Rapat Paripurna DPRD, Wali Kota Balikpapan Terharu Pamit kepada Warga

Lengser keprabon, masa tugas sampai Mei 2021

Balikpapan, IDN Times - Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi pamit kepada warga Balikpapan pada Rapat Paripurna DPRD Balikpapan dalam Rangka Memperingati Hari Jadi ke-124 Kota Balikpapan, Senin (8/2/2021).  

“Meminjam istilah Presiden Soeharto sudah saatnya saya lengser keprabon, dengan segala kelebihan dan kekurangan saya sampaikan terima kasih, serta memohon maaf kepada pimpinan dan anggota DPDR Kota Balikpapan, Forkopimda, tokoh agama dan masyarakat," ujar Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, dalam sambutannya di Rapat Paripurna DPRD Balikpapan dengan menahan haru, Senin (8/2/2021).

1. Pemimpin baru akan melanjutkan pembangunan

Rapat Paripurna DPRD, Wali Kota Balikpapan Terharu Pamit kepada WargaWali Kota Balikpapan Rizal Effendi dalam rapat paripurna DPRD Balikpapan 8 Februari 2021 (IDN Times/Hilmansyah)

Rizal mengatakan selama menjalankan tugas banyak suka dan duka yang telah dihadapinya selama menjabat sebagai Wali Kota Balikpapan.

"Luar biasa kita menjalankan tugas dengan duka dan suka, terkadang kita dipuji, terkadang dimaki. Terkadang saya menggerutu, kadang ada yang kesal dengan saya, terkadang kita tertawa bersama. Itulah romantika dalam menjalankan tugas dan amanah pemerintahan dan pembangunan, “ ujarnya. 

Rizal mengatakan, sesuai dengan ketentuan, masa jabatannya akan berakhir pada bulan Mei 2021 mendatang. Selanjutnya akan digantikan pemimpin baru yang akan membangun Kota Balikpapan untuk menjadi kota yang nyaman dihuni, berkelanjutan dan menuju kota madinatul iman.

“Saya memohon maaf kepada pemimpin kota yang baru, untuk pemimpin kota ke 11 karena masih meninggalkan pekerjaan rumah yang banyak dan berat. Apalagi ditengah pandemik COVID-19, yang tidak saja menguncang tingkat kesehatan masyarakat, tapi juga segala aspek kehidupan, “ ujar Rizal sambil berkaca-kaca.

Situasi ini membuat ruang rapat paripurna menjadi hening, peserta rapat terdiam dan terharu.

Baca Juga: Warga Balikpapan Diminta Bersiap Jalankan Aturan Kaltim Berdiam Diri 

2. Pemimpin baru tugasnya akan sangat berat terutama karena COVID-19

Rapat Paripurna DPRD, Wali Kota Balikpapan Terharu Pamit kepada WargaWakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud (tengah) (Dok.IDN Times/Istimewa)

Dalam kesempatan lain Rizal mengatakan, tugas yang akan dihadapi pemimpin baru akan sangat berat karena pandemik COVID-19 masih belum berakhir.

“Kondisi ini nantinya akan menguras tenaga dan pikiran menangani COVID-19," katanya.

Menurut Rizal, bisa jadi pelaksanaan visi dan misi wali kota terpilih tidak bisa dijalankan secara efektif, bisa jadi gagasan yang akan dilaksanakan tidak bisa terwujud, karena terfokus pada COVID-19, dan itu sangat berat bagi wali kota baru.

3. Kota Balikpapan raih ratusan penghargaan

Rapat Paripurna DPRD, Wali Kota Balikpapan Terharu Pamit kepada WargaWali Kota Balikpapan Rizal Effendi (IDN Times/Mela Hapsari)

Di akhir Rapat Paripurna wali kota juga menyerahkan puluhan penghargaan kepada warga yang berprestasi. Salah satunya adalah penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI kepada Ketua DPRD Kota Balikpapan, Abdulloh berupa penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra tahun 2020.

Selain itu, selama kepemimpinan Rizal dalam lima tahun terakhir, Kota Balikpapan berhasil meraih ratusan penghargaan. Mantan jurnalis ini telah menjabat sebagai wali kota selama dua periode. Sebelumnya ia menjabat wakil wali kota mendampingi Wali Kota Imdaad Hamid. Rizal Effendi akan digantikan oleh Rahmad Mas'ud yang terpilih sebagai Wali Kota Balikpapan dalam Pilkada 2020.

Baca Juga: Wali Kota Balikpapan Minta Warga Hentikan Kegiatan Akhir Pekan

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya