HUT Kota Balikpapan, Resmikan Sekolah hingga Gelar Konser

Angkat tema Balikpapan Kolaborasi, Balikpapan Sinergi

Balikpapan, IDN Times - Perayaan HUT ke 126 Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) tahun 2023 sengaja dibuat lebih meriah usai lepas dari berbagai pembatasan selama pandemik COVID-19 tiga tahun terakhir. Upacara HUT Balikpapan dilaksanakan di Lapangan Merdeka Pertamina, Jumat (10/2/2023) hari ini. 

Pada upacara ini, Wali Kota Rahmad Mas'ud sebagai inspektur. Sejumlah pejabat yang hadir, di antaranya, Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri yang juga sebagai Pj Gubernur Sulawesi Barat Ikmal Malik; Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, serta unsur Forkopimda dan pejabat Kota Balikpapan lainnya. 

Di hari Jadi ke-126 tahun ini, Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud berharap seluruh pihak berkolaborasi dan bersinergi bersama pihaknya.

"Pada kesempatan ini juga kami resmikan SMP Negeri 25 Balikpapan di Kampung Atas Air, Balikpapan Barat. Semoga dapat segera dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan," katanya. 

Kemeriahan HUT Kota Balikpapan juga akan diramaikan dengan hiburan rakyat, konser kolaborasi. Pada 11 Februari besok akan digelar konser Raja dan Ratu Dangdut yang menghadirkan Rhoma Irama, Soneta, Elvi Sukaesih, dan Iyeth Bustami. Sementara pada 12 Februari akan digelar konser pop yang menghadirkan Kahitna dan Melly Goeslaw. 

1. Makna tema "Balikpapan Kolaborasi, Balikpapan Sinergi"

HUT Kota Balikpapan, Resmikan Sekolah hingga Gelar KonserHUT Kota Balikpapan ke-126 tahun. (IDN Times/Fatmawati)

Rahmad menuturkan, tema Hari Jadi Kota Balikpapan kali ini bermakna proses kerja  sama untuk menghasilkan gagasan atau ide. Sebagai upaya menyelesaikan permasalahan bersama-sama.

"Sinergi di sini bermakna bentuk dari sebuah proses yang menghasilkan keseimbangan harmonis. Sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang optimal. Tema ini mengingatkan pentingnya bagi kita untuk saling bekerja sama dalam mencapai tujuan," tuturnya. 

Ia juga mengimbau seluruh unsur, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat untuk terus berkolaborasi dan bersinergi dalam proses pembangunan kota. Dengan begitu ke depannya Balikpapan dapat berkembang menjadi kota terkemuka yang nyaman dihuni, modern, dan sejahtera dalam bingkai Madinatul Iman. 

"Ini jadi momentum penting untuk membangun wajah baru Balikpapan. Sebagai kota yang smart, kreatif, dan inovatif. Juga siap sebagai penyangga ibukota negara. Sekaligus kota yang terbuka dan prospektif, dengan masyarakat yang rukun, optimis dan kompeten. Juga siap menghadapi persaingan sebagai pelaku pembangunan," tuturnya. 

Baca Juga: Pemkot Balikpapan Pastikan Proses Pembebasan Lahan Embung Aji Raden

2. Ajak warga jaga kondisi stabil dan kondusif Kota Balikpapan

HUT Kota Balikpapan, Resmikan Sekolah hingga Gelar KonserPanggung HUT ke-126 Kota Balikpapan. (IDN Times/Fatmawati)

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada pihak yang telah memberikan perhatian dan kontribusi nyata bagi kemajuan Kota Balikpapan. Mengingat sebelum ini Balikpapan sempat berada di masa sulit pandemik COVID-19. Namun kini mampu bertahan bangkit dengan optimal. 

"Maka saya mengajak kita semua untuk memelihara situasi yang sudah stabil. Berupaya juga agar kasus COVID-19 tak kembali melonjak. Mari menjaga situasi kota yang aman dan kondusif. Terlebih saat ini makin dekat tahun politik. Yaitu akan diselenggarakan pemilihan umum," katanya. 

Pada kesempatan ini, Rahmad juga menyerahkan 16 panji-panji keberhasilan pembangunan, 15 trofi terbaik kedua dan 5 trofi terbaik ketiga yang diperoleh pada upacara peringatan HUT ke-66 Provinsi Kaltim kepada masing-masing OPD Kota Balikpapan. "Semoga ini bisa menjadi tolok ukur dan motivasi bagi jajaran Pemerintah Kota Balikpapan," ungkapnya.

3. SMP Negeri 25 prioritas pembangunan di 2023

HUT Kota Balikpapan, Resmikan Sekolah hingga Gelar KonserWali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud saat meninjau pembangunan SMP Negeri 25 Balikpapan. (IDN Times/Fatmawati)

Sementara terkait peresmian SMP Negeri 25, lanjut dia memang menjadi salah satu prioritas pembangunan Kota Balikpapan di tahun 2023 ini. Hingga saat ini sekolah yang berlokasi di Kelurahan Margasari, Balikpapan Barat ini masih membutuhkan peningkatan dari sisi keamanan. Termasuk fasilitas yang harus dilengkapi. “Tapi ini sambil berproses kita lengkapi fasilitasnya,” ungkapnya.

SMPN 25 Kota Balikpapan, lanjutnya, rencananya pada semester dua sudah bisa ditempati dengan jumlah ruang kelas sebanyak 18 kelas. “Harapannya program yang menjadi visi dan misi kita agar mendapatkan pendidikan yang baik dan layak,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Purnomo menuturkan, sementara ini, kegiatan belajar mengajar SMP 25 dilaksanakan di SD 004 Balikpapan Barat.

"Ada 96 siswa dan terdiri dari tiga kelas. Insyaallah target tercapai, pembangunan fisik sudah selesai. Selain 18 kelas, ada musala, dan fasilitas lain,” sebut Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan, Purnomo. 

Baca Juga: Pembangunan Beton Pemecah Gelombang di Pantai Balikpapan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya