Comscore Tracker

4 Dokter Rumah Sakit Rujukan di Balikpapan Terpapar COVID-19 

46 tenaga medis jalani isolasi karena terinfeksi COVID-19

Balikpapan, IDN Times  - Kasus warga terpapar COVID-19 di Kota Balikpapan masih tinggi, pada Rabu, (20/01/2021) tercatat penambahan sebanyak 101 kasus terkonfirmasi positif COVID-19. Diantaranya ada 4 dokter yang bertugas merawat pasien COVID-19 juga turut tertular.

“Kita harus waspada dari 101 kasus positif hari ini ada 4 dokter yang terkonfirmasi positif. Tentu kita prihatin dan sedih karena mereka tenaga andalan kita di rumah sakit- rumah sakit rujukan COVID-19,” ujar Wali Kota sekaligus Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Balikpapan Rizal Effendi dalam jumpa pers pada Rabu.

1. Ada 3 dokter umum dan 1 dokter spesialis terinfeksi COVID-19

4 Dokter Rumah Sakit Rujukan di Balikpapan Terpapar COVID-19 ilustrasi swab test kepada PNS (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty menambahkan, dari empat dokter yang terkonfirmasi positif berasal dari tiga rumah sakit rujukan COVID-19 dan satu dokter spesialis yang bekerja di beberapa rumah sakit.

“ Empat dokter diantaranya tiga dokter umum yakni satu di RSUD Beriman, satu di Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo, satu di Rumah Sakit Siloam dokter umum yang bertugas di manajemen dan satu dokter spesialis yang bertugas di beberapa rumah sakit,” ujarnya.

Saat ini, katanya ada sebanyak 148 dokter yang bertugas menangani pasien COVID-19, dengan bertambahnya 4 dokter konfirmasi positif, maka jumlah tenaga medis yang sudah terpapar COVID-19 sebanyak 46 orang.

Baca Juga: Melanggar PPKM di Balikpapan, Tempat Usaha Terancam Ditutup

2. Dua rumah sakit tambah kamar COVID-19

4 Dokter Rumah Sakit Rujukan di Balikpapan Terpapar COVID-19 (IDN Times/Hilmansyah)

Seiring bertambahnya jumlah pasien COVID-19, Andi Sri Juliarty mengatakan, Tim Satgas COVID-19 meminta rumah sakit-rumah sakit rujukan menambah kamar isolasi bagi pasien COVID-19.

“Data tadi pagi, Rumah Sakit Hermina menambahkan 6 kamar isolasi dan Rumah Sakit Hardjanto (Tentara) menambahkan 2 kamar isolasi,” ujar Dio sapaan akrabnya.

Dengan penambahan ini, kata Dio, maka saat ini jumlah tempat tidur seluruhnya di 11 rumah sakit sebanyak 467 dan yang telah terisi 436 tempat tidur.

“Khusus untuk ICU saat ini totalnya ada 38 tempat tidur yang terisi 32 tempat tidur yang tersisa adalah 6 tempat tidur yakni 3 untuk bayi dan 1 untuk dewasa di Rumah Sakit Pertamina dan 2 tempat tidur ICU di Rumah Sakit Hermina,” jelasnya.

Dio menjelaskan, untuk pasien yang masih menjalani perawatan di rumah sakit ada sebanyak 468 pasien. Sementara pasien yang menjalani isolasi mandiri 1.070 pasien.

Sedangkan untuk jumlah total pasien yang sembuh sebanyak 6.381 pasien atau bertambah 130 pasien sembuh.

Total pasien konfirmasi positif mencapai 8.240 kasus. Sedangkan untuk pasien meninggal dunia per Rabu bertambah tiga kasus, atau total sebanyak 321 kasus.

3. Pelanggaran PPKM sudah capai 484 pelanggar

4 Dokter Rumah Sakit Rujukan di Balikpapan Terpapar COVID-19 (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu , Sekretaris Satpol PP Kota Balikpapan, Selvi Rahmadina menjelaskan terkait hasil penegakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

“Terdapat 31 pelanggaran tidak menggunakan masker, dengan pembayaran denda 3 orang dan menyediakan masker sebanyak 25 orang, “ ujarnya.

Sedangkan pada penegakan PPKM sendiri total terjaring 484 pelanggar yang terdiri dari 239 pelaku usaha dan 245 perorangan.

Baca Juga: Ruang Isolasi RSKD Balikpapan Penuh, Tak Terima Pasien COVID-19 Lagi

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya