Lagi, Dua Pasien Positif COVID-19 Penajam Paser Utara Meninggal Dunia

Pasien status positif capai 105 orang

Penajam, IDN Times - Perkembangan kasus COVID-19 di Penajam Paser Utara (PPU) dua orang pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dinyatakan meninggal dunia. Hasil swab pasien dinyatakan positif dengan komorbid.

"Ada dua orang positif meninggal dimana awalnya berstatus suspek COVID-19 dan belakangan hasil swab-nya baru diketahui positif COVID-19," ujar Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten PPU, dr. Jansje Grace Makisurat kepada IDN Times, Minggu (14/2/2021) di Penajam.

1. Dua pasien konfirmasi positif meninggal tersebut yakni PPU 779 dan PPU 780

Lagi, Dua Pasien Positif COVID-19 Penajam Paser Utara Meninggal DuniaIlustrasi Mobil jenazah (IDN Times/Lia Hutasoit)

Dibeberkannya, dua pasien positif meninggal tersebut yakni PPU 779 laki-laki usia 59 tahun tinggal di Desa Telemow, Kecamatan Sepaku. Ia meninggal pada Jumat (12/2/2021) sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung (RAPB) PPU.

Kemudian PPU 780 perempuan umur 44 tahun alamat Desa Babulu Darat, Kecamatan Babulu. Pasien meninggal Sabtu (13/2/2021) sekitar pukul 09.24 Wita dalam perawatan medis di RSUD PPU.

"Hasil swab baru diketahui hari ini dengan hasil positif COVID-19, setelah pasien meninggal. Keduanya dimakamkan di pemakaman terpadu Nenang dengan protokol COVID-19," sebut Grace.

Baca Juga: Pasien COVID-19 Warga Petung, Penajam Paser Utara Meninggal Dunia

2. Tambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 baru berjumlah 17 orang

Lagi, Dua Pasien Positif COVID-19 Penajam Paser Utara Meninggal Duniadr. Jansje Grace Makisurat (IDN Times Ervan Masbanjar)

Ia menambahkan, hari ini juga ada tambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 baru berjumlah 17 orang. Dua diantaranya adalah pasien positif yang telah meninggal PPU 779 dan PPU 780 namun hasil swabnya baru saja diketahui.

Pasien baru ini dikarantina bagi mereka tanpa gejala atau bergejala ringan, sementara positif bergejala berat dirawat secara medis di rumah sakit.

"17 Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 hari Minggu ini berkode PPU 770 hingga PPU 786. Pasien positif hari ini didominasi warga asal Kecamatan Penajam, rata-rata mereka melaksanakan isolasi mandiri di lokasi karantina terpadu Rumas Susun Sewa (Rusunawa) Penajam," urainya.

3. Dari 17 pasien positif baru ini, terdapat dua pasien klaster keluarga

Lagi, Dua Pasien Positif COVID-19 Penajam Paser Utara Meninggal DuniaBahaya Klaster Keluarga (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain itu, bebernya dari 17 pasien positif baru terdapat dua pasien yang masuk dalam klaster keluarga.

"Pasien yang masuk klaster keluarga tersebut yakni berkode PPU 772 laki-laki usia tujuh tahun dan ibunya PPU 773, perempuan usia 32 tahun beralamat di Kelurahan Sungai Parit, Kecamatan Penajam. Mereka kini menjalani isolasi di Rusunawam Penajam," ungkapnya.

Sementara itu, jelasnya, hari ini ada dua pasien selesai isolasi atau sembuh. Selain itu juga ada penambahan 10 kasus suspek COVID-19, sehingga total keseluruhan suspek 2.219 kasus.

"Update kasus per Minggu hari ini jumlah keseluruhan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 786 kasus dengan perincian kasus konfirmasi swab positif selesai isolasi sejumlah 651 kasus. Positif meninggal 30 kasus, pasien berstatus positif 105 orang dimana sebanyak 78 pasien lakukan isolasi mandiri dan 27 orang dirawat di rumah sakit," pungkasnya.

Baca Juga: Tiga Hari Hilang, Warga Waru PPU Ditemukan Selamat

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya