Comscore Tracker

Pemprov Sulbar Jajaki Potensi Kerja Sama dengan Kota Balikpapan

Balikpapan menjadi kota penyangga Ibu Kota Negara 

Balikpapan, IDN Times - Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menjajaki potensi kerja sama dengan Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) bidang material dan pangan. Balikpapan memang sudah ditetapkan sebagai wilayah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara oleh pemerintah pusat. 

Itu pula sepertinya menjadi alasan Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik, Bupati Majene, Bupati Mamuju, dan Bupati Mamasa menemui langsung Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, Kamis (1/9/2022). Rombongan ini terbang dari Mamuju ke Balikpapan menumpang Maskapai Susi Air. 

“Banyak peluang-peluang yang tadi ditawarkan Pak Wali (Balikpapan) termasuk bagaimana distribusi barang dan jasa dari Sulbar menuju Balikpapan,” kata Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik.

1. Gubernur Sulbar minta para bupati menyiapkan potensi

Pemprov Sulbar Jajaki Potensi Kerja Sama dengan Kota BalikpapanSebuah kendi yang berisi tanah dan air dari seluruh provinsi se-Indonesia usai seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.)

Akmal menambahkan, ia telah meminta para bupati di Sulbar agar mempersiapkan potensi di daerahnya hingga nanti berkolaborasi dengan Balikpapan. Apalagi, sebagian besar kebutuhan pangan kota/kabupaten di Kaltim mengandalkan pasokan dari Jawa dan Sulawesi. 

“Saya sudah meminta tadi Pak Bupati dari Mamasa, Majene, Mamuju untuk mempersiapkan potensi-potensi apa yang bisa kita kerja sama dengan Kaltim khususnya Balikpapan,” katanya.

Seperti diketahui, Kota Balikpapan memiliki pertumbuhan ekonomi yang tinggi yang potensial sebagai kota industri. 

“Balikpapan itu adalah pertumbuhan ekonomi di Indonesia Timur selain Makassar. Tentunya Sulbar ingin mendapatkan keuntungan dari perkembangan yang di Balikpapan untuk kemajuan ekonomi Sulbar,” paparnya. 

Baca Juga: Modal Tak Kembali, Pria Balikpapan Dilaporkan Kasus Investasi Bodong

2. Kerja sama akan saling menguntungkan

Pemprov Sulbar Jajaki Potensi Kerja Sama dengan Kota BalikpapanSejumlah bahan kontruksi berada di lokasi segmen tiga di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Kerja sama antara Balikpapan dengan kota/kabupaten Sulbar, menurut Akmal, akan menguntungkan kedua belah pihak. Pemprov Sulbar pun mengakui arti penting Kota Balikpapan sebagai kota penyangga IKN Nusantara. 

“Tentunya Balikpapan punya banyak keuntungan, dan kita punya banyak potensi, sehingga Sulbar suka atau tidak suka harus berkolaborasi dengan Balikpapan, bukan hanya material tetapi juga kebutuhan pangan,” tegasnya.

Selama ini kota/kabupaten di Kaltim, sebanyak 95 persen kebutuhan pangan didatangkan dari wilayah luar. 

3. Manfaatkan jalur udara yang sudah terbuka

Pemprov Sulbar Jajaki Potensi Kerja Sama dengan Kota BalikpapanProvinsi Sulawesi Barat menjajaki potensi kerja sama dengan Kota Balikpapan Kalimantan TImur bidang material dan pangan, Kamis (1/9/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, pertemuan membahas tentang bagaimana ke depannya daerah bisa bekerja sama. Apalagi sudah ada penerbangan langsung rute Balikpapan-Mamuju yang memudahkan distribusi barang kedua daerah. 

“Kita manfaatkan potensi ini dengan Sulbar juga membantu melalui penerbangan, terbuka lagi rute Balikpapan-Mamuju dan Mamuju-Balikpapan,” katanya.

Kata dia, ada banyak potensi kedua daerah yang bisa dijajaki untuk sama-sama saling menguntungkan. “Jadi kedua daerah akan sam-sama saling bermanfaat dalam kerja sama,” tutupnya.

Baca Juga: Eksekusi Lahan Rumah Sakit Bermasalah di Balikpapan Ditunda

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya