Seragam Gratis untuk SD dan SMP Balikpapan Segera Dibagikan

Anggaran sebesar Rp1,5 miliar dari APBD Kota Balikpapan

Balikpapan, IDN Times - Seragam gratis jadi salah satu program Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) dalam mendukung terlaksananya pendidikan. Siswa-siswi SD hingga SMP negeri sederajat di Kota Balikpapan tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli seragam. 

Rencananya pembagian seragam sekolah secara simbolis akan dilaksanakan Senin, 10 Juli 2023 nanti di Balikpapan Sport and Convention Center (BSSC) Dome. Pengadaannya pada 2022 menggunakan sistem lelang. Namun untuk mempermudah pelaksanaan, kini dilakukan menggunakan sistem e-catalog.

"Sehingga menggunakan e-catalog ini langsung digarap. Hingga seragam-seragam ini sudah ada di gudang. Tinggal proses distribusi," ungkap Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan Ganung Pratikno, Selasa (4/7/2024).

1. Pendataan ukuran dilakukan sekaligus saat PPDB

Seragam Gratis untuk SD dan SMP Balikpapan Segera DibagikanSekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Ganung Pratikno. (IDN Times/Fatmawati)

Ia menjelaskan, saat proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) siswa memilih dua variabel. Yakni lapor diri dan pilihan ukuran baju yang tersedia S, M, dan L. "Nah saat SMP ternyata ukurannya ada yang sampai 5XL. Alhamdulillah kemarin sudah ada dan sudah disampaikan oleh Kadisdik," ungkapnya. 

Tiga seragam yang akan diterima adalah batik, putih-merah atau putih-biru dongker, dan Pramuka. Selain SD dan SMP siswa kesetaraan atau paket A dan B juga akan menerima seragam gratis. 

"Untuk seragam batik adalah khas Balikpapan yang merupakan kreasi Dekranasda. Batik ini adalah batik kelubut yang terinspirasi dari tanaman kelubut," bebernya. 

Baca Juga: 10 Jemaah Haji Embarkasi Balikpapan Dilaporkan Meninggal Dunia

2. Akan mulai didistribusikan pada 7 Juli

Seragam Gratis untuk SD dan SMP Balikpapan Segera DibagikanIlustrasi seragam sekolah

Ia melanjutkan, untuk seragam SD dan SMP ini sudah siap dan segera diserahkan pada siswa. Selain penyerahan secara simbolis pada 10 Juli, distribusi seragam untuk sekolah-sekolah rencananya akan dilakukan mulai 7 Juli. "Mulai kita distribusikan 7 Juli nanti" katanya. 

Proses berjalan dan nanti akan berbarengan dengan Hari Gerak PKK penyerahan seragamnya. Penyerahan seragam akan dihadiri sekira 800 orang dan diterima oleh perwakilan siswa SD, SMP, dan kesetaraan atau satuan pendidikan non formal.

"Nantinya juga akan ada yang mengikuti dari masing-masing sekolah secara virtual. Saat ini kami rapatkan bersama," terang Ganung.

3. Anggaran dari APBD Kota Balikpapan Rp1,5 miliar

Seragam Gratis untuk SD dan SMP Balikpapan Segera DibagikanRapat koordinasi membahas rencana pembangian seragam gratis siswa SD dan SMP di Balikpapan. (IDN Times/Fatmawati)

Untuk diketahui Pemerintah Kota Balikpapan telah menyiapkan 12 ribu seragam untuk SMPN dan 13 ribu untuk SDN. "Lulusan kita tahun ini dari SD 11 ribuan orang. Memang kami siapkan juga seragam ini untuk siswa pindahan," katanya.

Hingga saat ini persiapan seragam telah dilakukan. Untuk kesetaraan ada 300 seragam Paket A dan 700 untuk Paket B.  

Pengadaan seragam gratis ini dilaksanakan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan tahun 2023. Yang mana per baju dianggarkan Rp330 ribu. 

"Dan masing-masing kan dapat tiga seragam. Jadi total 990 ribu per siswa. Jadi anggaran sekitar Rp1,5 miliar," jelasnya.

Baca Juga: AJI Balikpapan Ikut Pertanyakan Sikap Tertutup PD3AP2KB PPU 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya