Polres PPU Amankan Kunker Empat Duta Besar ke IKN

Rombongan kunjungi lokasi Istana kepresidenan

Penajam, IDN Times - Puluhan personel Polres Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) mengamankan kunjungan kerja empat duta besar negara sahabat ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Desa Bumi Harapan Kecamatan Sepaku.

Mereka yakni, Duta Besar Australia Penny Williams, Duta Besar Meksiko Armando Gonzalo Alvarez Reina, Kuasa Usaha Ad-Interim (KUAI) Kedutaan Besar Turki Omer Orhun Celikol, dan Minister Counsellor Korea Selatan Lee Kee Sung.

“Mengamankan jalannya kunker duta besar dari empat negara sahabat yaitu duta besar Australia, Meksiko, Turki dan Korea Selatan atau MIKTA G20 termasuk rombongannya ke IKN,” kata Kapolres Penajam Paser Utara AKBP Hendrik Eka Bahalwan melalui Kapolsek Sepaku AKP Kasiyono, Jumat (5/5/2023).  

1. Menjaga keamanan tamu negara

Polres PPU Amankan Kunker Empat Duta Besar ke IKNPara duta besar dan rombongan saat berada di salah satu proyek pembangunan IKN . Foto Humas Polres PPU (IDN Times/Ervan)

Ia menegaskan, tugas pengamanan yang dilakukan pihaknya memiliki maksud dan tujuan agar seluruh tamu negara yang datang ke Ibu Kota Nusantara itu tetap terjaga keamanannya begitu pula situasi kondusifitas lokasi kunjungan seluruh rombongan tersebut.    

“Rombongan kunker duta besar dari Australia, Meksiko, Turk, dan Korea Selatan itu disambut Deputi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN, Myrna Asnawati Safitri dan sejumlah pejabat antara lain, dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kasat kerja Bendungan Sepaku-Semoi dan hadir pula Kasat Sabhara Polres PPU, AKP Gunadi termasuk kami dari Polsek Sepaku,” tuturnya.

Ia mengatakan, dalam kunker rombongan empat duta besar tersebut pertama kali mendatangi titik nol Ibu Kota Nusantara, lalu mereka mendapat pemaparan di pendopo titik nol IKN Nusantara Oleh Myrna Asnawati Safitri.

Baca Juga: Masyarakat PPU Diminta Waspada tentang Ancaman Buaya 

2. Beberkan pembangunan Ibu Kota Nusantara

Polres PPU Amankan Kunker Empat Duta Besar ke IKNSejumlah anggota polisi nampak melakukan pengamanan di lokasi kunker rombongan empat duta besar ke IKN. Foto Humas Polres PPU (IDN Times/Ervan)

Dalam kesempatan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mempresentasikan progres pembangunan IKN. “Selain itu, dari perwakilan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat membeberkan terkait dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara,” ungkapnya. 

Usai mengikuti kegiatan di pendopo titik nol, kemudian rombongan para duta besar negara sahabat tersebut bergerak mengunjungi sumbu barat IKN. Di mana saat di lokasi itu mereka juga mendapatkan pemaparan dari PPK PUPR. 

“Rombongan para duta besar itu juga berkesempatan mengunjungi lokasi pembangunan  Istana kepresidenan, di situ mereka juga mendapatkan penjelasan dari Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kaltim Indra Saputra,” bebernya.

3. Empat duta besar kunjungi hunian pekerja IKN

Polres PPU Amankan Kunker Empat Duta Besar ke IKNSeorang anggota polisi nampak melakukan pengamanan di lokasi kunker rombongan empat duta besar ke IKN. Foto Humas Polres PPU (IDN Times/Ervan)

Selain itu juga, rombongan menyaksikan pemutaran video ilustrasi bangunan istana kepresidenan tersebut. Mereka juga mendatangi hunian pekerja konstruksi atau HPK Ibu Kota Nusantara serta lokasi proyek pembangunan Bendungan Sepaku-Semoi.

“Selama kegiatan berjalan lancar dan tanpa kendala, hingga seluruh rombongan kembali ke Kota Balikpapan untuk mengikuti kegiatan selanjutnya,” pungkas Kapolsek.

Baca Juga: Pemkab PPU Kucurkan Rp22,9 Miliar untuk Pilkada Tahun 2024

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya