Hari Kemerdekaan, Pesan Wali Kota: SDM Balikpapan Harus Lebih Unggul 

Kota Balikpapan harus lebih unggul

Balikpapan, IDN Times - Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 tahun digelar meriah di Lapangan Merdeka Balikpapan. Pada acara ini Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi berpesan agar Kota Balikpapan harus mampu menciptakan SDM yang unggul yang dapat bersaing dengan daerah lain.

"Kita harus bisa menciptakan SDM (Sumber Daya Manusia) yang lebih baik dibandingkan daerah lainnya," kata Rizal ketika diwawancarai wartawan di Lapangan Merdeka Balikpapan, Sabtu (17/8).

Hal ini senada dengan tema HUT ke-74 Kemerdekaan RI yakni 'SDM Unggul Indonesia Maju'. Pembangunan Sumber daya manusia merupakan salah satu visi Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan akan menjadi fokus utama pembangunan.

1. Menciptakan SDM yang unggul

Hari Kemerdekaan, Pesan Wali Kota: SDM Balikpapan Harus Lebih Unggul IDN Times/Mela Hapsari

Dalam perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia di Kota Balikpapan yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka,  Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menjadi inspektur upacara.

Upacara diawali dengan bunyi sirine detik-detik proklamasi, pembacaan teks proklamasi oleh wali kota, dilanjutkan dengan pengibaran bendera. Upacara dihadiri oleh Muspida Kota Balikpapan, dan instansi yang ada di Kota Balikpapan.

Rizal berpesan bahwa Kota Balikpapan harus bisa lebih baik dibandingkan daerah lainnya, dengan menciptakan SDM yang unggul sehingga mampu bersaing dengan SDM dari luar daerah.

"Ini penegasan bapak presiden, bahwa momen ini dapat dijadikan hal yang paling penting bagi bangsa Indonesia jika ingin maju dan berkarakter dibandingkan berbagai negara lainnya, dengan menciptakan SDM yang unggul," jelasnya.

Baca Juga: Sebanyak 5.829 Warga Binaan Kaltimtara Dapat Remisi Hari Kemerdekaan

2. SDM yang unggul mendukung rencana pembangunan bangsa

Hari Kemerdekaan, Pesan Wali Kota: SDM Balikpapan Harus Lebih Unggul IDN Times/Mela Hapsari

Sumber daya manusia yang unggul juga mampu meningkatkan daya saing dengan negara lain. Hal ini juga mendukung rencana pemerintah untuk melaksanakan pembangunan, sehingga negara Indonesia dapat menjadi negara yang maju.

"Kita berusaha untuk menjadi lebih baik dari pada daerah lainnya, dengan  menyiapkan SDM yang unggul untuk pembangunan bangsa di masa yang akan datang," ujarnya.

3. Maknai para pejuang bangsa dengan membangun generasi muda

Hari Kemerdekaan, Pesan Wali Kota: SDM Balikpapan Harus Lebih Unggul IDN Times/Mela Hapsari

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdullah berpesan, "Kita harus memaknai para pejuang kita, pejuang bangsa yang telah gugur mendahului kita, sebagai semangat membangun bangsa," ujarnya.

Perjuangan para pahlawan dapat sebagai semangat untuk membangun bangsa Indonesia. "Kita bisa memaknai perjuangan para pejuang kepada generasi muda dan seluruh masyarakat yang ada sekarang, untuk berjuang membangun bangsa dan negara," terangnya.

Khusus untuk warga Kota Balikpapan, ia berpesan agar pengorbanan para pahlawan juga menjadi semangat bagi pemimpin daerah untuk memajukan kota Balikpapan.

Baca Juga: Wali Kota  Balikpapan Bentang Spanduk Balikpapan Jadi Ibu Kota 

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya