Terus Naik, Kesembuhan Pasien COVID-19 PPU Tembus 90,5 Persen

Pasien positif aktif berjumlah 186 kasus

Penajam, IDN Times - Jumlah pasien dengan kasus konfirmasi swab positif COVID-19, dinyatakan selesai isolasi atau sembuh di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terus naik di mana pada hari ini telah mencapai 3.852 kasus dengan persentase 90,5 persen.

“Hari ini jumlah kasus konfirmasi swab positif dinyatakan selesai isolasi atau sembuh di PPU total sebanyak 3.852 atau 90,5 persen dengan total keseluruhan kasus secara akumulatif sejumlah 4.256 kasus. jumlah ini terus bertambah selama beberapa hari terakhir,” ujar Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 PPU dr Jansje Grace Makisurat, kepada IDN Times, Sabtu (4/9/2021). 

1. Kecamatan Sepaku dan Waru masuk zona kuning dan Babulu oranye

Terus Naik, Kesembuhan Pasien COVID-19 PPU Tembus 90,5 PersenInfo Grafis COVID-19 PPU Update 4 September 2021 (Dok. Satgas COVID-19 PPU)

Dibeberkannya, per hari ini juga ada tambahan sembilan kasus pasien selesai isolasi sehingga jumlah keseluruhan kasus mencapai 90,5 persen. Di mana kini dua wilayah Kecamatan yakni Sepaku dan Waru telah menjadi zona kuning, Kecamatan Babulu oranye. 

“Sedangkan untuk Kecamatan Penajam,  hingga kini masih bertahan di zona merah sementara Kecamatan Sepaku dan Waru zona kuning karena jumlah pasien sembuh terus bertambah dan pasien positif aktif juga berkurang. Begitu pula di Kecamatan Babulu dalam zona oranye,” jelasnya.

Baca Juga: Panen Padi Penajam Gagal, Petani Kesulitan Pasarkan Produksi

2. Hari ini terdapat penambahan delapan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 aktif

Terus Naik, Kesembuhan Pasien COVID-19 PPU Tembus 90,5 PersenIlustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Untuk update kasus per hari ini, Kepala Dinas Kesehatan PPU ini mengatakan, terdapat penambahan delapan kasus suspek COVID-19. Delapan kasus terkonfirmasi positif baru dan delapan kasus terkonfirmasi COVID-19 selesai isolasi atau sembuh.

“Dengan penambahan pasien suspek, pasien positif baru dan pasien sembuh masing-masing delapan kasus, maka total kasus keseluruhan kasus 4.256 kasus, sejak 22 Maret 2020 hingga hari ini, Sabtu, 4 September 2021, lalu pasien sembuh atau selesai isolasi berjumlah 3.852 kasus, pasien positif aktif sejumlah 186 kasus dan positif meninggal dunia capai angka 218 kasus,” urainya.

Sementara itu, tambah Grace, untuk total keseluruhan pasien suspek COVID-19 hingga kini mencapai 5.888 kasus dan ini sangat berpotensi menjadi pasien terkonfirmasi positif COVID-19. Namun dirinya berharap mereka semua cepat sembuh, meskipun masih ada tiga orang pasien jalani perawatan di rumah sakit.

3. Tiga orang pasien suspek COVID-19 kini sedang jalani perawatan di rumah sakit

Terus Naik, Kesembuhan Pasien COVID-19 PPU Tembus 90,5 PersenRSUD RAPB PPU hingga kini menjadi lokasi perawatan pasien COVID-19 (IDN Times/Ervan)

“Dari total 5.888 kasus pasien suspek tersebut, terdapat tiga orang pasien kini sedang jalani perawatan di rumah sakit dan kasus suspek meninggal dengan komorbid tetap pada posisi 28 kasus.

Lalu total keseluruhan pasien dengan kasus  probable berjumlah 189 kasus sedangkan pasien dengan kategori kasus discarded sejak 22 Maret 2020 lalu hingga sekarang berjumlah 5.265 kasus,” tuturnya.

Dirinya menghimbau kepada masyarakat untuk tetap patuh protokol kesehatan, selalu menggunakan masker, menjaga jarak aman, sering cuci tangan menggunakan sabun, beretika ketika batuk dan bersin.

“Kami juga meminta agar masyarakat tidak melakukan kegiatan yang mengumpulkan atau menghadirkan banyak orang serta membatasi aktivitas di luar rumah,” tutupnya. 

Baca Juga: Lima Pemerkosa ABG di Sepaku Diburu Polres Penajam

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya