Pertamina Goes to Campus, Gelar Lomba Inovasi Move on Project

Untuk menjaring bibit baru menuju generasi 4.0

Balikpapan, IDN Times - PT Pertamina (Persero) Kalimantan menggelar lomba  move on project untuk menjaring generasi muda dalam mendukung program inovasi yang sejalan dengan semangat  revolusi industri 4.0.

Region Manager Communication Relation & CSR Kalimantan Heppy Wulansari mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari program Pertamina Goes to Campus yang dilaksanakan setiap tahunnya.

"Melalui program ini, Pertamina ingin memperkenalkan kepada kalangan mahasiswa bagaimana perkembangan Pertamina sekarang serta untuk memenuhi kebutuhan Pertamina dalam menjaring bibit unggul untuk menjadi bagian dari keluarga Pertamina," kata Heppy dalam rilisnya, Jumat (4/10).

1. Mengusung tema energi muda berbasis digital

Pertamina Goes to Campus, Gelar Lomba Inovasi Move on ProjectHumas Pertamina

Heppy menjelaskan dalam kegiatan yang telah digelar pada 3 Oktober lalu di Auditorium Gedung A, Institut Teknologi Kalimantan, sekitar 250 mahasiswa tidak hanya dari Institut Teknologi Kalimantan, tetapi beberapa kampus juga hadir untuk meramaikan kegiatan yang digelar Pertamina. Acara ini juga dihadiri aktor Christian Sugiono.

Dengan membawa tema energi muda berbasis digital, kalangan mahasiswa diperkenalkan mengenai perkembangan teknologi di Pertamina sebagai perusahaan negara yang memenuhi kebutuhan energi.

"Dipilihnya tema energi muda berbasis digital juga disesuaikan dengan kondisi terkini di mana sekarang kita dituntut untuk melek digital dan PT Pertamina  juga sudah melakukan transformasi digital sejak beberapa tahun lalu," jelas Heppy.

Dalam kegiatan tersebut, menurut Heppy, para mahasiswa diperkenalkan mengenai materi yang disampaikan mengenai Pertamina Knowledge yang terdiri atas Business Overview dan Future Challenges, serta digital transformation yang dilaksanakan oleh Pertamina. 

Pada sesi yang sama pula, Human Capital turut memberikan informasi mengenai rekrutmen Pertamina dan tips dan trik dalam menghadapi rekrutmen. TIdak hanya itu, pekerja muda Pertamina yang baru saja bergabung dengan keluarga Pertamina membagikan pengalaman dengan maksud menginspirasi para peserta untuk dapat mengejar mimpinya atau bergabung dengan Pertamina.

 

Baca Juga: Pertamina Operasikan 6 Titik SPBU di Perbatasan

2. Lomba terbuka bagi mahasiswa PTN se Kalimantan

Pertamina Goes to Campus, Gelar Lomba Inovasi Move on ProjectHumas Pertamina

Masih dalam rangkaian kegiatan Pertamina Goes To Campus, pihak Pertamina juga memperkenalkan kompetisi proposal ide inovasi yang dinamai dengan Pertamina Move On Project. Sebuah kompetisi yang terbuka bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri se-Kalimantan untuk merealisasikan ide inovasi di salah satu bidang yaitu energi, lingkungan, sosial, ekonomi, budaya, dan teknologi. 

Heppy menjelaskan, dalam kegiatan ini para peserta diminta untuk membuat proposal program inovasi  yang berhubungan dengan salah satu aspek yang dikategorikan.

 "Proposal yang terpilih harus dapat direalisasikan setelah mendapatkan dana untuk dikompetisikan," ujarnya.

Babak  pertama lomba ini yaitu penyisihan atau submit proposal akan dibuka mulai  tanggal 3 Oktober hingga 12 November 2019. 

3. Disiapkan dana realisasi sebesar Rp25 juta per proposal

Pertamina Goes to Campus, Gelar Lomba Inovasi Move on ProjectHumas Pertamina

Heppy menjelaskan proposal peserta yang masuk akan disaring menjadi 10 proposal terbaik dan dilanjutkan dengan presentasi online pada 22 November. 

Setelah melakukan presentasi secara online , dari 10 peserta yang akan ada akan disaring kembali menjadi  5 proposal terbaik. Dan akan disaring kembali hingga menjadi 3 peserta terbaik.

Para peserta yang mendapatkan 3 terbaik akan mendapatkan dana realisasi proyek masing-masing Rp25 juta per proposal dan ditambah dengan dana pembinaan, masing-masing Rp12,5 juta untuk Juara I, Rp10 juta untuk juara II dan Rp7,5 juta untuk juara III. 

Baca Juga: Pertamina Tingkatkan Skill Manajemen Usaha dan Keuangan UMKM

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya