Gubernur Kaltim: Pesan Presiden IKN di Kaltim Lanjut Usai Pandemik

Balikpapan akan terapkan PPKM mikro

Balikpapan, IDN Times - Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor menjadi inspektur upacara pada perayaan HUT ke-124 Kota Balikpapan. Isran menyampaikan pesan Presiden Joko "Jokowi" Widodo kepada warga Kaltim tentang pembangunan ibu kota negara (IKN) di Kaltim.

“Kemarin saat bertemu Presiden Joko Widodo, setelah rapat koordinasi selesai, secara khusus presiden menyampaikan jika ada yang bertanya tentang kelanjutan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kaltim, maka ditegaskan tetap berjalan namun masih melihat perkembangan kondisi COVID-19," kata Isran usai memimpin upacara pada perayaan HUT Ke-124 Kota Balikpapan di halaman Kantor Wali Kota Balikpapan, Rabu (10/2/2021).

Ia menjelaskan jika pandemik virus corona telah membaik maka pembangunan dan pemindahan ibu kota negara ke Kaltim akan dilaksanakan.

"Jika mereda maka dipastikan akan jalan karena itu adalah kebijakan bangsa dan negara,” ujar Isran.

1. Tenaga kesehatan di Kaltim sudah 80 persen vaksinasi COVID-19

Gubernur Kaltim: Pesan Presiden IKN di Kaltim Lanjut Usai PandemikWali Kota Balikpapan Rizal Effendi dan istri dalam acara HUT Kota Balikpapan ke-124 (IDN Times/Hilmansyah)

Isran mengatakan, ada 5 provinsi masing-masing Sumatera Utara, Banten, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Jawa Timur yang turut rapat koordinasi dengan Presiden Jokowi. 

Ia menjelaskan rapat itu membahas mengenai pemulihan ekonomi nasional (PEN). Jokowi meminta agar rencana proyek segera direalisasikan, terserap dengan cepat dan dilaksanakan dengan cara padat karya. Rapat tersebut juga membicarakan tentang perkembangan COVID-19 serta vaksinasi tenaga kesehatan (nakes).

“Alhamdulillah Kaltim sudah 80 persen vaksinasi untuk nakes, cukup lumayan. Dan kemarin sudah datang lagi vaksin, dan seluruh forkopimda kabupaten/ kota sudah dilaksanakan,” ujar Isran.

Baca Juga: Rapat Paripurna DPRD, Wali Kota Balikpapan Terharu Pamit kepada Warga

2. Balikpapan kota yang bersih dan tertib

Gubernur Kaltim: Pesan Presiden IKN di Kaltim Lanjut Usai PandemikHUT Kota Balikpapan ke-124 pada 10 Februari 2021 (IDN Times/Hilmansyah)

Sesuai tema HUT Ke-124 Kota Balikpapan yakni Melawan COVID-19 Memulihkan Ekonomi menuju Balikpapan Berkelanjutan, Isran Noor berharap perekonomian di Balikpapan tetap kuat dan tumbuh berkembang dengan baik.

“Warga dan Pemerintah Kota Balikpapan bekerja sama dan bahu-membahu untuk membangun kota. Terlebih, tidak lama lagi Balikpapan memiliki wali kota yang baru yang akan melanjutkan dan meningkatkan pembangunan serta menyukseskan segala program yang telah ada maupun ke depan,” ujarnya.

Selain itu, Isran juga memuji Balikpapan sebagai kota yang bersih dan tertib.

"Jika ingin belajar ketertiban dan kebersihan silahkan datang ke Balikpapan, tidak perlu belajar jauh ke Amsterdam, karena masyarakat Balikpapan memiliki kesadaran yang tinggi dalam menjaga dan membela Kota Balikpapan yang merupakan kota yang paling nyaman dihuni di Indonesia," ujarnya.

3. Balikpapan akan terapkan PPKM Mikro

Gubernur Kaltim: Pesan Presiden IKN di Kaltim Lanjut Usai PandemikWali Kota Balikpapan Rizal Effendi saat HUT Kota Balikpapan ke-124 pada 10 Februari 2021 (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan yang juga Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, untuk penanganan COVID-19, Kota Balikpapan akan mengarah pada PPKM Skala Mikro sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri.

“Kita akan putuskan dalam 1-2 hari ke depan, sepertinya Gubernur Kaltim menyerahkan sepenuhnya ke daerah," ujar Rizal.

Ia melanjutkan, "Bedanya PPKM skala mikro dengan Kaltim Silent adalah tentang wilayah cakupannya, dimana PPKM skala mikro di tingkat RT sedangkan Kaltim Silent menyeluruh.” 

Rizal menambahkan, saat ini kita masih melihat adakah data kita wilayah yang masuk zona merah, kuning atau orange.

4. Wali Kota Balikpapan terpilih akan lebih mewaspadai COVID-19

Gubernur Kaltim: Pesan Presiden IKN di Kaltim Lanjut Usai PandemikRahmad Masud, Wakil Wali Kota Balikpapan sekaligus Wali Kota Terpilih pada Pilkada Balikpapan 2020 (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Wakil Wali Kota Balikpapan yang juga Wali Kota terpilih pada Pilkada 2020, Rahmad Masud mengatakan, sebagai pemimpin baru nanti ia akan lebih mewaspadai pandemi COVID-19. Serta terus mengingatkan warga untuk tetap menjaga kesehatan,

Sementara bagi warga yang terjangkit COVID-19 untuk segera melakukan pengobatan.

“Jangan warga kita takut-takuti dengan COVID-19, tapi wajib menjaga kesehatan dan menerapkan prokes (protokol kesehatan), insya Allah tidak akan tertular, jika toh juga kena ya harus berobat,” ujar Rahmad.

Acara HUT Kota Balikpapan ke-124 digelar di Balai Kota dengan menerapkan protokol kesehatan. Acara ini juga ditayangkan secara virtual melalui media sosial sehingga dapat langsung disaksikan oleh warga.  

Pada acara HUT Kota Balikpapan ini juga diserahkan penghargaan untuk insan yang dinilai berjasa dalam penanganan COVID-19. Penghargaan antara lain diserahkan kepada Kapolresta Balikpapan, Dandim 0905/Balikpapan, staf medis, apoteker dan sejumlah tokoh lainnya.

Baca Juga: Balikpapan bakal Terapkan PPKM Skala Mikro

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya