Jokowi Cek Pembangunan Akses Jalan yang Hubungkan IKN

Pembangunan infrastruktur jalan menelan Rp14,6 triliun

Balikpapan, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengecek realisasi pembangunan infrastruktur akses jalan penghubungan Ibu Kota Nusantara (IKN). Akses jalan penghubung di antara IKN dengan kota/kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). 

"Melihat dan mengecek realisasi anggaran total Rp14,6 triliun," kata Jokowi dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (23/9/2023). 

1. Pembangunan dan perbaikan jalan di IKN

Jokowi Cek Pembangunan Akses Jalan yang Hubungkan IKNWarga berjalan keluar di proyek pembangunan jalan lingkar Sepaku segmen 2 di Lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/8/2022). ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/hp

Jokowi mengatakan, anggaran sebesar itu dipergunakan untuk memperbaiki dan membangun akses jalan sepanjang 2.800 Km di kota/kabupaten Kaltim. Perinciannya sepanjang 400 Km akses jalan provinsi dan sisanya jalan kota/kabupaten. 

"Khususnya jalan-jalan seperti ini, akses jalan produksi di kabupaten," kata Jokowi. 

Akses jalan kota/kabupaten ini, menurut Jokowi, sangat penting bagi perputaran roda perekonomian di Kaltim. Di mana pemanfaatannya dipergunakan sebagai jalur transportasi perkebunan kelapa sawit dan karet. 

"Jalan produksi ini dipergunakan untuk transportasi lalu lintas sawit dan karet," paparnya. 

Baca Juga: RSUD Kabupaten PPU Sediakan Balai Rehabilitasi Narkoba

2. Akses jalan menghubungkan dengan IKN

Jokowi Cek Pembangunan Akses Jalan yang Hubungkan IKNWarga pengguna jalan tidak bisa melalui jalan negara akibat terjadinya Lakalantas di kawasan jalan IKN (IDN Times/Ervan)

Pembangunan akses jalan ini, kata Jokowi akan menghubungkan IKN dengan kota/kabupaten lainnya di Kaltim. Seperti diketahui, IKN dikelilingi kota/kabupaten lainnya seperti Penajam Paser Utara, Balikpapan, Paser, dan Kutai Kartanegara. 

"Iya ini nanti memberikan dukungan kepada IKN," ungkapnya. 

Pembangunan akses jalan ini juga menghubungkan dengan destinasi wisata Gua Tapak Raja di Penajam Paser Utara. Destinasi gua alam yang menjadi kebanggaan masyarakat setempat. 

Akses jalan menuju destinasi wisata ini sebelumnya sempat terisolir. 

"Nanti juga menghubungkan destinasi wisata Gua Tapak Raja," ujarnya. 

3. Jokowi berkemah di IKN

Jokowi Cek Pembangunan Akses Jalan yang Hubungkan IKNPresiden Jokowi tinjau proyek pembangunan infrastruktur IKN (dok. Sekretariat Presiden)

Selama dua hari ini, Presiden Jokowi berkemah dalam memantau secara langsung proses pembangunan kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menegaskan progres pembangunan IKN sudah masuk 40 persen dari total perencanaan semula. 

Pembangunannya secara menyeluruh dari Istana Negara, DPR RI, MPR RI, kementerian hingga perumahan para aparatur sipil negara (ASN). 

Saat ini, pemerintah mengajak para selebritas hingga influencer untuk mengunjungi langsung lokasi pembangunan IKN di Sepaku PPU. Penggiat media sosial dan hiburan ini diharapkan bisa menyosialisasikan progres pembangunan IKN ini kepada masyarakat. 

Baca Juga: Gubernur Kaltim Melantik Penjabat Bupati PPU 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya