PUPR Siapkan 10 Ribu Pekerja Konstruksi untuk Pembangunan IKN

Cetak 500 tenaga Building Information Modeling 

Balikpapan, IDN Times - Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mohamad Zainal Fatah membuka kegiatan pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja konstruksi tahap I di Bendungan Sepaku Semoi Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (27/8/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan tenaga kerja konstruksi untuk mendukung pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
Sesuai dengan disahkannya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN di Kaltim. 

Pembangunan IKN, PUPR membutuhkan anggaran Rp43,73 triliun untuk tahun 2022-2024 dengan rincian untuk pembangunan infrastruktur sumber daya air sebesar Rp3,25 triliun. Pembangunan infrastruktur bina marga sebesar Rp17,11 Triliun, infrastruktur ke cipta karya sebesar Rp22,25 triliun, dan bidang perumahan sebesar Rp1,12 Triliun.

1. Kebutuhan tenaga kerja di IKN

PUPR Siapkan 10 Ribu Pekerja Konstruksi untuk Pembangunan IKNPelatihan dan sertifikasi kerja tenaga konstruksi pembangunan IKN Nusantara di, Sabtu (27/8/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Target pembangunan IKN tahun 2022-2024 tentunya membutuhkan jumlah tenaga kerja konstruksi dalam jumlah yang besar, sehingga penyiapan tenaga kerja konstruksi yang terlatih, terampil, profesional, dan bersertifikat serta pelibatan masyarakat lokal menjadi tugas kita bersama dalam rangka menyukseskan pembangunan infrastruktur di IKN.

Estimasi kebutuhan tenaga kerja yang akan mendukung pelaksanaan pembangunan infrastruktur di IKN Nusantara periode tahun 2022-2024 ini membutuhkan lebih kurang sebanyak 260 ribu. Dengan rincian pada tahun 2022 dibutuhkan sebanyak 30 ribu, tahun 2023 sebanyak 123 ribu, dan tahun 2024 sebanyak 107 ribu orang.

Baca Juga: Hujan Lebat Guyur PPU Menyebabkan Banjir di Sejumlah Wilayah 

2. Libatkan warga lokal dan mahasiswa

PUPR Siapkan 10 Ribu Pekerja Konstruksi untuk Pembangunan IKNPelatihan dan sertifikasi kerja tenaga konstruksi pembangunan IKN Nusantara di, Sabtu (27/8/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR Yudha Mediawan menyampaikan, kegiatan ini dimaksudkan untuk menyiapkan para calon tenaga kerja konstruksi yang melibatkan SDM lokal. Serta calon-calon tenaga kerja pendukung dari luar Kaltim dalam pembangunan IKN. 

Ia menyebutkan, pelatihan akan digelar selama 5 tahap dari Agustus hingga Desember 2022. Dengan target calon tenaga kerja konstruksi terlatih dan tersertifikasi sebanyak 10 ribu orang meliputi operator, teknisi/analis dan kualifikasi ahli. 

“Jumlah peserta tahap I sebanyak 1.535 orang peserta, 817 orang berasal dari Kaltim. Sebanyak 317 orang peserta hadir melalui zoom/online dengan peserta berasal dari Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda, Politeknik Negeri Samarinda dan Universitas Mulawarman,” paparnya. 

3. Juga cetak 500 tenaga Building Information Modeling (BIM)

PUPR Siapkan 10 Ribu Pekerja Konstruksi untuk Pembangunan IKNPelatihan dan sertifikasi kerja tenaga konstruksi pembangunan IKN Nusantara di, Sabtu (27/8/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Selain itu, PUPR juga menghadirkan sebanyak 718 orang peserta yang mengikuti pelatihan building information modelling (BIM) untuk BIM Modeller yang dilaksanakan oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah III Jakarta, Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya, dan Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makasar, serta Politeknik PUPR Semarang-BPSDM PUPR.

Peserta pelatihan BIM merupakan calon lulusan politeknik dan perguruan tinggi, serta para aparatur sipil negara (ASN) PUPR yang terlibat pada pembangunan IKN. 

Tim instruktur merupakan para pelatih konstruksi dari Vocational Education Development Centre (VEDC) Malang, Pusat Pelatihan (Learning Center) BUMN Karya, asosiasi profesi, dan akademisi politeknik serta perguruan tinggi.

Sedangkan asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang sudah mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan sudah tercatat di Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK).

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama antara Direktorat Jenderal Bina Konstruksi dengan rekanan Trimble Solution SEA PTE. LTD. Untuk memfasilitasi 450 lisensi software Tekla Structures dan Trimble Connect yang akan dimanfaatkan pada pelatihan Building Information Modeling (BIM) dan pencetakan 500 instruktur BIM.

Baca Juga: Perwira Tinggi Mabes Polri Gadungan Menipu Warga Gersik PPU

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya