Pj Bupati PPU Optimis Wilayahnya Mampu Bersaing dengan Balikpapan

Seluruh perangkat daerah diminta saling kerja sama

Penajam, IDN Times - Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun menyemangati warganya agar tidak jadi penonton di daerah sendiri. Di tengah pembangunan Ibukota Nusantara (IKN) yang berada di Kalimantan Timur (Kaltim). 

“Potensi daerah yang bisa dikembangkan lebih jauh. Bahkan, jika dibangun dengan sungguh-sungguh,” ujarnya di sela-sela memimpin apel pagi di lingkungan Sekretariat Daerah PPU, Senin (23/10/2023). 

1. Bersaing dengan Balikpapan

Pj Bupati PPU Optimis Wilayahnya Mampu Bersaing dengan BalikpapanGapura pintu masuk kabupaten Penajam Paser Utara yang berslogan "Serambi Nusantara" (IDN Times/Ervan)

Makmur mengatakan, masyarakat PPU harus percaya diri dengan daerahnya ini. Ia memperkirakan ke depan PPU bisa mengalahkan Balikpapan saat mampu mengelola potensi daerah dengan baik. 

"Bapak ibu, kita harus percaya diri dengan tempat kita. Kita bisa berbuat sesuatu untuk wilayah kita ini. Jangan sampai  menjadi penonton di daerah sendiri," tukasnya. 

Ia menambahkan, jika semua bersatu padu pasti segala sesuatunya bisa dengan mudah terwujud sebagaimana harapan bersama. 

"Ibarat sapu lidi, jika hanya satu lidi tidak ada gunanya, tetapi jika lidi bersatu pastilah luar bisa kuatnya," ucapnya. 

Baca Juga: Pemkab PPU Gelar Tes Urine Pegawai untuk Antisipasi Narkoba

2. Jangan saling jegal dan cari kesalahan orang lain

Pj Bupati PPU Optimis Wilayahnya Mampu Bersaing dengan BalikpapanPj Bupati PPU, Makmur Marbun saat memimpin apel pagi di lingkungan Pemkab PPU (IDN Times/Ervan)

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kabupaten PPU ini, juga berharap untuk kemajuan daerahnya jangan ada saling jegal dan saling mencari kesalahan orang lain. 

"Ayo semua saling support. Kalau ada yang ingin maju ayo kita support, karena dengan itu kita telah memberikan kekuatan ke mereka, " tuturnya. 

Dia juga menambahkan, bahwa dirinya hanya satu tahun menjabat di PPU. Tetapi sambung dia, apa artinya sampai 30 tahun di PPU jika tidak bisa berbuat sesuatu. 

Oleh karena itu, dirinya minta kepada seluruh perangkat daerah di Kabupaten PPU agar saling menjalin kerja sama yang baik untuk kemajuan daerah. "Ya, mungkin jika biasanya berjalan sedikit lambat, mulai saat ini langkah kita bisa dipercepat untuk kemajuan daerah kita," ajak Makmur.

3. Mulai saat ini langkah bisa dipercepat

Pj Bupati PPU Optimis Wilayahnya Mampu Bersaing dengan BalikpapanPj Bupati PPU, Makmur Marbun serahkan penghargaan (IDN Times/Ervan)

Dalam kesempatan ini Makmur bersama istrinya, Linda Romauli Siregar juga menyerahkan sejumlah penghargaan kepada pemenang lomba tingkat nasional di lingkungan Dinas Pendidikan pemuda dan olahraga (Disdikpora) PPU.  

Dari sejumlah penghargaan itu di antaranya adalah Piagam Penghargaan kepada Juara 1 Kategori Lomba Bermain sambil Bernyanyi pada Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Tingkat Nasional ke-10, Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) PPU. 

Ada juga penghargaan diberikan kepada SDN 013 sebagai sekolah Adiwiyata Mandiri Tahun 2023 dan penghargaan kepada SDN 016 PPU, SMPN 5 PPU,  dan SMAN 5 PPU sebagai sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional Tahun 2023. 

Baca Juga: Pemkab PPU Gandeng Inkoppas untuk Kendalikan Inflasi Daerah 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya