Libur Lebaran, Pemkot Balikpapan Awasi Lokasi Wisata dan Hiburan Warga

Juga siapkan posko vaksinasi di sejumlah titik

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Pusat telah menetapkan cuti bersama lebaran tahun 2022, yakni mulai 29 April hingga 9 Mei 2022. Momen ini pastinya sangat ditunggu-tunggu, baik sebagai kesempatan untuk mudik maupun berwisata dengan sanak keluarga.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Balikpapan, Zulkifli menyampaikan mengenai sejumlah kelonggaran. Antara lain ditiadakannya penyekatan dan larangan mudik. Bahkan pemerintah kota menfasilitasi mudik tersebut.

"Nah kami sebagai Satgas COVID-19 bergabung dengan pos pelayanan (Posyan) dan pos pengamanan (Pospam) bersama Polresta Balikpapan. Karena mereka secara rutin melakukan pengamanan dan pelayanan di momen semacam ini," ungkapnya (24/4/2022).  

1. Pemkot akan terlibat dalam posko pelayanan dan pengamanan Polresta Balikpapan

Libur Lebaran, Pemkot Balikpapan Awasi Lokasi Wisata dan Hiburan WargaApel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Mahakam 2022 di Halaman Balaikota Balikpapan. (IDN Times/ Istimewa)

Zulkifli menjelaskan, pihaknya juga akan memberikan pelayanan vaksinasi ke sejumlah titik pos. Pelaksanaannya telah dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan Kota Balikpapan. 

"Kami juga sudah mendapat arahan dari Pak Kapolda agar disediakan pelayanan vaksinasi," sebutnya.

Selain itu pihaknya juga akan mengawasi penggunaan aplikasi pedulilindungi di sejumlah tempat wisata atau pusat perbelanjaan. "Kan saat momen Natal dan tahun baru kemarin juga sudah ada edaran, bahwa tempat wisata yang belum menggunakan pedulilindungi akan ditutup," jelasnya. 

Pada tahun ini hal tersebut akan diberlakukan sama. Sehingga ia menegaskan kembali agar tempat wisata menerapkan aplikasi tersebut. "Sementara ini di Balikpapan sejumlah tempat wisata sudah menerapkan. Hanya saja tempat wisata gerakan masyarakat masih belum. Terpaksa tutup dahulu," katanya. 

Baca Juga: Angka Pencari Kerja di Balikpapan Diklaim Terus Turun

2. Satpol PP akan lakukan patroli, pastikan penggunaan aplikasi pedulilindungi

Libur Lebaran, Pemkot Balikpapan Awasi Lokasi Wisata dan Hiburan WargaLaunching penggunaan aplikasi pedulilindungi di Plaza Balikpapan (26/11/2021). (IDN times/ Fatmawati)

Ia memastikan bahwa pengawasan dilakukan secara ketat. Satpol PP Kota Balikpapan akan melakukan patroli ke lokasi-lokasi yang memungkinkan adanya pelanggaran. "Kalau pemilihan tidak menerapkan terpaksa ditutup," ujarnya.

Dari Kapolri juga sudah menyampaikan bahwa tempat wisata harus menerapkan pedulilindungi, jika ingin buka selama libur lebaran ini. 

Sementara, untuk khusus pengawasan protokol kesehatan seperti tahun lalu, ditiadakan pada tahun ini. "Seperti tahun lalu ada di pusat perbelanjaan maupun pelabuhan. Tapi tahun ini kami bergabung dengan pos operasi ketupat," jelasnya. 

Untuk diketahui pada momen Ramadan dan lebaran tahun lalu, Satpol PP membentuk pos di sejumlah pusat keramaian. Ini dikarenakan adanya lonjakan kasus. 

"Tapi kalau sekarang kami tidak menambah posko baru dan hanya melakukan patroli," tandasnya.

3. Siapkan pelayanan vaksinasi di sejumlah jalur mudik

Libur Lebaran, Pemkot Balikpapan Awasi Lokasi Wisata dan Hiburan WargaKepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty (IDN Times/Riani Rahayu)

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty menjelaskan, pihaknya telah menerima Surat Edaran Kemenkes RI. Bahwa untuk mendukung kesehatan warga yang akan mudik, selain sentra vaksinasi dan puskesmas, pihaknya juga menyiapkan posko vaksinasi COVID. 

"Yang dapat diakses dengan mudah oleh pelaku perjalanan. Terutama di terminal, stasiun, bandara dan pos-pos kesehatan," beber Dio, sapaan Andi Sri Juliarty. 

Ia menambahkan, dalam penentukan posko vaksinasi juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama pada jaringan internet. Mengingat saat divaksin data warga harus segera dimasukkan dalam aplikasi, sehingga bisa mendapatkan sertifikat dalam bentuk fisik. 

"Harus ada jaringan internetnya. Kami juga akan berkoordinasi dengan stakeholder lainnya dalam penentuan posko vaksin,” katanya. 

Untuk diketahui, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mulai menyiapkan posko layanan vaksinasi booster di jalur mudik. Hal ini dilakukan demi mempermudah para pemudik mendapatkan vaksinasi, sebagai syarat mudik 2022.

Baca Juga: Balikpapan Jadi Tujuan Roadshow Seleksi IdenTIK Kemkominfo

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya