500 Petugas Pelayanan Publik Jalani Vaksinasi Massal di Balikpapan

Wali Kota Rizal Effendi juga divaksinasi COVID-19

Balikpapan, IDNTimes - Satgas Penanganan COVID-19 Kota Balikpapan memulai vaksinasi tahap kedua termin satu yang ditujukan untuk kelompok pemberi jasa layanan publik. Vaksinasi massal digelar di Balikpapan Sports and Conventional Center (BSCC) Dome Balikpapan. Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi juga menerima vaksinasi COVID-19 pada kegiatan ini.

“Sasaran vaksinasi kali ini berjumlah 500 orang dengan sasaran petugas pelayanan publik yang meliputi pejabat di lingkungan Pemkot Balikpapan, kepala OPD, anggota DPRD Balikpapan, atlet tokoh agama dan tokoh masyarakat lainnya,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Balikpapan Andi Sri Juliarty, pada Sabtu (21/2/2021) di BSCC Dome Balikpapan.

1. Penyuntikan vaksinasi COVID-19 tahap kedua dibagi dua sesi

500 Petugas Pelayanan Publik Jalani Vaksinasi Massal di BalikpapanSejumlah pemberi jasa layanan publik menerima vaksin COVID-19 di Balikpapan pada 27 Februari 2021 di Dome BSCC(IDN Times/Hilmansyah)

Penyuntikan vaksin COVID-19 ini dilakukan dalam dua sesi. Sesi pertama dilakukan pada pukul 08.00 - 12.00 Wita, kemudian sesi kedua dilaksanakan pukul 13.30 - 16.00 Wita.

Sesi pertama penyuntikan vaksin diberikan kepada Wali Kota Balikpapan, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkot Balikpapan, perwakilan perusahaan, tokoh masyarakat, rektor universitas, dan lainnya sejumlah 250 orang.

“Sesi kedua diberikan kepada pelayan publik pada instansi BPJS Kesehatan, kepala OPD di tingkat kecamatan dan kelurahan, para petugas di UPT Asrama Haji Batakan dan awak media massa,” jelasnya

Sebelum disuntik divaksin, mereka mengikuti proses registrasi dan pemeriksaan kesehatan. Ada puluhan orang tenaga kesehatan yang dikerahkan dan dibagi dalam empat meja kerja.

Petugas terdiri dari petugas registrasi, medical check up, petugas vaksinator yang bertugas menyuntikan vaksin serta petugas yang melakukan observasi kejadian ikutan paska imunisasi (KIPI).

Pada daftar undangan, terdapat 250 orang yang divaksinasi dari BPJS Kesehatan, Lurah dan Kepala Seksi Trantib Kecamatan dan Kelurahan, media massa, UPT Asrama Haji Embarkasi Balikpapan.

Baca Juga: Pedagang Pasar Klandasan Balikpapan akan Divaksin COVID-19 Jumat Besok

2. Targetkan vaksinasi selesai dalam satu minggu

500 Petugas Pelayanan Publik Jalani Vaksinasi Massal di BalikpapanPemberi jasa layanan publik di Balikpapan termasuk wartawan menerima vaksinasi COVID-19 pada 27 Februari 2021 (IDN Times/Hilmansyah)

Dio sapaan akrbanya menargetkan proses vaksinasi 9.416 dosis vaksin tahap dua termin satu, bisa selesai dalam waktu seminggu.

"Saya berharap pemerintah pusat bisa memberikan vaksin lebih banyak lagi. Sehingga kita bisa mempercepat vaksinasi di Balikpapan," tegasnya

Dikatakannya, vaksinasi di BSCC Dome Balikpapan dilakukan selama dua hari Sabtu-Minggu besok, dengan target sasaran total sebanyak seribu orang.

Sementara untuk vaksinasi pedagang di Pasar Klandasan yang dilakukan pada Jumat (26/2/2021) terdapat  211 pedagang yang telah divaksinasi dari total target sasaran 367 pedagang.

"Atau sama dengan 56 persen pedagang Klandasan, kemarin telah divaksin. Sisanya tetap dapat melanjutkan vaksinasi ada Puskesmas Klandasan,"paparnya

3. Vaksinasi tahap pertama sudah selesai 105,47 persen

500 Petugas Pelayanan Publik Jalani Vaksinasi Massal di Balikpapan(IDN Times/Sukma Shakti)

Dio menyebut sejauh ini satgas sudah menyelesaikan proses vaksinasi tahap satu dengan capaian 6.074 nakes, atau sama dengan 105,47 persen. "Ini capaian tertinggi di Kalimantan Timur," ungkapnya.

Kemudian capaian penyuntikan kedua untuk tenaga kesehatan (nakes) sudah mencapai 82,54 persen. Masih ada beberapa nakes lansia yang belum menyelesaikan penyuntikan kedua, lantaran interval jeda penyuntikannya 28 hari.

Sementara bagi nakes dengan usia yang lebih muda hanya butuh waktu jeda 14 hari untuk mendapatkan penyuntikan vaksin kedua.

4. Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dapat suntikan pertama

500 Petugas Pelayanan Publik Jalani Vaksinasi Massal di BalikpapanWali Kota Balikpapan Rizal Effendi menjalani pemeriksaan sebelum disuntik vaksin COVID-19 pada 27 Februari 2021 di Dome BSCC Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Dalam kegiatan ini Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menjadi orang pertama yang divaksin. Rizal didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Balikpapan Sayid MN Fadly, Ketua Pengadilan Negeri Ikhwan Hendrato, GM Angkasapura I Balikpapan Barata Singgih Riwahono, perwakilan dari anggota DPRD Balikpapan serta perwakilan deputi BPJS Kesehatan.

"Kita bagi dua sesi supaya tidak berdesakan. Pagi ini 250 orang, siang ada 250 orang lagi," ujar Rizal.

Usai disuntik vaksin, Rizal mengaku tidak merasakan nyeri atau sakit saat proses penyuntikan. Namun ia mengaku sempat merasakan tegang saat jarum suntik mulai menyentuh lengan kiri atasnya. Meskipun begitu ia tetap merasa yakin dan tenang karena penyuntikan dilakukan para nakes profesional.

"Enggak ada keluhan dan persiapannya juga biasa saja," tutupnya

Baca Juga: 32.600 Vaksin Sinovac Jatah Kaltim Tiba di Balikpapan

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya