OIKN Beri Motivasi Atlet Junior di Sekolah Khusus Olahragawan

Akan jadi atlet berprestasi di masa mendatang

Penajam, IDN Times - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) melalui Kedeputian Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat atau Sosbudpemas memberikan motivasi kepada para atlet junior andal di Sekolah Khusus Olahragawan Internasional (SKOI) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Motivasi itu diberikan sebagai salah satu upaya melaksanakan program Kedeputian Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat bidang pemberdayaan masyarakat lokal di wilayah IKN dan sekitarnya di Kaltim.

“Kami di Otorita, memberikan motivasi kepada atlet-atlet adal junior di Kaltim, di mana kini mereka sedang menimba ilmu di Sekolah Khusus Olahragawan Internasional atau SKOI Kaltim  samarinda,” tutur Deputi Sosbudpemas Otorita Ibu Kota Nusantara, Alimuddin, kepada IDN Times, Selasa (8/8/2023).

1. Dalam rangka persiapan POPNAS tahun 2023

OIKN Beri Motivasi Atlet Junior di Sekolah Khusus OlahragawanDeputi Alimuddin berikan souvenir kepada pelajar berpertasi dididik di SKOI Samarinda. Foto Sosbudpemas OIKN (IDN Times/Ervan)

Ia menuturkan, selain sebagai bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi pemberdayaan masyarakat, motivasi yang diberikan juga dalam rangka persiapan mereka mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) tahun 2023 ini. Sekaligus beberapa event atau kegiatan yang masuk dalam kategori pra Pekan Olahraga Nasional (pra PON).

“Kita berharap kehadiran kami di tengah-tengah mereka, mampu menjadi motivasi dalam meningkatkan semangat juang mereka dalam meraih prestasi,” tuturnya.

Alimuddin mengatakan bahwa secara khusus dirinya pada Senin pagi (7/8/2023) telah mendatangi SKOI. Ia didaulat menjadi pembina upacara bendera para pelajar yang kini sedang dididik menjadi atlet berprestasi.  

Baca Juga: OIKN Bertekad Turut Terkoneksi Gerakan Global Tujuan SDGs

2. Jadi atlet berprestasi di Ibu Kota Nusantara

OIKN Beri Motivasi Atlet Junior di Sekolah Khusus OlahragawanDeputi Alimuddin didaulat jadi pembina Upacara bendera di SKOI. Foto Sosbudpemas OIKN (IDN Times/Ervan)

Ia mengungkapkan, Otorita Ibu Kota Nusantara tentu merasa bangga kepada mereka dan suatu ketika mereka menjadi atlet-atlet berprestasi di Ibu Kota Nusantara. Karena di usia mereka sekarang ini memang perlu diberikan perhatian khusus.

“Pasti Otorita Ibu Kota Nusantara bakal memberikan kontribusi kepada mereka dan tentu mereka juga akan berikan kontribusi positif terhadap pembangunan olahraga Kalim dan khususnya di Ibu Kota Nusantara,” tegasnya.

Ia menerangkan, kedepan semua mengetahui jika di Ibu Kota Nusantara akan terbentuk semacam wadah bagi atlet yang berprestasi. Misalnya seperti Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan tentu terbentuk pula cabang-cabang olahraganya, mirip dengan pemerintah provinsi yang lain di Indonesia.

“Mereka merupakan putra-putri terbaik yang berasal dari kabupaten kota yang didik secara profesional di Sekolah Khusus Olahragawan Internasional. Kita berharap akan lahir atlet-atlet tingkat nasional maupun internasional,” tegas Alimuddin.

3. Tentang sekolah khusus olahragawan

OIKN Beri Motivasi Atlet Junior di Sekolah Khusus OlahragawanDeputi Alimuddin berikan souvenir kepada pelajar berpertasi dididik di SKOI Samarinda. Foto Sosbudpemas OIKN (IDN Times/Ervan)

Alimuddin membeberkan, Sekolah Khusus Olahragawan Internasional Kaltim didirikan serta diresmikan pada 31 Januari 2011 silam oleh Agung Laksono kala itu menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) RI didampingi Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, berupa penandatanganan prasasti peresmian, sebagai wadah pembinaan dan pendidikan olahragawan pelajar berprestasi di Kaltim khususnya dan nasional umumnya.

“Kelembagaan Sekolah Khusus Olahragawan Internasional Kaltim berada di bawah naungan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltim. Di mana peserta didiknya adalah putra dan putri berprestasi dalam bidang olahraga berasal dari kabupaten atau kota se Kaltim,” pungkas Alimuddin. 

Baca Juga: OIKN Goes to Campus Kerja Sama dengan Universitas Mulawarman

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya