Truk Seruduk Gedung Lokasi Resepsi Pernikahan di Balikpapan

Tidak ada korban jiwa dari kejadian ini

Balikpapan, IDN Times - Sebuah truk nomor polisi AG 8806 UB menubruk Gedung Kesenian Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (22/7/2023) pukul 15.40 Wita. Peristiwa kecelakaan lalu lintas sempat membuat panik warga mengingat saat kejadian sedang digelar pesta resepsi pernikahan warga setempat. 

Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa.

“Kejadian saat acara resepsi pernikahan sudah usai, tiba-tiba saja truk meluncur dari arah jalanan masuk ke bagian gedung yang digunakan untuk resepsi pernikahan yang berada di lantai dasar Gedung Kesenian Balikpapan,” ujar Kepala UPT Perlengkapan Pemkot Balikpapan Djogeh Hermana. 

Kejadian ini menyebabkan pintu utama gedung rusak, sebagian peralatan dan perlengkapan termasuk lokasi foto resepsi pernikahan hancur berantakan. Pihak keluarga mempelai dan tamu undangan yang tersisa, sempat tegang dengan adanya kejadian ini.

1. Kapolresta Balikpapan turun langsung ke TKP

Truk Seruduk Gedung Lokasi Resepsi Pernikahan di BalikpapanSebuah truk nomor polisi AG 8806 UB menubruk Gedung Kesenian Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (22/7/2023) pukul 15.40 Wita. (IDN Times/Hilmansyah).

Atas kejadian ini, Kapolresta Balikpapan Komisaris Besar Pol Anton Firmanto langsung melihat langsung lokasi kejadian. Menurutnya, pihak kepolisian harus sigap untuk langsung turun lapangan saat adanya peristiwa.

"Jadi dalam setiap kegiatan tentu wajib hukumnya anggota kepolisian langsung ke tempat kejadian perkara," tegasnya.

Anton menambahkan, pihaknya juga akan langsung melakukan investigasi terhadap kejadian masuknya truk ke Gedung Kesenian Balikpapan ini

"Kita akan investigasi, mulai dari turunnya, truk ini masuk ke Gedung Kesenian Balikpapan masih kita lakukan pemeriksaan," ujar Anton.

Baca Juga: Apartemen Pertamina di Balikpapan Berasap, Penghuni Dievakuasi

2. Saat kejadian truk melakukan pengisian muatan plastik

Truk Seruduk Gedung Lokasi Resepsi Pernikahan di BalikpapanKapolresta Balikpapan Komisaris Besar Pol Anton Firmanto, Sabtu (22/7/2023). (IDN Times/Hilmansyah)

Kasat Lantas Polresta Balikpapan Komisaris Polisi Ropiyani mengatakan, saat kejadian truk sedang melakukan pengisian muatan barang plastik dan kardus. Di saat bersamaan resepsi pernikahan baru saja selesai dilangsungkan.

”Nah, truk ini sudah dua kali melakukan pemuatan di lokasi yakni plastik dan karton atau kardus. Miliknya PT LS itu akan dibawa ke Jawa,” ujarnya.

Entah apa penyebabnya, mendadak truk meluncur deras ke jalan menurun menuju Gedung Kesenian Balikpapan. 

3. Polisi akan lakukan pemeriksaan terhadap sopir truk

Truk Seruduk Gedung Lokasi Resepsi Pernikahan di Balikpapanilustrasi kecelakaan lalu-lintas (IDN Times/Arief Rahmat)

Ropiyani menambahkan, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan dengan terhadap sopir truk dan termasuk pemiliknya.

“Memang ini KIR dan SNTK-nya sudah tidak berlaku lagi, jadi memang harus dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” tegasnya.

Setelah ini, katanya, pihaknya akan melakukan evakuasi terhadap truk nahas ini dengan cara diderek, dan untuk semua aliran listrik gedung dimatikan sehingga evakuasi bisa berjalan aman.

“Kita juga sudah berkoordinasi dengan Dinas PU Kota Balikpapan, apakah gedung ini aman saat dilakukan evakuasi,” tutupnya.

Baca Juga: Ganja dalam Kue Coklat Kering Mengancam Warga Balikpapan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya