Pemkot Balikpapan Hibahkan 31 Hektare Lahan untuk Jalan Tol IKN

Komitmen dalam pembangunan kawasan IKN

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) menghibahkan 31 hektare lahan kepada Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR). Hibah lahan tersebut peruntukannya pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud sudah menandatangani proses hibah aset tanah tersebut bersama Kementerian PUPR. 

“Lahan yang dihibahkan Pemkot Balikpapan ini ada sebanyak 31 hektare, Ini wujud komitmen Pemkot Balikpapan untuk mendukung sepenuhnya pemindahan ibu Kota Negara,” katanya, Rabu (28/11/2023). 

1. Penandatanganan kesepakatan hibah aset tanah

Pemkot Balikpapan Hibahkan 31 Hektare Lahan untuk Jalan Tol IKNPenandatanganan hibah aset tanah Pemkot Balikpapan untuk pembangunan Jalan Tol Ibukota Nusantara, Rabu (29/11/2023). Foto istimewa

Penandatanganan kesepakatan hibah dilakukan Pemkot Balikpapan bersama Sekretaris Dirjen Kementerian PUPR di Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR di Jakarta. 

Rahmad memastikan adanya komitmen dari Pemkot Balikpapan untuk pengembangan IKN. Seperti antisipasi soal dampak pembangunan tol IKN-Balikpapan seperti contohnya keberadaan sekolah, kelurahan, dan puskesmas. 

"Di mana yang bangunan gedung pemerintah ini akan dibangunkan kembali di lokasi yang berbeda,” tegasnya.

Baca Juga: Wali Kota Balikpapan Meminta Warga Lapor RT soal Pengaspalan Jalan

2. Proyek Jalan Tol IKN Nusantara

Pemkot Balikpapan Hibahkan 31 Hektare Lahan untuk Jalan Tol IKNPembangunan jalan tol IKN. (dok. Kementerian PUPR)

Proyek Jalan Tol IKN Nusantara ini berada di segmen 3B Kariangau-Tempadung. Pembangunannya dimulai sejak 2022, WIKA telah mencapai progres pengerjaan proyek 37 persen. Melibatkan 456 pekerja, megaproyek satu ini digarap WIKA bersama PP-Jakon dengan nilai kontrak Rp1,91 triliun.

Megaproyek tol Kariangau merupakan bagian dari jalan tol Balikpapan-IKN yang dikerjakan sebagai upaya meningkatkan konektivitas Kaltim, khususnya Balikpapan dan IKN Nusantara.

Tol ini juga sekaligus menjadi akses menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN sepanjang 7,3 kilometer. 

3. Pembangunan flyover di Simpang Lima Muara Rapak

Pemkot Balikpapan Hibahkan 31 Hektare Lahan untuk Jalan Tol IKNKecelakaan truk molen di simpang lima Muara Rapak Balikpapan Kalimantan Timur, Rabu (28/12022). (IDN Times/Hilmansyah)

Rahmad menambahkan, Kementerian PUPR pun mengungkapkan rencana mereka membangun flyover di kawasan Simpang Lima Muara Rapak di Jalan Soekarno Hatta Balikpapan. 

Pembangunan ini menyusul hasil kunjungan Komisi 3 DPR RI ke lokasi kawasan simpang lima. Kawasan Simpang Lima Muara Rapak diketahui sebagai area rawan kecelakaan lalu lintas di Balikpapan. 

Sudah berulang kali terjadi kecelakaan lalu lintas di area tersebut hingga menimbulkan jatuhnya korban jiwa. “Ini akan kami bahas kembali, ini juga hasil kunjungan Komisi III DPR RI ke kawasan tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga: Pemuda Balikpapan Ini Punya Modus Jahat dalam Kasus Curanmor

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya