PMI Penajam Paser Utara Siapkan Relawan Bantu Tangani Wabah Corona

PMI lakukan penyemprotan disinfektan ke tempat-tempat umum

Penajam, IDN Times - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Hamdam menyatakan para relawan PMI disiapkan untuk membantu kegiatan Gugus Tugas Pencegahan Penularan COVID-19 atau virus corona di Kabupaten PPU.

"Kami telah menyiapkan seluruh relawan diluar Palang Merah Remaja (PMR) untuk membantu dan mendukung sejumlah kegiatan  Gugus Tugas Pencegahan Penularan COVID -19," ujarnya kepada IDN Times, Sabtu (21/3) di Penajam.

1. Bagian program pengurus PMI PPU untuk tingkatkan kepedulian terhadap kemanusiaan

PMI Penajam Paser Utara Siapkan Relawan Bantu Tangani Wabah CoronaKetua PMI Kabupaten PPU, H. Hamdam (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dukungan yang diberikan tersebut, lanjutnya, merupakan bagian dari program pengurus PMI PPU untuk meningkatkan kepedulian kemanusiaan membantu sesama tanpa memandang suku, agama dan tingkatan, sesuai dengan tujuh prinsip dasar gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.

Namun demikian, dalam melaksanakan tugas lapangan khususnya dalam penanganan ODP dan PDP serta suspect corona tidak dapat dilakukan oleh relawan PMI PPU.

"Saya juga telah meminta agar para relawan dalam melakukan kegiatan di lapangan untuk memperhatikan Alat Pelindung Diri (APD) yang dimiliki," tegas Hamdam yang juga menjabat Wakil Bupati PPU ini.

Baca Juga: Warga ODP Virus Corona di Penajam Bakal Polisikan Penyebar Hoaks

2. PMI PPU siapkan mobil ambulans

PMI Penajam Paser Utara Siapkan Relawan Bantu Tangani Wabah CoronaInfo grafis pencegahan penyebaran COVID-19 PMI Se Provinsi Kaltim (PMI Kaltim)

Sementara itu, PMI PPU telah menyiapkan mobil ambulans jika dibutuhkan oleh Gugus Tugas Pencegahan Penularan COVID -19 Kabupaten PPU untuk dapat dipergunakan setiap saat.

Selain itu ia berpesan kepada anggota Palang Merah Remaja (PMR) agar tetap berada di rumah saja dan menghindari berpergian.

"Saya juga meminta agar relawan PMR PMI se-PPU untuk  tetap berada di rumah  masing - masing dan mengikuti surat edaran Bupati PPU untuk belajar di rumah dan tidak keluyuran," tukasnya.

3. Relawan memantau dan membantu masyarakat agar terhindar COVID-19

PMI Penajam Paser Utara Siapkan Relawan Bantu Tangani Wabah CoronaRelawan PMI PPU saat melakukan penyemprotan disinfektan di Masjid Sepaku (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Hamdam juga meminta agar seluruh relawan terus memantau dan mengambil peran turut serta dalam membantu masyarakat terhindar dari penularan virus corona, berpedoman pada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah digariskan oleh Gugus Tugas Pencegahan Penularan Covid -19.

"Para relawan saya minta tetap mengutamakan keselamatan dan kesehatan masing-masing serta terus menjaga kekompakan," pungkasnya.

Untuk diketahui, ungkap Hamdam, relawan PMI di Kecamatan Sepaku sedang melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa tempat yang kerap dijadikan sebagai lokasi berkumpulnya masyarakat seperti rumah ibadah, terminal, dan fasilitas umum lainnya.

"Kita berharap, apa yang dilakukan oleh para relawan tersebut bermanfaat bagi masyarakat agar terhindar dari COVID-19 tersebut," tutupnya.

Baca Juga: Dua Warga Penajam Paser Utara  Ditetapkan PDP Virus Corona

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya