Ratusan Bibit Pohon Ditanam untuk Implementasikan Green Refinary

Gelar gowes dan tanam pohon di Jalan Minyak Baru

Balikpapan, IDN Times - Pertamina berupaya mewujudkan green refinary, yang salah satunya dilakukan melalui kegiatan gowes dan tanam pohon yang dilaksanakan Jumat (3/12/2021) pagi. Lokasinya  dimulai dari Lapangan Merdeka. Ini juga untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pertamina ke-64 tahun.

Kegiatan ini dilaksanakan Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan (RU V). Tak hanya bersepeda yang diikuti 300 orang peserta, mereka juga menanam 220 bibit pohon Meranti di kawasan Jalan Minyak Baru. Kegiarab itu juga sekaligus penandatanganan komitmen untuk lingkungan bersama stakeholder terkait.

"Kilang Pertamina Balikpapan sangat peduli terhadap lingkungan. Apa yang dilakukan kali ini adalah kelanjutan tahap-tahap sebelumnya," terang Pjs PT KPI Unit Balikpapan, Wahyu Sulistyo Wibowo. 

1. Tanam 300 pohon meranti sebagai upaya kurangi polusi udara

Ratusan Bibit Pohon Ditanam untuk Implementasikan Green RefinaryPertamina ingin wujudkan green refinary di Kota Balikpapan. (IDN Times/ Istimewa)

Menurut Wahyu, kegiatan semacam ini adalah upaya pihaknya menunjukkan bahwa mereka sangat peduli akan aspek lingkungan. Diharapkan dengan penanaman pohon dapat mengurangi polusi yang ada 

"Menciptakan bersama iklim yang bagus, dan kualitas lingkungan yang sangat bagus," ungkapnya. 

Dia mengatakan bahwa pemilihan pohon meranti untuk ditanam diharapkan dapat  membantu untuk mengurangi polusi udara di Balikpapan. 

Ada kurang lebih 300 pohon yang telah ditanam di kawasan tersebut. Nantinya ini akan dikembangkan ke area lain, bahkan di kawasan kilang.

"Akan kami buat green refinary seperti kilang-kilang yang lain," ungkapnya. 

2. Sektor migas jadi tumpuan Kota Balikpapan

Ratusan Bibit Pohon Ditanam untuk Implementasikan Green RefinaryGowes dalam rangka HUT Pertamina ke-64 dImulai start di Lapangan Merdeka Balikpapan. (IDN Times/ Istimewa)

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Camat Balikpapan Kota, Slamet Djunaidi memberikan apresiasi atas nama Pemerintah Kota Balikpapan kepada keluarga besar Pertamina yang memperingati HUT ke-64. 

"Pertamina sebagai perusahaan milik negara yang telah lama eksis dan menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah perjalanan panjang Kota Balikpapan," ungkapnya. 

Ia menyebutkan, dari generasi ke generasi, perekonomian Kota Balikpapan sebagian bertumpu kepada sektor pengelolaan migas. Dalam hal ini Pertamina menjalankan peran penting di dalamnya.

"Sehingga Kota Balikpapan menjadi salah satu daerah strategis di kawasan Indonesia Tengah,” tuturnya.

3. Harapan kontribusi Pertamina makin besar untuk Kota Balikpapan

Ratusan Bibit Pohon Ditanam untuk Implementasikan Green RefinaryKilang minyak Pertamina. (Dok. Pertamina)

Dia menyebutkan bahwa  Pertamina bukan hanya sebatas sebagai perusahaan pengelola sektor migas, tetapi banyak terlibat dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, keagamaan, seni dan budaya sampai pada penanganan pandemi Covid-19.

“Kami berharap sinergi dan kemitraan Pertamina dengan Pemerintah Kota Balikpapan ke depannya dapat terus dipertahankan dan dikembangkan mengikuti dinamika perubahan zaman yang sangat cepat,” imbuhnya.  

Ke depan sebagai kebanggaan bangsa Pertamina diharapkan bisa terus tumbuh semakin kuat sebagai perusahaan bertaraf Internasional. "Kami harap Pertamina bisa berkontribusi semakin besar bagi kemajuan pembangunan nasional," pungkasnya. 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya