PPU Kerja Sama dengan Unlam Banjarmasin dalam Tingkatkan SDM

Bidang pengembangan pendidikan

Penajam, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) menandatangani nota kesepakatan dengan Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin. Kerja sama dengan perguruan tinggi ini untuk tingkatkan sumber daya manusia (SDM) masyarakat. 

Bupati PPU Hamdam dan Rektor Unlam Ahmad Almn Bachri menandatangani MoU kerja sama di bidang pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di Kantor PPU, Sabtu (15/7/2023). 

"Kami mengapresiasi kerja sama ini. Saya juga berharap, dari kerja sama tersebut dapat memberikan manfaat yang besar bagi kemajuan pendidikan khususnya di Kabupaten PPU," kata Hamdam di sela-sela kegiatan. 

1. Seluruh OPD diminta dukungan penuh kerja sama

PPU Kerja Sama dengan Unlam Banjarmasin dalam Tingkatkan SDMKantor Bupati Penajam Paser Utara (IDN Times/Ervan)

Hamdam meminta organisasi perangkat daerat (OPD) PPU mendukung kerja sama ini. Sekaligus juga melibatkan masyarakat dalam program-program yang akan dilaksanakan nantinya.

"Dengan penandatanganan MOU ini, diharapkan kerja sama antara Universitas Lambung Mangkurat dan PPU dapat terjalin dengan baik dan berkelanjutan khususnya dalam pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di kabupaten PPU, " katanya. 

Wakil Rektor Bidang Akademik Unlam Aminuddin Prahatama Putra menambahkan, kegiatan ini merupakan bentuk silaturahmi untuk menjalin kerja sama dan mengembangkan bibit unggul SDM di PPU. 

Baca Juga: Satpol PP PPU Amankan PSK Paser yang Mencari Pelanggan secara Daring

2. Berkomitmen berikan dukungan

PPU Kerja Sama dengan Unlam Banjarmasin dalam Tingkatkan SDMGerbang Unlam Kalsel (dok fk.ulm.ac.id)

Unlam Banjarmasin, menurut Aminuddin, berkomitmen untuk memberikan dukungan dalam pengembangan kurikulum, peningkatan kompetensi guru serta ke depan memberikan beasiswa kepada siswa berprestasi dari PPU.

"Komitmen kami adalah memberikan dukungan dalam pengembangan kurikulum dan peningkatan kompetensi guru serta pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi di PPU," ungkapnya.

Unlam Banjarmasin pun membantu dalam bidang penelitian dan pengembangan potensi daerah PPU  serta memberikan pelatihan dan bimbingan teknis kepada masyarakat dalam berbagai bidang.

"Kami harapkan adanya sinergi yang kuat antara PPU dan Universitas Lambung Mangkurat, dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan masyarakat di Penajam Paser Utara," harapnya.

3. Harapkan sinergi tingkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan masyarakat

PPU Kerja Sama dengan Unlam Banjarmasin dalam Tingkatkan SDMBupati PPU, Hamdam dan Rektor Unlam, Ahmad Almn Bachri (ditengah) tunjukan nota MoU (IDN Times/Ervan)

Selain itu dengan penandatanganan MOU ini, sambung Aminuddin, diharapkan dapat terjalin kerja sama dengan baik dan berkelanjutan antara Unlam dan Pemkab PPU. 

"Kami di Universitas Lambung Mangkurat mengharapkan kerja sama dengan baik dan berkelanjutan dengan PPU," pungkasnya. 

Untuk diketahui, Pemkab PPU berupaya meningkatkan SDM masyarakatnya salah satunya guna menghadapi pindahnya Ibukota Nusantara ke Kecamatan Sepaku, kerja sama juga dilakukan dengan beberapa perguruan tinggi baik swasta maupun negeri.

Di antaranya Universitas Mulawarman Samarinda, Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung, Universitas Gadjah Mada (UGM), dan   Universitas Gunadarma Yogyakarta.

Baca Juga: Keroyok Pengunjung Kafe, Tiga Warga IKN Dibekuk Polisi di PPU 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya