times - Informasi lowongan pekerjaan dianggap belum maksimal ada di loker Anjungan Siap Kerja di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Termasuk pula loker disediakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Penajam Paser Utara (PPU) di Kalimantan Timur (Kaltim). 

Mereka ini nantinya yang dipergunakan untuk mengisi tenaga kerja di IKN Nusantara dan lokal PPU.

“Sekarang ini tergantung lowongan, namun sementara ini memang belum maksimal informasi lowongan tenaga kerja itu, baik di Anjungan Siap Kerja IKN Nusantara maupun di Disnakertrans PPU sendiri,” ujar Kepala Bidang Penempatan Disnakertrans PPU Abdul Muhid kepada IDN Times, Senin (26/12/2022) di Penajam. 

1. Permintaan tenaga kerja di IKN meningkat 2023

Informasi Lowongan Pekerjaan di PPU Dianggap Belum Maksimal ilustrasi lowongan kerja (IDN Times/Nathan Manaloe)

Abdul Muhid memprediksi, akan ada peningkatan permintaan tenaga kerja di IKN pada 2023. Terkait peningkatan aktivitas proyek di IKN. 

“Ini  yang menjadi kendala Disnakertrans PPU serta Anjungan Siap Kerja di IKN yang berada di bawah Kemenaker RI, karena perusahaan belum memahami fasilitas telah disiapkan pemerintah itu, akibatnya mereka tidak mengupload lowongan kerja kebutuhan mereka,” sebutnya.

Hal ini wajar, karena menurutnya, Anjungan Siap Kerja kan baru saja diadakan oleh pemerintah. Sehingga masih banyak perusahaan yang belum memahami fasilitas itu.

Baca Juga: Warga Pesisir PPU Diminta Waspada Ancaman Cuaca Ekstrem

2. Disnakertrans PPU siapkan SDM melalui pelatihan-pelatihan

Informasi Lowongan Pekerjaan di PPU Dianggap Belum Maksimal Abdul Muhid (IDN Times/Ervan)

Sementara itu, Disnakertrans PPU akan menyiapkan sumber daya manusia pencari kerja lewat sejumlah pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Samarinda. Seperti pelatihan alat berat dan menjahit yang mempergunakan alokasi kas PPU 2022 ini. 

"Untuk pelatihan sumber dananya dari APBN juga ada, tetapi itu langsung diselenggarakan oleh BLK sendiri,” paparnya. 

Ia yakin, keberadaan Anjungan Siap Kerja akan memberikan berdampak positif bagi warga PPU. Semua informasi baik lowongan pekerjaan, pelatihan-pelatihan hingga permodalan semua berada dalam aplikasi Anjungan Siap Kerja itu.

Sementara itu, lanjutnya, terkait dengan kegiatan usaha hingga permodalan masuk dalam konten Bizhub. 

3. Informasi lowongan kerja IKN bisa diakses melalui internet

Informasi Lowongan Pekerjaan di PPU Dianggap Belum Maksimal ilustrasi pencari kerja (jobseeker) (IDN Times/Aditya Pratama)

Akses lowongan kerja di PPU sebenarnya juga bisa diakses lewat internet. 

“Sebetulnya masyarakat tidak perlu lagi datang ke Disnakertrans, karena kini sudah ada aplikasi internet yang dengan mudah diakses di mana saja, guna mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dan pelatihan,” ungkapnya.

Jadi masyarakat cukup mengetik https://siapkerja.kemnaker.go.id/ atau ketik di internet siap kerja saja sudah mendapatkan informasi. Tetapi nanti harus  mendaftar atau registrasi lebih dahulu menggunakan akun pribadi. 

Tetapi ke depan rencananya akan dikoneksikan hingga ke Kecamatan Penajam, Waru dan Kecamatan Babulu. Jadi, nanti informasi lowongan atau loker kerja, pelatihan-pelatihan dan permodalan serta lainnya, dapat diketahui melalui satu di aplikasi Anjungan Siap Kerja tadi.

“Memang sekarang aplikasi itu telah berfungsi, tetapi khusus lowongan pekerjaan di kawasan IKN Nusantara tidak tersedia, karena belum diupload oleh perusahaan,” pungkasnya.

Baca Juga: Liburan Nataru, Polres PPU Antisipasi Wisatawan di Titik Nol IKN

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya