Warga Kaltim Antusias Saksikan Konser Dihadiri Jokowi dan Selebriti

Kadin juga serahkan Peta Jalan Indonesia Emas

Balikpapan, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memboyong sejumlah selebriti dan influencer ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada momen kedatangannya Kamis-Sabtu, 21-23 September 2023. Ia juga menggelar konser yang menghadirkan Band Gigi dan pedangdut Wika Salim. 

Di kesempatan ini Jokowi, sapaan Presiden Joko Widodo, juga glamping atau kemah mewah bersama beberapa menteri dan selebriti tersebut di IKN. Kegiatan glamping ini juga diabadikan beberapa selebriti di akun media sosial mereka seperti di Instagram Tiara Andini, Baim Wong, Chef Arnold Purnomo, Fiki Naki, Ziva Magnolya, Asri Welas dan lainnya. 

1. Warga sambut gembira kedatangan presiden dan gelaran konser

Warga Kaltim Antusias Saksikan Konser Dihadiri Jokowi dan SelebritiKemeriahan konser yang diselenggarakan di IKN (22/9/2023) malam. (IDN Times/Fatmawati)

Meriahnya konser di IKN ini juga disambut antusias warga sekitar. Seperti Siti Zulaikha yang jauh-jauh datang dari Balikpapan demi bertemu presiden. Ia khusus datang untuk melihat secara langsung Presiden Republik Indonesia tersebut. 

"Saya rombongan berempat. Untuk memeriahkan ya. Saya memang pengen ketemu pak presiden, saya nge-fans. Saya juga mau tau titik nol. Karena ini pertama kali," katanya. 

Ia sangat senang jika acara-acara semacam ini kembali dilaksanakan. Karena meskipun harus berkendara jauh, ia cukup puas bisa melihat presiden dari jauh. "Jauh juga mungkin kalau gak ada Pak Jokowi saya gak ke sini," katanya. 

Ia berangkat dari Balikpapan sekitar pukul 16.00 Wita dan tiba tepat saat acara dimulai atau sekira pukul 19.00 Wita. 

Sama seperti yang dirasakan Rani dan Juliana, warga sekitar Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU). Ia mengaku sangat senang bertemu presiden. Apalagi presiden juga menggelar konser. "Selain presiden kan ada Gigi dan Wika Salim juga. Senang banget kak," katanya. 

Ia hanya sedikit kecewa karena tidak bisa berfoto bersama presiden maupun selebriti yang duduk di area VIP. "Kami datang sama paman. Sama rombongan keluarga, empat orang," ujarnya lagi.

Ia berharap, nantinya ada kegiatan konser gratis lagi dengan mengundang penyanyi lainnya. "Ya Happy Asmara boleh lah kak," katanya. 

Baca Juga: Ini Testimoni Selebritas selama Kunjungan ke IKN

2. Berbagai rangkaian kegiatan presiden di IKN

Warga Kaltim Antusias Saksikan Konser Dihadiri Jokowi dan SelebritiPresiden Joko Widodo menyapa warga yang hadir di konser IKN. (Istimewa)

Presiden Jokowi juga menyampaikan terima kasih pada para pekerja yang hadir di malam konser tersebut. "Saya tahu para pekerja bekerja siang malam untuk mewujudkan Ibu Kota Nusantara. Pembangunan ini adalah pekerjaan yang sangat besar. Kita harapkan tahun depan kita sudah bisa upacara kemerdekaan di Ibu Kota Nusantara," ungkapnya menyapa masyarakat. 

Ia juga menyebut, telah dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Hotel Nusantara. Yang merupakan hotel bintang lima. Selain itu pada hari yang sama juga dilakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit besar di IKN. "Tadi pagi (kemarin) juga sudah peletakan batu pertama pembangunan Training Center Timnas Indonesia. Dibangun delapan lapangan sepak bola," ungkapnya.

Di hari ini, lanjut dia, juga kembali dilakukan peletakan batu pertama hotel lainnya di IKN. Ia meminta doa restu masyarakat dan seluruh pekerja. "Kami sekali lagi ucapkan terima kasih," katanya.

3. Penyerahan Peta Jalan Indonesia Emas oleh Kadin Indonesia pada Presiden Jokowi

Warga Kaltim Antusias Saksikan Konser Dihadiri Jokowi dan SelebritiPenyerahan Peta Jalan Indonesia Emas oleh Ketua Kadin Indonesia kepada Presiden Republik Indonesia. (Istimewa)

Sementara terkait Penyerahan Peta Jalan Indonesia Emas oleh Ketua Kadin Indonesia, menurut Jokowi, akan digunakan sebagai bahan peta jalan menuju Indonesia maju di tahun 2045. "Nanti yang menikmati adalah yang muda-muda ini," katanya sambil menunjuk para penonton yang hadir.

Diharapkan, peta jalan yang disusun secara inklusif dan kolaboratif ini bisa menjadi panduan pembangunan untuk melengkapi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045.

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, Peta Jalan Indonesia Emas 2045 merupakan persembahan Kadin Indonesia kepada bangsa. Dengan peta jalan ini, diharapkan segala inisiatif yang mengarah pada rencana pembangunan nasional untuk mencapai Visi Indonesia Emas 2045. 

“Peta jalan ini dibuat agar segala upaya, program, serta inisiatif dapat mewujudkan pencapaian visi pembangunan ekonomi Indonesia Emas 2045. Peta jalan ini dibuat dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam penyusunannya dengan semangat gotong royong untuk masa depan sebagai negara maju, berisikan langkah-langkah konkret dengan metrik sebagai tolak ukur pembangunan.” katanya. 

Baca Juga: Jokowi Cek Pembangunan Akses Jalan yang Hubungkan IKN

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya