Tambah Enam, Pasien Sembuh COVID-19 Penajam Paser Utara Capai 77 Orang

Satu warga dinyatakan positif

Penajam, IDN Times – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dr. Arnold Wayong mengatakan, hingga pagi ini kasus konfirmasi positif COVID-19 di PPU mengalami penambahan naik menjadi 77 pasien, karena hingga hari ini terdapat enam pasien konfirmasi positif yang dinyatakan sembuh.

“Sejak Jumat (18/9/2020) hingga hari ini  terdapat enam pasien dengan kasus konfirmasi swab positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh, sehingga jumlah pasien sembuh total sebanyak 77 kasus dari 98 kasus konfirmasi positif yang masuk dalam data Satgas Penanganan COVID-19 PPU,” ungkap Arnold kepada IDN Times, Senin (21/9/2020) di Penajam.

Baca Juga: Kasus Positif Melonjak, RS Rujukan COVID-19 di Samarinda Nyaris Penuh

1. Pasien sembuh lakukan isolasi karantina mandiri

Tambah Enam, Pasien Sembuh COVID-19 Penajam Paser Utara Capai 77 OrangJubir Satgas penanganan COVID-19 PPU, dr Arnold Wayong (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Adapun enam pasien sembuh tersebut, lanjutnya, diketahui dari informasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), dimana pada Jumat lalu ada satu pasien sembuh dengan kode PPU 78 perempuan (47) alamat Desa Girimukti, Kecamatan Penajam, pasien tanpa gejala menjalani isolasi karantina mandiri di rumahnya. Lalu pada Sabtu (19/9/2020) sore, kembali satu pasien berkode PPU 91 perempuan (55) tinggal sesuai KTP Desa Sesulu, Kecamatan Waru dinyatakan sembuh.

Kemudian pada Minggu (20/9/2020) kemarin, lanjutnya, pihaknya kembali mendapat informasi satu pasien konfirmasi positif sembuh dengan kode PPU 93, perempuan (38) warga Desa Bangun Mulyo, Kecamatan Waru.

Hari ini, ungkapnya,  terdapat tiga lagi pasien yang kembali dinyatakan sembuh. Tiga pasien tersebut, yakni PPU 38 perempuan (58) warga Penajam, Kecamatan Penajam, PPU 63 laki-laki (44) tinggal di Desa Sesulu, Kecamatan Waru merupakan seorang guru salah satu SMPN di Waru dan terakhir PPU 51, laki-laki (34) Warga Desa Girimukti, kecamatan Penajam. Seluruh pasien ini tidak menunjukan gejala sehingga melakukan isolasi karantina mandiri. 

"Untuk diketahui, PPU 91 merupakan pasien sembuh dari klaster keluarga, terpapar COVID-19 karena kontak erat dengan suaminya pasien kode PPU 74, seorang karyawan perusahaan tambang di wilayah Kutai Barat (Kubar) dan diisolasi di areal perusahaan tempat PPU 74 bekerja salama ini," tuturnya.

2. Enam pasien ini, dinyatakan sembuh setelah melalui rangkai uji sampel swab

Tambah Enam, Pasien Sembuh COVID-19 Penajam Paser Utara Capai 77 OrangPelaksanaan swab massal para pedagang Pasar Muara Rapak Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

“Enam pasien ini, dinyatakan sembuh setelah melalui rangkai uji sampel swab, untuk di uji di Unit Pelaksanaan Teknsi Dinas Laboratorium kesehatan daerah di Samarinda, dimana hasil swab ketiga pasien tersebut negatif sehingga dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing,” tambah Arnold.

Selain terdapat enam pasien yang sembuh yakni, sebutnya, juga terdapat satu pasien yang dinyatakan  positif COVID-19 setelah melalui uji sampel swab nya. Adapun pasien positif tersebut diberi kode PPU 97, seorang laki-laki (39) tinggal di Desa Gunung Mulia, Kecamatan Babulu.

“Pasien PPU 97 ini, harus menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Ratu Aji Putri Botung (RAPB) PPU karena ada komorbid atau penyakit bawaan, berupa sesak selain itu ada kontak erat dengan PPU 76 yang merupakan kerabat pasien sendiri. Ia dinyatakan positif setelah hasil rapid testnya reaktif dan uji sampel swab juga positif,” ujar Arnold.

3. Jumlah pasien konfirmasi positif yang masih jalani perawatan sisa 17 orang

Tambah Enam, Pasien Sembuh COVID-19 Penajam Paser Utara Capai 77 OrangInfografis COVID-19 PPU Senin 21-09-2020 (Dok.Satgas COVID-19 PPU)

Dikatakannya, hingga Minggu sore jumlah kasus konfirmasi positif COVID-19 total sejumlah 98 kasus. Dimana terdapat 17 pasien masih menjalani perawatan medis di RSUD PPU atau luar kabupaten PPU. Sementara pasien tanpa gejala jalani isolasi karantina mandiiri, sedangkan pasien sembuh sebanyak 77 pasien dan empat meninggal hasil swab positif.

“Untuk total jumlah kasus suspek di PPU hingga kini mencapai 1.047 dengan perincian, 120 isolasi mandiri, 927 kasus jalani perawatan di RSUD PPU dan delapan suspek meninggal dengan komorbid swab negatif. Sedangkan kasus probable COVID-19 sejumlah 188 dan ada 698 kasus discarded,” pungkasnya.

Baca Juga: Thyar, Pengembang Game yang Harumkan Nama Balikpapan ke Mancanegara

Baca Juga: Total Kasus Positif COVID-19 Kaltim Melonjak Jadi 642 Kasus

Topik:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya