PPDB Online di Samarinda, Sekolah Wajib Punya Alat Deteksi Suhu Badan 

Tahun ajaran baru dimulai 13 Juli mendatang

Samarinda, IDN Times - Penerimaan Peserta Didik Baru dilaksanakan secara daring di Samarinda untuk jenjang SD dan SMP dijadwalkan pada 15 Juni sampai 4 Juli 2020. Pendaftaran daring dilaksanakan guna menghindari interaksi langsung dan mencegah penularan COVID-19.

Dikutip dari Antara, "Pendaftarannya melalui laman, untuk SD di alamat asli.samarindakota.go.id, sementara SMP di alamat samarinda.siap-ppdb.com. Pendaftaran online  ini untuk mempermudah masyarakat," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda Asli Nuryadin di Samarinda, Sabtu (30/5).

1. Jalur penerimaan untuk SMP

PPDB Online di Samarinda, Sekolah Wajib Punya Alat Deteksi Suhu Badan Kepala Dinas Pendidikan Samarinda Asli Nuryadin (IDN Times/Yuda Almerio)

Asli menjelaskan, terdapat 5 jalur pendaftaran untuk SMP. Jalur afirmasi atau tidak mampu dengan kuota 15 persen, jalur perpindahan memiliki kuota 5 persen, kemudian melalui jalur prestasi akademik sebanyak 15 persen, prestasi nonakademik kuota 5 persen, dan zonasi paling banyak, yakni 60 persen.

Untuk jalur afirmasi, perpindahan, prestasi akademik, dan nonakademik pendaftaran dibuka 23-27 Juni, pengumuman pada 29 Juni, kemudian daftar ulang dilakukan pada 8-10 Juli pukul 08.00-12.00 Wita.

Sementara khusus untuk zonasi, waktu pendaftaran pada 30 Juni hingga 4 Juli, pengumuman 6 Juli. Sementara pelaksanaan daftar ulang pada 8-10 Juli pukul 13.30-15.00 WITA.

"Pendaftaran secara daring ini merupakan salah satu upaya meningkatkan pelayanan bagi masyarakat, karena orang tua sambil baring-baring di rumah bisa mendaftarkan anaknya. Kita harus memanfaatkan teknologi untuk menciptakan kenyamanan, kecepatan, dan kemudahan bagi siapa pun," kata Asli.

Baca Juga: Kadisdik: PPDB Online saat Pandemik, Orangtua Perlu Diedukasi

2. Jalur penerimaan untuk SD

PPDB Online di Samarinda, Sekolah Wajib Punya Alat Deteksi Suhu Badan Kemdikbud RI

Sementara untuk tingkat SD, Asli menjelaskan ada tiga jalur yakni afirmasi kuota 15 persen, perpindahan maksimal 5 persen, dan zonasi minimal 50 persen.

Pendaftaran untuk jenjang SD jalur afirmasi dan jalur perpindahan dibuka pada 9-11 Juni, sementara hasil penerimaan akan pengumuman 12 Juni, dan pendaftaran ulang pada 22-25 Juni pukul 08.00-12.00 Wita.

Khusus jalur zonasi, pendaftaran dilaksanakan 15-17 Juni 2020, hasil akan diumumkan pada 18 Juni, dan daftar ulang pada 22-25 Juni pukul 13.30-15.00 WITA.

Asli menjelaskan untuk tingkat TK/RA pendaftaran dibuka pada 2-5 Juni. Sementara, pengumuman dilakukan pada 8 Juni, dan daftar ulang 10-13 Juni.

Paket A, B, C, pendaftaran pada 15 Juni-31 Agustus, pengumuman 31 Agustus, dan daftar ulang pada 1-8 September mendatang.

3. Sekolah wajib menyiapkan thermo gun dan fasilitas cuci tangan

PPDB Online di Samarinda, Sekolah Wajib Punya Alat Deteksi Suhu Badan ilustrasi thermo gun (IDN Times/Mela Hapsari)

Sebelumnya, melalui siaran pers Asli juga telah mewajibkan sekolah menyediakan alat pengukur suhu badan dan fasilitas pencuci tangan beserta sabun yang ditempatkan di halaman sekolah. Dana pembelian alat pengukur suhu tubuh atau thermo gun ini dapat menggunakan dana BOS nasional atau daerah.

“Dinas Pendidikan Kota Samarinda telah menyampaikan kepada sekolah-sekolah jangan mengeluh, karena kalau banyak mengeluh tidak bisa merubah suasana. Jadi pada prinsipnya detektor suhu badan itu bisa dibeli dengan menggunakan dana bosnas dan bosda,” tandas Asli dalam akun Instagram Pemkot Samarinda.

Ia juga mengatakan, direncanakan 13 Juli mendatang adalah tahun ajaran baru bukan berarti akan dilakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

"Kita berharap suasana itu bisa normal kembali yang istilah pemerintah sekarang itu new normal. Tapi kalau nanti sifatnya darurat, kita harus mengikuti apakah diperpanjang atau belajar dalam jaringan kembali. Karena tanggal 13 Juli itu bukan otomatis turun ke sekolah, tapi tahun ajaran baru," ujar Asli.

Baca Juga: Bukan Latah New Normal, Diskes Samarinda Sebut Angka R0 Penuhi Syarat

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya