Quick Count, Rahmad Thohari Sementara Unggul di Pilwali Balikpapan 

Data quick count oleh Indikator Politik Indonesia

Balikpapan, IDN Times - Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan, ia dan komisioner KPU sudah melakukan pemantauan ke enam kecamatan di Balikpapan dan Pilkada Serentak 2020 yang digelar 9 Desember hari ini berjalan sesuai jadwal.

"Alhamdulillah dari hasil pemantauan semua TPS yang berjumlah 1.505 TPS sudah melaksanakan pemungutan suara. Jika ada kekurangan atau kelebihan surat suara itu hal biasa, dan sudah bisa ditangani, kita juga berdoa semoga hujan berhenti, sehingga tidak mengganggu penghitungan teman-teman di TPS," ujar Thoha pada Rabu (9/12/2020)

1. Calon tunggal vs kokos, penghitungan suara diperkirakan tidak memakan waktu lama

Quick Count, Rahmad Thohari Sementara Unggul di Pilwali Balikpapan Salah satu TPS di Balikpapan saat Pilkada Balikpapan 2020 (IDN Times/Mela Hapsari)

Penghitungan suara diperkirakan tidak memerlukan waktu lama karena hanya ada paslon tunggal melawan kotak kosong (kokos).

"Kotak suara jika sudah selesai penghitungan langsung dibawa ke Panitia Pemilihan Kecamatan yang dilakukan linmas dengan dikawal aparat kepolisian," jelas Thoha.

Baca Juga: Unik, TPS 002 di Balikpapan Usung Tema Tenaga Medis

2. TPS mobil untuk pasien COVID-19 dan rumah sakit

Quick Count, Rahmad Thohari Sementara Unggul di Pilwali Balikpapan IDN Times/M.Idris

Thoha juga menambahkan, dalam pemilihan wali kota dan wakil wali kota kali ini KPU Kota Balikpapan juga menyiapkan sejumlah TPS mobil.

"Khusus untuk pasien di seluruh rumah sakit kita siapkan TPS mobil, termasuk ada 20 orang penderita COVID-19 di Asrama Haji yang memiliki hak pilih, yang saat ini sedang menjalani perawatan," katanya.

3. Hasil hitung cepat sementara Rahmad-Thohari unggul

Quick Count, Rahmad Thohari Sementara Unggul di Pilwali Balikpapan Calon Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud bersama istri saat mencoblos di TPS 4 Batu Arang, Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara menurut data quick count oleh Indikator Politik Indonesia pada pukul 17.05 Wita, suara masuk sebanyak 80,5 persen. Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud - Thohari Azis unggul dengan 61,28 persen. Sementara kolom kosong mendapatkan suara 38,72 persen.

Tim sukses Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud dan Thohari Azis menggelar hitung cepat (quick count) di Posko Utama Tim Pemenangan Koalisi Parpol di Jalan MT Haryono, Kecamatan Balikpapan Selatan.

"Tim pemenangan Paslon RM-TA menggelar quick count di posko utama pemenangan dan di rumjab wawali, " ujar Rahmad Mas'ud, usai mencoblos d TPS 4 Batu Arang, Kelurahan Baru Tengah, Balikpapan Barat. Di TPS ini, calon Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud dan keluarga menggunakan hak pilihnya dan berhasil berhasil unggul dari kolom kosong.

" Dari 443 DPT yang menggunakan hak pilih 296 terdiri dari suara memenangkan Paslon RM-TA sebanyak 284 suara, 8 suara kotak kosong dan 4 suara rusak, sedangkan 147 dinyatakan golput," ujar Fitriani Ketua KPPS TPS 4 Batu Arang, Kelurahan Baru Tengah, Balikpapan Barat.

Baca Juga: Calon Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud Nyoblos di TPS 4 Batu Arang

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya