Ini 3 Nama Calon Wakil Ketua DPRD Balikpapan dari PDIP

Loyalitas partai jadi pertimbangan

Balikpapan, IDN Times - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengajukan 3 nama yang akan diusulkan untuk menduduki jabatan wakil ketua 1 DPRD Kota Balikpapan.

"Kita sudah siapkan tiga nama, yang akan disiapkan untuk diusulkan sebagai wakil ketua di DPRD Kota Balikpapan," kata Ketua DPC PDIP Kota Balikpapan Tohari Azis kepada wartawan di DPRD Kota Balikpapan, Selasa (27/08/2019).

 

1. Tiga nama calon wakil ketua yang diajukan adalah hasil sidang pleno

Ini 3 Nama Calon Wakil Ketua DPRD Balikpapan dari PDIPIDN Times/Daruwaskita

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) merupakan partai dengan perolehan terbesar kedua di Kota Balikpapan setelah Partai Golkar pada Pemilu Legislatif 17 April 2019.

Total perolehan suara PDIP di Kota Balikpapan tercatat mencapai 53 ribu suara, dengan 8 kursi yang berhasil dikuasai di DPRD Kota Balikpapan. Tohari menjelaskan ketiga nama yang dipilih merupakan hasil keputusan dalam sidang pleno yang digelar oleh DPC PDIP Kota Balikpapan, belum lama ini.

"Kami tawarkan di dalam sidang pleno kepada anggota DPRD yang baru dilantik, namun tidak ada yang mau mencalonkan, jadi kami minta melalui peserta pleno mengusulkan nama, maka muncullah 3 nama ini," jelasnya.

Ketiga nama yang diusulkan merupakan pengajuan dari peserta pleno yang berasal dari pengurus harian dan ranting di DPC PDIP Kota Balikpapan. Ketiga nama itu yakni Tohari Azis, Riri Saswita Diano dan Budiono.

Baca Juga: 5 Ribu Paket Sembako Jadi Suvenir Pelantikan DPRD Balikpapan

2. Calon yang diajukan akan menjalani fit and proper test

Ini 3 Nama Calon Wakil Ketua DPRD Balikpapan dari PDIPPixabay.com/tjevans

Untuk memastikan kelayakan 3 calon yang akan diusulkan menjadi calon wakil ketua DPRD Kota Balikpapan, ketiga nama akan menjalani uji kelayakan atau fit and proper test.

"Saya sudah dipanggil untuk fit and proper test, sebelum nama yang telah ditetapkan tersebut kami usulkan ke pusat," jelasnya.

Setelah dilakukan fit dan pro proper test, ketiga nama tersebut akan diajukan di DPP PDIP di Jakarta untuk dipilih satu nama yang akan ditetapkan untuk menduduki jabatan wakil ketua DPRD Kota Balikpapan.

3. Ada kategori khusus yang jadi pertimbangan

Ini 3 Nama Calon Wakil Ketua DPRD Balikpapan dari PDIPIDN Times/Margith Juita Damanik

Tohari menjelaskan ada beberapa kategori yang akan menjadi pertimbangan dalam penentuan nama yang diusulkan untuk menjabat sebagai wakil ketua DPRD Kota Balikpapan. Beberapa kategori tersebut diantaranya menyangkut loyalitas dan pengabdian kepada partai selama menjadi kader PDIP.

"Kami berharap agar SK DPP cepat turun, agar pimpinan definitif dapat cepat terbentuk," tambahnya.

Baca Juga: 45 Anggota DPRD Terpilih Balikpapan Dilantik

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya